Tukang Taman Jogja

Posted on

Tukang Taman Jogja

Jasa Tukang Taman Jogjakarta

 

Taman yang indah bisa kita dapatkan jika kita memilih tanaman sesuai fungsinya. Jasa tukang taman Jogja saat ini sedang booming dan banyak yang mencari. Ini karena taman saat ini merupakan kebutuhan para pemilik rumah. Taman bukan lagi hanya tambahan hiasan supaya rumah terlihat lebih mewah. Tetapi, secara tidak sadar taman atau kolam sudah menjadi bagian dari kebutuhan kita.

 Ada beberapa hal yang membuat rumah kita terasa nyaman. Salah satunya adalah adanya taman yang baik dan indah untuk dipandang. Taman dengan tamanaan yang berwarna hijau memberikan kesegaran tersendiri.

Membuat taman di halaman beserta dengan Gazebo, tempat duduk beserta perlengkapan lainnya akan membuat ruang luar rumah terasa nyaman sebagai tempat bersantai. Selain itu, ruang dalam rumahpun bisa tampil lebih segar dengan keberadaan taman serta kolam.

Namun, untuk membuat sebuah taman yang menyenangkan, kita perlu pengetahuan dasar tentang taman. Dan, rasa seni untuk mendapatkan keindahan, fungsi serta atmosfer yang ingin dibangun.

Anda menyukai ruang luar atau taman Anda sebagai tempat bersantai secara pribadi? Anda menginginkan taman Anda bisa digunakan sebagai tempat makan malam bersama kolega?

Maka, desain kedua taman tersebut pastinya berbeda.

Taman untuk keperluan bersantai secara pribadi bisa kita desain dengan jalan setapak yang kecil. Suasananya lebih pribadi serta lebih tertutup. Jika rumah tetangga semua bertingkat, kita tetap bisa menjaga privasi dengan membangun Gazebo di taman kita. Atau. kita bisa menambahkan atap di beberapa taman kita.

 

Taman untuk berpesta atau untuk bertemu menjamu kolega akan didesain secara berbeda. Jalan setapak di taman lebih lebar, lapang serta memungkinkan 2 atau 3 orang berjalan serta berbincang bersama – sama.

Taman ini harus terasa “hangat” serta mampu menampung berbagai aktivitas kita disana. Kita mungkin perlu ruang duduk outdoor yang cukup luas. Mungkin, kita bisa menyimpan sarana dapur atau pemanggan barbeque di area taman kita.

Kemudian, pemilihan tanaman di sebuah taman juga perlu mengetahui fungsi dari masing – masing tanaman. Tema dan gaya taman perlu disesuaikan dengan jenis tanaman yang cocok. Jika bisa memilih tanaman yang sesuai dengan tema dan gaya taman, maka kita bisa mendapatkan harmony yang indah untuk dipandang. Selain itu, taman juga akan terasa nyaman serta menyegarkan.

Kita mengetahui ada tanaman sebagai penutup tanah, tanaman tabir, tanaman pengarah jalan serta tanaman pelindung dan sebagainya. Tanaman – tanaman ini perlu ditanam serta ditempatkan sesuai fungsi masing – masing.

Kami, sebagai jasa tukang taman berpengalaman di Jogja / Yogyakarta memiliki pengetahuan seperti ini. Kami mengetahui berbagai jenis tanaman hias beserta fungsinya. Selain itu, kami juga mengetahui syarat tumbuh serta tips merawat tanaman – tanaman tersebut supaya tumbuh dan tampil sehat dan prima.

Jadi, sebagai klien Anda bisa memiliki rumah atau bangunan dengan berbagai gaya dan desain arsitektur. Kantor Anda mungkin berdesain modern sedangkan rumah Anda memiliki gaya mediterania.

Kami siap membangun taman berdesain mediterania di rumah Anda seperti halnya membuat taman yang cocok untuk kantor Anda.

Apabila Anda termasuk pemilik rumah bergaya Belanda di Jogjakarta, maka taman bergaya eropa mungkin cocok bagi rumah Anda. Yang jelas, kami akan membuat desain taman bukan hanya gayanya yang cocok, tetapi juga fungsinya.

Jika taman dikantor Anda digunakan untuk memisahkan area parkir dengan area lobby, maka kami akan membuatkan dengan desain yang cocok. Tentunya cocok dari sisi jenis tanaman, desain bangunan serta mempertimbangkan pertumbuhan tanamannya juga.

Beberapa jenis taman:

Ada beberapa jenis taman yang terkenal sampai saat ini. Taman tropis, taman bergaya Jepang, Taman bergaya eropa serta taman gaya mediterania dan wild garden.

Namun, selain taman taman diatas, kita juga mengenal taman – taman lainnya seperti taman minimalis, taman kolam / gazebo, taman batu alam, taman vertikal serta taman untuk atap atau balkon. Kemudian, untuk gaya lokal ada juga gaya taman Bali.

Setiap taman memiliki keindahan tersendiri serta kesesuaian untuk jenis bangunannya.

Bagi kami, tukang taman Jogja, kami siap membangun bergabagai taman sesuai keperluan dan desain bangunan atau lahan Bapak / Ibu.

·         Taman Tropis:

Adalah taman dengan desain yang meniru hutan tropis. Disini, tanaman yang diandalkan adalah tanaman bercorak daun lebar dan tanaman yang kaya warna. Taman jenis ini biasanya juga dilengkapi dengan rerumputan bergaya “liar” serta kolam dengan panduan bebatuan alami.

Taman bergaya tropis, karena karakter tanamannya akan membutuhkan air serta sinar matahari yang mencukupi. Tanah yang digunakan untuk taman inipun harus lembab terus menerus.

 

Tetapi, mohon diingat untuk tidak menyiram taman secara berlebihan karena bisa membuat akan pepohonan menjadi busuk.

Untuk jenis tanamannya, biasanya menggunakan pohon palem, bambu, pakis. Bougenville, pisang, begonia dan lain sebagainya.

·         Taman Mediterania

Taman Mediterania adalah taman dengan nuansa kering dan panas seperti asal tempatnya. Taman ini terkesan “bersih,” lapang serta biasanya diberi penutup tanah berwarna cream atau warna cerah dan “kering” lainnya. Penutup tanah ini bisa berupa kerikil ataupun yang praktis, conblok. Tetapi, kita tetap bisa menggunakan kolam sebagai bagian dari taman mediterania. Kolam akan memberikan nuansa mewah, “bersih” serta anggun dan rileks.

 

Untuk aksesori taman, biasanya kita juga bisa menambahkan patung disini. Untuk perawatan, taman ini cukup mudah karena banyak bagian terbuka (tidak rimbun).

Untuk tanamannya sendiri, pilihan yang sering digunakan adalah Agave, sikas, Nolina, kaktus serta paku – pakuan dan sebagainya.

·         Taman Jepang

Taman Jepang didesain dengan gaya tradisional Jepang. Sebenarnya, sangat banyak gaya taman di Jepang. Kita bisa mengenal gaya shinden-zukuri, taman gaya jōdo (jōdoshiki teien), Taman batu Jepang, Taman teh dan sebagainya.

Secara umum, taman gaya Jepang dibuat untuk membuat area taman terasa lebih luas daripada yang sebenarnya. Taman Jepang tidak menggunakan garis – garis simetris atau  titik fokus desain. Andaikata ada titik fokus, maka akan digeser supaya tidak berada ditengah.

Bagi taman Jepang, elemen dasar berupa air, batu serta tanaman. Untuk taman yang besar, air diambil dan dialirkan dari sungai untuk membuat air terjun dan kolam.

Batu dalam taman Jepang menggambarkan keabadian. Batu digunakan untuk memnggambarkan gunung, laut / garis pantai atau landsekap lainnya.

Di taman Jepang, batu juga digunakan sebagai batu pijakan. Batu pijakan ini disebut batu ubin (shikiishi) dan berguna saat berjalan di hujan. Kaki serta alas kaki akan terhindar dari cioratan jika berjalan diatas batu – batu ini.

 

Untuk tanamannya, taman Gaya Jepang lebih sederhana dibanding taman gaya Eropa. Taman Eropa cenderung menggunakan tanaman bunga dengan warna – warna cerah. Taman Jepang biasanya menggunakan tanaman bergaya kalem.

Selain warna yang sederhana, tanaman juga dibentuk untuk menggambarkan pegunungan atau bentuk – bentuk lainnya.  Untuk fungsi, tanaman gaya Jepang bisa juga berfungsi sebagai penghubung 2 tempat di taman.

·         Taman Gaya Eropa.

Taman Gaya Eropa adalah taman dengan penggunaan tanaman hias yang berwarna – warni. Warna bunga di taman gaya Eropa sangat cerah mulai dari kuning, merah menyala hingga ungu.

Jika kita ingin mengetahui taman gaya Eropa, mungkin taman – taman bunga di Belanda termasuk yang paling mewakili gaya taman eropa ini.

·         Taman Wild Garden

Taman ini mirip gaya tropis. Tetapi tanamannya mungkin lebih besar. Taman dibuat tujuannya supaya area taman terasa sejuk dan lembab. Penggunaan air, batu alam serta kayu bisa menjadi pilihan memperindah taman.

Disini, kayu – kayu dan batu yang kita pilihpun mungkin kita biarkan dengan lumut yang menempel dipermukaannya.

Gaya taman, sebenarnya banyak. Kita bisa memilih sesuai gaya diatas atau memilih tema untuk taman kita. Kami di jasa tukang taman Yogyakarta siap mengerjkan taman Anda hingga selesai. Kami siap membuat taman yang menyejukkan mata setiap kali dipandang.

 

Saat ini, kami di Jasa taman Jogja telah memiliki pengalaman bertahun – tahun dalam membuat berbagai taman untuk berbagai keperluan. Kami memiliki banyak klien jasa pembuat taman yaitu para pemilik rumah pribadi hingga hotel dan restoran di Yogyakarta dan sekitarnya.

Kami memahami bagaimana mendesain taman sesuai dengan desain bangunan Anda serta tema taman yang Anda pilih. Kami akan menyatukannya dan Anda akan menikmati taman indah yang nyaman untuk bersanti. Di rumah, kantor ataupun tempat komersial yang Bapak / Ibu miliki.

Bagi Anda yang ingin membangun taman, gazebo atau kolam yang indah dan berkualitas, silahkan menghubungi kami jasa tukang buat taman Jogja / Yogyakarta dialamat kami dibawah. No ratings yet.

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *