Tips Menanam bibit krisan dalam pot

Posted on

Tips Menanam bibit krisan dalam pot

Masukkan semua media tanam dalam pot dengan perbandingan 1 tanah humus : 1/2 pupuk kompos. Buat lubang sedalam 3 cm menggunakan sekop, lalu tanam bibit bunga krisan di dalamnya. Sesudah itu bisa ditambahkan sedikit sekam padi di atasnya bila tanaman krisan sudah mulai bertunas. Bila hendak memindahkan tanaman krisan ke pot yang lebih besar, atur posisi akar agar tanaman bisa tumbuh tegak dan condong ke samping. Setelah itu, padatkan tanah.

Tips perawatan

1. Penyiraman
Cara penyiraman yang baik adalah secukupnya dan jangan sampai air tergenang, karena akan menyebabkan akar membusuk. Bunga krisan cukup disiram satu kali dalam sehari. Penyiraman dilakukan pada pagi hari agar air bisa menguap di siang harinya. Hindari menyiram tanaman di sore, malam, dan siang hari. Penyiraman di sore atau malam hari bisa menyebabkan tanaman krisan terserang penyakit. Sedangkan penyiraman di siang hari akan mengganggu proses foto sintesis tanaman.

2. Pemupukan
Tanaman krisan tidak perlu terlalu sering dipupuk, apalagi bila Anda sudah mencampur media tanam dengan pupuk. Dua bulan setelah penanaman, pupuk bisa ditambahkan dengan interval waktu satu bulan sekali.

3. Pemotongan
Pinching atau pemotongan perlu dilakukan bila Anda menanam krisan sejak masih berupa bibit. Bila Anda membeli bunga krisan jadi dalam pot, pinching tidak perlu dilakukan karena sudah dilakukan oleh penjualnya. Pinching sebaiknya dilakukan sejak tanaman krisan mulai mengeluarkan kuncup. Gunakan gunting tanaman untuk memotong setengah bagian kuncup bunga. Lakukan hal ini seminggu sekali sampai di pertengahan musim kemarau. 5/5 (2)

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *