Tips Tanam Hidroponik Cabe Rawit

Tips Tanam Hidroponik Cabe Rawit

Tahap Awal Menanam Tananam Hidroponik Cabe Rawit

Langkah awal yang harus dilakukan adalah persiapan baik persiapan ilmu dan persiapan alat dan perlengkapan hidroponik. Langkah persiapan awal dalam menanam tanaman hidroponik cabe yaitu persiapan benih atau biji, penyemaian biji, transplanting, perawatan serta pemberian nutrisi dan pembuahan.

Persiapan Benih Tanaman Hidroponik Cabe Rawit

Untuk menumbuhkan tanaman hidroponik cabe anda perlu benih Ada banyak varietas cabe yang tersedia untuk dipilih mulai dari cabe lokal ataupun cabe import. Tetapi untuk pemula dengan tingkat kesulitan relatif mudah dan tidak mau menunggu terlalu lama panen kami menyarankan menggunakan benih cabe rawit. Jika anda ingin sedikit repot anda bisa mengambil cabe rawit dapur pilih yang sudah matang sempurna, keluarkan bijinya lalu jemur dengan cara diangin-anginkan saja sampai kering dan simpan selama beberapa hari di tempat yang kering. Atau anda dapat membeli bibit dari toko pertanian di lingkungan anda dan bisa juga membeli secara online. Untuk membeli biji tanaman cabe hidroponik silahkan baca tipsnya di artikel ini Benih atau Bibit Tanaman Hidroponik.

Penyemaian Benih Tanaman Hidroponik Cabe

Setelah benih tanaman cabe hidroponik sudah anda terima langkah selanjutnya adalah penyemaian. Alat dan bahan yang diperlukan dalam penyemaian biji cabe hidroponik yaitu

Benih cabe
Air hangat
Kain flanel atau kertas koran
Plastik
Netpot
Rockwool

Langkah penyemaian biji cabe hidroponik adalah merendam biji/benih cabe di air hangat selama kurang lebih 10 menit. Ambil biji cabe yang tenggelam saja untuk disemai. Selanjutnya biji cabe yang sudah diambil di letakan di atas lembaran kain flanel basah atau koran yang telah dilembabkan. Lalu lipat kain atau koran tersebut dalam beberap lipatan dan masukan ke dalam plastik. Simpan dan tunggu beberapa hari. Dalam 3-5 hari biasanya biji sudah berkecambah. Ambil biji yang sudah berkecambah dan pindahkan ke rockwool lalu masukan ke netpot. Jika langkah penyemaian biji tanaman hidroponik cabe sudah dilakukan selanjutnya tahap transplanting.

Transplanting Tanaman Hidroponik Cabe

Transplating adalah proses pemindahan bibit dari media semai ke pot atau media pertumbuhan. Benih cabe yang sudah disemai dalam media rockwool di dalam netpot harus di beri nutrisi hidroponik ABmix dengan dosis normal sayuran daun. Tempatkan benih di tempat yang tidak kena cahaya matahari langsung. Secara normal benih akan tumbuh menjadi bibit dan muncul daun semu beberapa pasang lalu beberapa hari berikutnya tumbuh daun sejati. Jika daun sejati sudah muncul maka bibit cabe hidroponik harus dipindahkan ke pot atau polybag.
Media Tanaman Hidroponik Cabe

Saat bibit sudah bisa di pindahkan siapkan pot atau polybag ukuran sedang atau ukuran besar lalu isi dengan media porous seperti sekam atau sekam bakar dicampur dengan hidroton, pasir kerikil, pecahan genting, zeolit gunakan saja salah satunya. Sistem penanaman bisa menggunakan sistem wick, deep water culture atau bisa juga pot / polybag biasa dengan penyiraman setiap hari.

Perawatan Dan Pemberian Nutrisi Hidroponik

Faktor penting dalam cara menanam tanaman hidroponik cabe adalah nutrisi hidroponik atau pupuk hidroponik. Nutrisi hidroponik sebagian besar berisi dengan campuran NPK yang nitrogen, fosfor, kalium. Terlalu banyak nitrogen dan tanaman Anda akan menjadi semua daun dan buah tidak, tidak cukup dan tanaman Anda mungkin kuning dan layu. Anda tidak perlu repot karena nutrisi hidroponik bisa dibeli di toko pertanian atau via internet. Saat ini sudah tersedia nutrisi hidroponik khusus tanaman cabe. Yang perlu diperhatikan adalah dosis penggunaan nutrisi. Baca petunjuk pemakaiannya dan gunakan dosis yang sesuai dangan tahap pertumbuhan cabe.
Demikian info singkat tentang cara menanam tanaman hidroponik cabe sederhana. Semoga bisa memberi manfat untuk anda semua. 5/5 (1)

Please rate this

Leave a Comment

Please disable your adblock for read our content.
Refresh