Tips Cara pohon tin Berbuah Lebat

Tips Cara pohon tin Berbuah Lebat

Banyak mungkin diantara kita sudah menanam pohon tin dan sudah merasakan buah tin segar dari pohon sendiri. Setelah itu batang phon tin akan menjadi tinggi seperti contoh dalam foto 1 atau 2. Lalu apakah pohon tinggi akan kita biarkan begitu saja sampai menjulang, tua dan mati terlebih bagi Anda yang menanamnya didalam pot.

Nah Pasti ingin tahu caranya kan agar pohon tin dipot dana berbuah terus menerus tanpa harus membiarkannya meninggi begitu saja? Nah, silahkan baca sampai selesai yah…

1. Kita potong batang pohon tin yang sudah tua seperti dalam foto 3 di bawah. Sisakan batang setinggi 40 cm. Potongan batang jangan dibuang ya, Anda bisa menyemainya (bahan stek) untuk mendapatkan bibit baru. Atau bisa juga Anda cangkok pohon tin, dengan menyisakan batang utama 40 cm dari tanah.

Jika ada beberapa cabang batang tua, Kita potong atau cangkok dengan sama tinggi 40 cm seperti foto 3 tersebut dan setelah itu pemupukan dan perawatan tetap dilakukan seperti biasa.

2. Pemupukan rutin ini perlu dlakukan dengan baik untuk menjaga pohon agar tetap sehat. Lihat pertumbuhan pohon pada foto 4 setelah dua bulan.

Buah akan keluar pada dahan baru, tunas-tunas inilah yang akan mengeluarkan buah baru. Jika Anda tidak melakukan pemangkasan seperti ini akan sulit mendapatkan buah yang konsisten.

3. Tiga minggu kemudian, buah-buah akan keluar pada tunas baru.

Selagi fase buah ini jagalah dengan siram air dan pemupukan yang betul. Jaga terus agar batang tunas terus memanjang dan pada setiap ketiak daunnya ada buah.

Cari :

5/5 (2)

Please rate this

Leave a Comment


harga jasa pembuatan taman, jasa perawatan taman jogja, harga pembuatan taman jogja, taman minimalis, jasa perawatan taman jogja, harga jasa pembuatan taman
tukang taman jogja