Tips Cara Menanam Buah Pohon Tin Supaya Buahnya Lebat

Tips Cara Menanam Buah Pohon Tin Supaya Buahnya Lebat

Ara atau tin adalah buah yang disebut di 2 kitab suci Al Quran dan Alkitab. Meskipun tin di bumi berbeda dengan yang ada di surga, tetapi buah ini memang bermanfaat untuk kesehatan dan kulit hingga biji buahnya bisa dimakan. Meskipun begitu, bagian hijaunya memiliki getah yang bisa menimbulkan iritasi kulit.

Buah ini, ternyata merupakan salah satu buah yang pertama kali dibudidayakan manusia. Bahkan, buah tin ternyata sudah dibudidayakan sebelum manusia menanam gandung atau kacang polong. Buah ini rasanya manis dan tentunya bermanfaat untuk kesehatan.

Manfaat buah ara (tin)

Buah ini memiliki serat yang tinggi, mengandung potasium dan mangan. Selain itu juga mengandung kalium dan kalsium. Seratnya bisa membantu mengurangi resiko kanker payudara.

tips cara menanam pohon

Tempat tumbuh buah tin

Pohon ini suka dengan iklim panas dan cukup kering karena asalnya dari Arab. Di Australia, pohon ini bisa ditanam sepanjang tahun. Pohon ini perlu sinar matahari tetapi tidak suka angin kencang. Jadi, pilih posisi yang cukup terlindung jika angin di daerah Anda kencang.

Untuk tanah, pohon ara bisa tumbuh di tanah basa ( alkali ). Tetapi, yang disukai adalah tanah sedikit asam dan berhumus.

Pupuk nitrogen adalah pupuk yang perlu dihindari untuk buah ini. Hasilnya hanya akan menambah daun dan mengalahkan hasil buahnya. Selain itu, buah ini perlu ditanam di tanah dengan drainase yang baik. Jika lahan Anda berupa tanah liat yang berat, perlu dibuat gundukan supaya air mengalir lancar.

Iklim mediterania juga disukai buah ini. Musim panasnya kering dan musim dinginnya sejuk dan basah. Tetapi, cuaca yang terlalu lembab akan mebuat buah membelah. Untuk daerah dingin, buahnya peka jika terkena embun beku jadi perlu dilindingi dengan handuk. Tetapi, setelah 3 kali musim dingin, pohon ini bisa mentolelir embun yang beku.

Tips cara menanam pohon tin / ara

Mempersiapkan media tanam:

Berupa: campuran tanah. cocopeat, pupuk kandang berupa kotoran kambing dan sekam. perbandingan sama 1:1

  • Cara budidaya / menanam buah tin dengan cangkok

salah satu cara untuk bididaya buah ini adalah dengan mencangkoknya. Yang pertama, pilih pohon yang kulitnya masih hijau / masih muda. Buah muda lebih cepat tumbuh dan menghasilkan buah.

Plastik transparant dan cocpeat murni.

Kupas batang di kulitnya. Balut dengan cocopeat dan bungkus dengan plastik transparan. Buat lubang untuk menyiram.

Panjang cangkokan cukup 10 sd 15 cm. Tidak perlu lebih.

Siram cangkok setiap hari supaya media tatap lembab.

Cangkok bisa dipotong dan dipindah ke lahan saat usia 30 hingga 45 hari. Saat itu, peranakan dan akar sudah mulai banyak.

tips cara menanam pohon

  • Cara budidaya / menanam buah tin dengan stek batang

Cara lain untuk budidaya buah tin adalah dengan stek batang.

  1. Jika cangkok perlu batang pohon muda, maka stek perlu batang pohon yang sudah berumur.  Warna batangnya coklat atau ungu dengan ukuran 10 sd 15 cm.
  2. Potong batang miring.
  3. Semaikan batang di media campuran pasir dan cocopeat murni.
  4. Lapisi unujng atas potongan pohon tin dengan lilin supaya tidak busuk.
  5. Siram media setiap hari dan jaga supaya lembab.
  6. Pada umur 45 hari, pohon ini sudah memiliki banyak batang. Dam ini saat untuk dipindah le lahan atau ke pot ( tempat penanaman akhir ).

Cara Perawatan ponon tin

Pohon ini asalnya sebenarnya dari Arab dengan iklim berbeda dibanding iklim Indonesia. Jadi, perawatan supaya pohon tin berbuah juga perlu disesuaikan dengan iklim disana.

  • Penyiraman

Penyiraman tidak perlu dilakukan setiap hari, Yang cukup misalnya 4 hari sekali. Saat musim hujan, kita bisa lupakan tugas menyiram dfan mengerjakan hal lainnya. Saat penanaman, yang bagus adalah saat musim panas / kemarau sehingga berbuahnya lebih cepat.

  • Sinar matahari

Jangan sampai terhalang apapun. Sinar matahari harus penuh.

tips cara menanam pohon

  • Pemupukan

Pada saat awal tanam, pohon tin perlu pupuk daun secukupnya. Saat umur 2 tahun keatas perlu pupuk kandang yang bermanfaat mencegah daun rontok dan menumbuhkan buah.

  • Hama dan Penyakit

Jika daun menguning, maka dipetik atau gunting saja. Hal ini mungkin terjadi karena adanya virus pada daun. pemotongan daun / pengguntingan dilakukan supaya virus tidak menular.

Hama penggerek batang juga perlu diwaspadai. Hama ini membuat batang keropos dan akhirnya patah. Kita bisa menyuntik obat tanaman ke batang. Untuk nutrisi, gunakan perangsang akar dan batang. Tetapi, bukan perangsang daun jika tanaman sudah mulai menumbuhkan buah.

Inilah sedikit tulisan mengenai tips menaman buah tin supaya cepat berbuah. 5/5 (1)

Please rate this

Leave a Comment

Please disable your adblock for read our content.
Refresh