Tips Membuat Manis Jambu Air

Tips Membuat Manis Jambu Air

Tips Membuat Manis Jambu Air

1. Gunakan media tanam campuran 2 sekam bakar : 1pupuk kandang kambing : 1 tanah : 1 kompos dengan perbandingan seimbang. Dan larutkan 2 sdk makan pupuk mutiara NPK 16:16:16 lalu menyiramkan untuk 10 pohon yang diberikan 2 kali per bulan dan siram /semprot dng POC pupuk organik cair seminggu sekali

2. Cuaca mendung atau iklim mikro bisa mempengarihi tingkat kemanisan jambu air yang biasanya 14-17 brik turun drastis menjadi 7-9 brik . Klo Suhu cenderung sejuk karena acap kali mendung, Curah hujan 1.500 mm pada musim kemarau dan3.500 mm pada musim hujan. Akibatnya intensitas sinar matahari rendah sehingga fotosintesis berlangsung tak optimal, Semakin rendah intensitas sinar matahari yang diterima maka tanaman memerlukan proses fisiologi.

3. Tanaman jambu kekurangan asam amino, yang akibatnya pertumbuhan kloropil terhambat, sehingga mengurangi aktifitas fotosintesa. Sehingga fermentasi perubahan karbohidrat menjadi zat gula terhambat. Menurut Dr Ir Mohammad Reza Tirtawinata MS, pakar buah di IPB, Bogor. Menurutnya, di mana tempat ber curah hujan tinggi akan berdampak pada intensitas sinar matahari rendah. Dampaknya proses perubahan/fermentasi karbohidrat menjadi gula dalam buah pun tak optimal. Itulah sebabnya buah jambu air itu hambar.

4. Kondisi iklim mikro itu kian diperparah oleh oleh media tanam yang lembab, karena media tanam kurang porus Disarankan minimal pergunakan pot ukuran 60 atau Planter Bag 100 liter. Sebab pot kecil menyebabkan akar sulit tumbuh dengan leluasa. Akibatnya pasokan hara pun terbatas sehingga proses metabolisme dalam tanaman pun terhambat.
Kombinasi intensitas sinar matahari rendah dan media lembab itulah penyebab deli hijau rasanya hambar.

5. Penyiraman
Pekebun idealnya menyiram 2-3 kali per hari terutama saat pembesaran buah pada musim kemarau untuk mengumbagi suhu panas

6.Khusus Jambu MDH hasil ditanam di pot dan ditanam langsung di tanah tanpa naungan ternyata mengahsikan buah yang berbeda rasa. Yang ditanam di tanah langsung menghasilkan buah yang hambar Namun, pohon yang ditanam dalam pot minimal 60 cm atau PB 100 L apalagi biberi naungan screehouse langsung menghasilkan buah manis. Bahkan, hasil nuahnya akan banyak beberapa cabang sampai patah karena tidak kuat menopang buah.

7. Jika tidak diseleksi buah jambunya, semua buah dibiarkan hingga panen. Rasanya pun cukup manis dengan tingkat kemanisan 14-17 derajat briks. Sesungguhnya menurut pengalaman pribadi buah yg ditanam di dalam screenhouse lebih manis karena secara genetik jambu itu memang manis dan lingkungan tumbuh sesuai keinginannya.

8.jadi para petami jambu air di daerah bercurah hijan tinggi ataubdikala musim penghukan tetap dapat menghasilkan buah manis. Syaratnya hadirkanlah lingkungan mikro yaitu suhu di sekitar tanaman berkisar 34-36 derajat celcius. Disarankan agar buah ditanam dalam rumah kasa dan mengatur pupuk mikro dan mikro serya asupan asam amino agar buah jambu air tetap manis. 5/5 (1)

Please rate this

Leave a Comment

Please disable your adblock for read our content.
Refresh