cara budidaya menanam bunga violet

Tips Cara Budidaya Bunga Violet

Posted on

Bunga violet termasuk jenis tanaman hias yang indah ditanam di pot. Tips cara budidaya tanaman bunga violet ini termasuk mudah diterapkan untuk hasil bunga yang indah.

Bunga violet juga dikenal sebagai bunga violet Afrika. Bunga ini cenderung mudah ditanam serta perawatannya tidak terlalu rewel.

Cara menyiapkan media tanam bunga violet

  1. Sebaiknya kita menanam tanaman jenis rumput ini di pot supaya tumbuhnya tidak menyebar. Jika menyebar maka keindahannya bisa berkurang.
  2. Kemudian, pilih juga pot dengan ukuran yang nantinya batang – batang bunga ini bisa menutupi sebagian besar pot tersebut.
  3. Gunakan juga pot jenis ember plastik yang bagus dan hindari menggunakan polybag yang kurang indah dilihat.

Menyiapkan tanah di pot

  1. Tanah yang diperlukan tidak rumit. PH nya seimbang serta kaya unsur hara. Untuk menghindari tanah menjadi keras, gunakan bahan pencampur sekam atau serbuk kayu.
  2. Gunakan juga pupuk kandang tetapi yang sudah difermentasi. Konsentrasinya 20 gram untuk setiap pot. Campur tanah, sekam, serbuk kayu dan pupuk tadi hingga merata sebelum digunakan di pot.

cara budidaya menanam bunga violet 2

Cara pembibitan bunga violet

  1. Bunga violet diambil bibitnya berupa rumpun anakan. Pisahkan dengan teliti dan pastikan akar tanaman juga ikut terambil. Batang diatas akar juga dijada supaya tidak rusak.
  2. Akar direndam dalam larutan fungisida serta bakterisida sistemik sekitar 20 menit hingga 30 menit. Jika tidak juga tidak apa – apa karena kemungkinan infeksi bakteri dan jamur juga kecil.
  3. Jika belum punya bibit sendiri, bisa membeli ke penjual tanaman hias.
  4. Bibit ini setelah direndam bisa langsung ditanam di pot.

Cara penanaman bunga violet

  1. Bunga violet sebaiknya ditanam saat pagi dan sore. Setelah itu disiram. Hindarkan dari penanaman saat terik matahari.
  2. Beri sedikit gundukan tanah disekitar pokok tanaman supaya tanaman tegak.
  3. Jangan diberi pupuk lagi sesudah menanam karena akar justru bisa mati.

Penyiraman tanaman bunga violet

  1. Jaga supaya tanah jangan becek. Tanaman ini aslinya dari Afrika dan terbiasa kondisi agak kering. Jadi tidak perlu setiap hari disiram jika tidak terlihat tanah di pot mulai kering.
  2. Bisa juga digunakan gembor atau fertifgasi ( suatu sistem penyiraman / pengairan secara otomatis ).
  3. Bersihkan daun dari debu dengan spray setiap 2 hingga 4 minggu.

cara budidaya menanam bunga viole

Pemupukan susulan bunga violet

  1. Pemupukan susulan untuk bunga violet cukup dilakukan sekali setiap bulannya. Pedomannya, kadar hara mikro dan makro mesti seimbang. POC atau Pupuk Organik Cair adalah pupuk yang kandungan haranya seimbang dan lengkap. Gunakan sesuai dosis yang dianjurkan.
  2. POC juga bisa dicampur dengan NPK 16 – 16 – 16 jika ingin hasil yang lebih optimal.

Cara memacu pertumbuhan bunga dari bunga violet

  1. Secara alamiah, tanaman bunga violet berbunga setelah usia 4 bulan atau 6 bulan keatas. Bunganya akan ada 1 sd 2 bulan sekali.
  2. Untuk mempercepat bunganya, kita bisa memberi pupuk ZPT Auxin. Auxin sendiri merupakan hormon untuk merangsang pertumbuhan tunas dan juga bunga.
  3. ZPT Auxin digunakan saat umur tanaman 3 bulan keatas.

Cara menangani penyakit bunga violet

  1. Jika kita berada di daerah tropis, maka kita harus menjaga tanaman jangan terlalu lembab. Jika lembab maka akan berpotensi serangan cendawan dan bakteri patogen.
  2. Jangan menyiran tanaman terlalu sering.
  3. Jika ada daun busuk atau bunga violet layu mendadak, gunakan bakterisida dan fungisida sistemik+kontak sesuai takaran untuk menanganinya.

cara budidaya menanam bunga violet

Tips menanam bunga violet

  1. Pupuk yang sering digunakan untuk pupuk dasar  sebaiknya pupuk organik.
  2. Menyiram terlalu sering bisa mengundang bercak busuk daun.
  3. Saat musim hujan pindahkan pot ke area yang teduh.

Begitulah tips / panduan cara menanam / budidaya bunga violet. Semoga bisa menambah pengetahuan mengenai tanaman hias. Terimakasih.

Cari :

5/5 (1)

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *