Tips Cara Menanam Sansiviera

Tips Cara Menanam Sansiviera

Tips cara menanam sansevieria yang benar dan cepat tumbuh bagi pemula.

Sansevieria sebenarnya adalah tanaman yang mudah tumbuh dan tidak rewel. Tanaman ini dinikmati keindahan daunnya yang runcing, besar hijau dan kaku.

Selain sansevieria, tanaman ini dikenal sebagai tanaman lidah mertua. Penamaan ini mungkin tidak etis karena tentunya kebanyakan mertua tidak seperti tanaman ini.

Tanaman ini adalah tanaman yang dapat tumbuh di lokasi yang sinar mataharinya terbatas dan airnya sedikit. Karena itulah, sansivieria menjadi tanaman hias pot yang ideal untuk keperluan menghias ruangan.

Baik di dalam ruangan atau di taman Рtaman, tanaman ini memiliki banyak nilai plus. Ia menyerap banyak zat berbahaya di udara seperti formaldehydem , karbondioksida, trichloroethylene dan benzene.

Beberapa kelebihan lain tanaman sansievieria:

  • Kelebihan sansevieria: memiliki aroma khas untuk aromatherapi.

Di beberapa negara, ekstrak ( minyak ) tanaman lidah mertua digunakan sebagai parfum untuk aromaterapi.

Untuk berbagai ruangan seperti toilet, dapur atau ruangan lain, ekstrak tanaman ini bisa disemprotkan ke dalamnya.

  • Kelebihan sansevieria: bisa digunakan sebagai pagar semi permanen.

Kesan kaku dan tajam tanaman ini cocok untuk membuat “batas” fisik di rumah atau di taman. Selain untuk pembatas, penampilan tanamannya juga dekoratif dan indah.

  • Kelebihan sansevieria: menyerap radiasi.

Radiasi barang – barang elektronik seperti televisi, komputer dan sound system bisa diserap tanaman ini. Jadi, meletakkan tanaman ini didekat barang elektronik bisa menangkal radiasi plus menghiasi ruangannya.

cara menanam sansivieria lidah mertua

  • Kelebihan sansevieria: sebagai bahan anyaman.

Serat yang ada di tanaman ini cukup kuat namun lembut. Inilah sebabnya masyarakat ada yang menggunakannya sebagai bahan anyaman tas, wadah barang – barang dan lain – lain.

  • Kelebihan sansevieria: sebagai tonik rambut.

Sansevieria bisa digunakan untuk melebatkan rambut. Gel nya bisa diusapkan di kelapa dan biarkan beberapa menit. Setelah itu, bilas dengan shampo dan air bersih.

  • Kelebihan sansevieria: sebagai obat kulit.

Tanaman lidah mertua dikenal sebagai tanaman obat luar yang mujarab. Di Afrika, ini adalah tanaman obat tradisional untuk gigitan binatang berbisa. Tanaman ini bisa dijadikan obat dengan cara dicuci sampai bersih dan ditumbuk hingga halus. Kemudian, tempelkan bubuk tadi pada luka.

cara menanam sansivieria lidah mertua

  • Kelebihan sansevieria: mengurangi sick building syndrome

Selain untuk dekorasi ruangan, tanaman ini mampu membantu menetralisir racun dan ketidaknyamanan yang timbul saat ruangan ber AC ada asap rokoknya. Jika ruangan penuh karbondioksida, penuh orang dan ada nikotin, maka sansevieria bisa membantu mengurai polutan tersebut.

Baik di dalam atau diluar ruangan, tanaman ini bermanfaat membantu membuat udara menjadi segar. karena itulah, tanaman ini sering ditanam di taman – taman kota. 5/5 (1)

Please rate this

Leave a Comment

Please disable your adblock for read our content.
Refresh