cara menanam dan merawat bunga dahlia

Tips Cara Menanam dan Merawat Bunga Dahlia

Posted on

Tips cara menanam dan merawat bunga dahlia sebenarnya tidak terlalu sulit. Bunga ini indah tetapi adaptif dan mudah dibudidayakan. Jadi, dahlia bisa menjadi tanaman pot ideal yang memenuhi selera kita akan bunga indah yang tidak bikin ribet.

Bunga dahlia adalah tanaman dengan umbi. Umbi ini mengandung pati hingga 70% yang bentuknya inulin. Inulin ini adalah bahan untuk membuat fruktosa atau gula yang banyak digunakan dalam produksi sirup atau makanan.

Cara menanam bunga dahlia

Ada 3 cara menanam bunga dahlia: 

  1. Cara menanam dahlia dengan benih.
  2. Cara menanam dahlia dengan stek.
  3. Cara menanam dahlia dengan umbi.

cara menanam dan merawat bunga dahlia

  • Cara menanam dahlia dengan benih ( 1 ).

Biasanya dilakukan untuk menanam dahlia mini. Tujuannya untuk mendapatkan warna bunga baru atau variasi baru. Benih sendiri bisa diambil dari tanaman dahlia lain yang sudah berumur 5 bulan dan sehat. Benih ini bisa langsung disemai di tempat yang dipersiapkan.

Media persemaian tanah sebaiknya memiliki lebar 1 meter. Untuk panjangnya tergantung panjang lahan. Arah lahan adalah arah utara selatan. Campuran media yang baik adalah humus, pupuk kandang dari sapi dan tanah yang subur. Perbandingan masing – masing setara atau 1:1:1.

Buat / taruh media di atas tanah. Tinggi media sekitar 5 cm. Bibit disebar diatas media dan ditutup tipis dengan tanah. Saat musim panas, kita perlu tutup dengan daun pisang bersih atau karung goni untuk menjaga kelembaban media. Jika musim hujan, media perlu diberi naungan.

Jika ingin menghindari gulma dengan sederhana, gunakan mulsa organik untuk menutupi tanah.

Naungan dibuat dari plastik dan dibuat dengan posisi miring. Yang timur tingginya 60 cm sedangkan yang barat tingginya 80 cm. Jika benih sudah memiliki daun minimal 2 buah maka penutup bisa dibuka.

Bibit tetap dipelihara disini hingga daunnya menjadi 2 sempurna. Saat ini akar tanamn belum menyentuh dasar media sehingga bisa dipindahkan. Gunakan polibag transparan supaya akar bisa terlihat. Gunakan polybag ukuran 30 X 20 cm dengan isi media yang sama. Disini, tanaman kita rawat hingga usia 1,5 sd 2 bulan sampai berbunga. Pada titik ini, tanaman bisa dijual.

tips cara menanam dan merawat bunga dahlia

  • Cara menanam bunga dahlia dengan stek batang ( 2 ).

Bisa dilakukan pada dahlia mini ataupun dahlia besar. Yang jelas dilakukan pada dahlia tidak berbiji. Batang stek diambil dari tunas ketiak dengan ukuran 7 sd 10 cm. Gunakan pisau tajam bersih untuk memotongnya. Hal ini supaya tanaman tidak terkena penyakit.

Gunakan polybag dengan ukuran 30 X 20 cm dengan isi media berupa 6 bagian sekam padi dan 1 ( satu ) bagian pupuk kandang. Jangan dipindahkan sampai 3 hari.

  • Cara menaman bunga dahlia dari umbi ( 3 ).

Cara penanaman ini biasanya dilakukan pada dahlia kaktus atau dahlia semi kaktus. ( dahlia kaktus adalah dahlia putih yang biasa digunakan untuk bunga dukacita).

Umbi diambil dari tanaman berusia 7 bulan. Tanaman yang batangnya sudah tidak bisa berbunga dipotong 10 cm dari tanah. Gali tanah dan angkat umbi beserta batangnya tadi.

Cara merawat bunga dahlia

– Tanaman di persemaian tidak perlu dipupuk. Hanya disiram saja sekali sehari. Penyiangan gulma perlu cermat dilakukan supaya bibit kecil ini tidak ikut rusak.

– Tanaman di polibag. Perlu disiram setiap 1 atau 2 hari pada pagi atau sore hari. Jika hujan, tentunya tidak perlu lagi penyiraman. Gulma, jika ada diambil dengan sekop kecil atau dicabut. Pestisida untuk pencegahan penyakit bisa disemprot menggunakan antracol/Basudin setiap 2 minggu saat pergantian musim hujan / musim kemarau. Untuk pupuk, bisa menggunakan pupuk daun gandasil setiap minggu beserta 1 gram pupuk NPK.

– Penjarangan dan penyulaman ( penggantian tanaman ) bisa kita lakukan hingga tanaman berumur 3 minggu. Penyiraman perlu dilakukan teratur. Penjarangan bunga dilakukan supaya bunga tumbuh mencapai ukuran maksimal. Bahkan pada dahlia kaktus yang putih, kita hanya perlu 1 bunga untuk setiap tangkai. Untuk dahlia semi kaktus, kita dapat menyisakan 5 sd 6 bunga per tangkainya.

– Penyiangan perlu dilakukan sesuai keperluan dan saat pemupukan serta pembubunan. Pembubunan dilakukan saat tanaman tingginya mencapai 1 meter. Pembumbunan adalah menimbun tanah disekitar batang utama yang terkikis. Selain itu, kita bisa menggunakan 2 bambu untuk menyangga tanaman supaya tetap tegak.

– Pemupukan cukup dilakukan 10 hari sekali. Pupuk yang diperlukan adalah pupuk urea, SP-36 dan KCL. @ sebanyak 2 gram setiap pupuk. NPK bisa digunakan 5 gram. Pupuk saat umur 10 hari setelah pemindahan penanaman. Pemberian pupuk diberikan di larikan berjarak 15 cm dari pangkal batang dan pupuk ditutup tanah. Setelah diberikan pupuk, tanaman perlu disiram.

tips cara menanam dan merawat bunga dahlia

– Pengairan atau penyiraman. Pada usia awal, tanah dari pangkal batang hingga jarak terluar tajuk tidak boleh kering. Penyiraman saat awal ini antara 2 sd 3 kali sehari tergantung cuaca. Setelah itu, kita bisa siram dahlia untuk setiap 5 hari secara rutin.

Sekian artikel mengenai tips cara menanam dan merawat bunga dahlia, sampai jumpa!

Cari :

5/5 (2)

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *