cara budidaya menanam jengkol

Tips Cara menanam Jengkol Hasil Besar untuk Pemula

Posted on

Tips cara menanam jengkol dengan pengenalan bibit, perawatan hingga menangani hama serta penyakit. Untuk budidaya besar atau untuk pribadi.

Jengkol adalah tanaman populer dengan banyak penggemar. Budidaya jengkol baik di lahan pekarangan ataupun di lahan besar ternyata bisa dilakukan cukup mudah. Meskipun begitu, ada beberapa trik supaya jengkol tumbuh degan lebat.

Tentang pohon jengkol

Tanaman ini bisa tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian 1000 meter Diatas Permukaan Laut ( DPL ). Buah ini bisa tumbuh hingga setinggi 10 meter sd 27 meter.

Untuk yang disebut buah jengkol, maka sebenarnya merupakan biji atau polong yang setiap polong biasanya berisi 5 sd 7 buah.

Keuntungan mengkonsumsi jengkol lumayan banyak. Ada kandungan yang mamapu membantu mencegah dan menurunkan diabetes, menurunkan kadar gula serta menjaga dari gangguan jantung.

Buah jengkol harganya lumayan. Saat naik harga jengkol bisa melampaui Rp. 30.000 per kilogramnya. Untuk jengkol yang tanamannya hasil perbanyakan vegetatif, usia saat panen cukup rendah. Sekitar 4 sd 5 tahun. Sedangkan yang perbanyakannya biji ( generatfi ) maka umur berbuah / panen perdana sekitar 7 sd 8 tahun. Untuk satu pohon jengkol yang sudah cukup umur, mampu menghasilkan jengkol ( sudah dikupas ) sekitar 15 kg sd 20 kg.

cara budidaya tanam jengkol 1

Bibit jengkol

Bisa didapatkan dari vegetatif dan generatif. Untuk vegetatif, umur panen perdana lebih pendek dan karakter pohon sama dengan induknya.

Jarak tanam jengkol

Jengkol biasanya merupakan tanaman sela dan jarak tanaman sekitar 10 X 10 Meter. Untuk 1 hektar, perlu sekitar 100 batang tanaman.

Pembersihan lahan

Lahan dibersihkan dari gulma, belukar dsb. kemudian perlu disesuikan dengan tanaman yg lain.

Penanaman jengkol

  1. Membuat lubang tanam ukuran 60 X 60 X 60 cm atau 40 X 40 X 40 cm. Berikan pupuk kandang matang untuk tiap lubangnya. Biarkan supaya terkena angin dan sinar matahari 1 minggu dan bercampur dengan tanah sebelum ditanam.
  2. Penanaman dilakukan pagi atau sore jika cuaca cerah tanpa hujan.
  3. Robek polybag dan tanam sebatas leher akar. Tutup kembali dengan tanah dan padatkan.

Cara memelihara tanaman jengkol

  • Penyiangan dari gulma

Bisa dihilangkan dengan cangkul atau herbisida sesuai takaran.

  • Pemupukan

Pemupukan diambil watunya saat awal musin hujan. Pupuk yang disarankan adalah 1 bagian pupuk kandang dan 1/2 bagian campuran urea, TSP dan KCL.

Pupuk diberikan dengan menanamnya disekeliling pokok tanaman dan ditutup tanah kembali.

Pemangkasan pohon jengkol

Pohon jengkol perlu dipangkas saat usianya mencapai 2 th sd 3 tahun. Ini supaya bentuknya bagus dan semua tajuk terkena sinar matahari. Selain itu juga bentuknya memudahkan untuk dipanen.

Cara pengendalian hama dan penyakit jengkol

  1. Ada beberapa jenis hama yang bisa merusak tanaman dan hasil panen. Misal: ular, tupai dan juga semut rangrang atau semut merah.
  2. Untuk menanggulangi semut, bisa dilakukan penyiangan secara teratur.
  3. Untuk penyakit, tanaman jengkol bisa diserang penyakit jamur dan blendok.
  4. Untuk menanggulangi jamur, bisa disemprot fungisida.

cara budidaya tanam jengkol

Inilah sedikit tulisan tentang cara budidaya pohon / tanaman jengkol dengan hasil besar. Semoga bermanfaat.

Cari :

5/5 (1)

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *