Tips Ternak Bebek Pedaging

Tips Ternak Bebek Pedaging

Peternakan itik tampaknya menjadi hal yang sulit dilakukan, meskipun Anda bisa mengatakan itu tidak terlalu sulit jika Anda memahami tekniknya. Teknik menggemukkan itik dengan benar tentu saja dapat membawa keuntungan dan kesejahteraan bagi peternak itik. Cara yang tepat untuk mempercepat proses pertumbuhan di peternakan itik pedaging adalah dengan cara organik. Berikut ini adalah tips yang perlu dilakukan agar ternak bebek broiler berhasil dilaksanakan.

1. Pemilihan benih yang tepat

Memilih benih unggas yang tepat memainkan peran penting dalam mendapatkan keuntungan dari peternakan itik pedaging. Anda harus memilih benih untuk bebek jantan. Ini karena tingkat pertumbuhan itik jantan lebih unggul daripada itik betina. Selain itu, harganya juga relatif lebih murah. Bebek peking atau bebek, berasal dari Cina, termasuk unggas pedaging unggul dan Anda dapat memilih untuk dibudidayakan karena memiliki pertumbuhan tercepat dan sangat ideal untuk pertanian intensif.

2. Memberi Makan Seimbang

Metode selanjutnya dari peternakan itik pedaging adalah dengan menyediakan pakan yang cukup dengan nutrisi yang berkualitas. Ini bisa mempercepat proses pertumbuhan bebek menjadi lebih besar, lebih sehat dan tahan terhadap penyakit. Pemberian pakan dapat dilakukan dengan membuat makanan sendiri, seperti bekatul atau bekatul, tepung ikan, tepung jagung, tepung unggas bulu dan kemudian tambahkan daun pepaya, batang pisang, dan berbagai jenis sayuran. Selanjutnya, untuk memaksimalkan pertumbuhan dan meningkatkan daya tahan tubuh bebek sehingga tidak mudah terserang penyakit dan mengurangi bau kotoran bebek agar tidak menyengat, maka berikan produk suplemen yang mengandung vitamin lengkap dan mineral serta beberapa protein. Dimana penggunaannya dengan dosis 1 tutup botol dicampur per 3-5 kg ​​pakan bebek, terutama dalam bentuk pakan terkonsentrasi ditambah air yang cukup untuk diratakan, setiap hari 2 kali pada pemberian makan pagi dan sore.

3. Perawatan dan Pemeliharaan Itik Broiler

Yang tidak kalah penting dalam perjalanan ternak itik broiler, yaitu proses pemeliharaan dan perawatan itik pedaging. Sebenarnya tantangan terbesar adalah adanya penyakit dan hama. Umumnya, itik pedaging menderita Salmonellosis dan Duck Cholera. Karakteristiknya adalah diare dan diare dan sesak napas. Anda bisa mencegahnya dengan memperhatikan kebersihan dan sanitasi kandang. Jangan lupa untuk memberikan vaksinasi berdasarkan dosis yang ditentukan.

4. Pemilihan Kandang Bebek Yang Baik

Pembuatan dan pemilihan kandang itik harus baik dan tepat, selain itu juga disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki. Di kandang, itik pedaging sendiri harus mengenakan kandang panggung yang menghadap matahari terbit. Ini karena kandang jenis ini lebih baik untuk menjaga kesehatan dan kebersihan itik pedaging.

Jika bebek broiler Anda layak dijual dan layak dikonsumsi, ini pasti akan baik sehingga menjadi lahan bisnis yang menguntungkan. Selain itik pedaging yang dijual langsung atau hidup, Anda juga dapat mengambil manfaat lain untuk dijual sebagai makanan dengan membuka restoran. 5/5 (2)

Please rate this

Leave a Comment

Please disable your adblock for read our content.
Refresh