Tips Memberantas Lalat Buah

Tips Memberantas Lalat Buah

1.Sanitasi.
Jagalah kebersihan. Buang/ pangkas buah yang telah terserang dan pendam dalam tanah. Tanah disekitar tanaman dicangkul dan dibalik agar pupa yang ada dalam tanah mati. Sampah/ seresah disekitar tanaman juga harus dikumpulkan dan dibakar atau dipendam dalam tanah.

2.Budidaya yang baik. Lakukan pemangkasan pada tanaman buah agar tajuk bisa terbentuk dan mengurangi kerimbunan kanopi.

3.Gunakan perangkap lem kuning untuk mencegah dan mengurangi serangan lalat buah.

4.Gunakan perangkap metyl eugenol untuk menangkap lalat jantan. Tapi ingat jangan meletakkan perangkap dalam tengah lokasi pertanaman, sebaikknya di pinggir saja agar lalat tidak terkumpul ditengah pertanaman.

5.Pembungkusan buah dengan menggunakan kertas, daun pisang, anyaman daun kelapa, karung, duk, atau plastik pada tanaman buah-buahan dan paria. Lakukan pembungkusan sebelum buah terserang atau sedini mungkin setelah pentil buah terbentuk.

Gunakan insektisida kimia jika telah menggunakan pengendalian 1 – 5 ternyata masih terjadi serangan. Yang perlu diperhatikan adalah waktu dan cara penyemprotannya. Lakukan penyemprotan saat pagi-pagi sekali sebelum jam 6 pagi dan semprot bagian bawah daun secara merata dan mengabut.

6. tips jitu mengendalikan lalat buah tersebut merupakan tips yang biasa dilakukan oleh petani kita, sedangkan cara pengendalian dengan cara penggunaan musuh alami dan pengasapan masih jarang dan sulit dilakukan oleh petani kita. 5/5 (2)

Please rate this

Leave a Comment

Please disable your adblock for read our content.
Refresh