Tips Berkebun Durian

Tips Berkebun Durian

beberapa tips berkebun dengan murah & hasil maksimal untuk para pekebun

1. penentuan bibit cukup hanya 2-3 varietas yang akan dikembangkan. sisanya hanya bersifat koleksi. alasanx jika terlalu bnyak yg di kembangkan maka tidak bisa mencukupi suatu wilayah untuk durian tertentu & hasil buahx menjadi bias / tidak jelas durian varietas apa yg akan dipromosikan untuk dijual secara massal.
untuk hal ini perlu informasi yg lebih mendalam untuk penentuan varietas yg akan ditanam

2. pembelian bibit cukup 1-2 pohon saja tiap varietas …. otomatis pembelian bibit untuk skala komersial cukup maksimal 6 pohon. sehingga hemat biaya & tidak banyak mengeluarkan biaya. bibit tersebut bisa langsung ditanam di lahan.

3. tanaman durian yg lain… cukup tanam dri biji bisa langsung dilahan atau di polibag dahulu kemudian dipindah k lahan.
setelah 1 tahun baru dilakukan proses topworking/ okulasi secara bertahap dengan memanfatkan entres dri bibit yg dibeli ketika proses prunning.

4. selama masa awal tanam sampai mau berbuah. cukup menggunakan pupuk kohe (bisa difermentasikan) ditaburkan secara merata di bawah tajuk tanaman

5. pupuk non organik bisa ditambahkan dengan melihat kondisi langsung pada tanaman maupun daun.

6. pengairan pada tanaman durian sangat penting. maka perlu dilakukan penyiraman rutin bisa dgn berbagai tekhnik penyiraman.
apabila tidak bisa menyiram secara rutin, dianjurkan membuat mulsa atau menanam tanaman sebagai mulsa alami disekitar tanaman.

7. jarak minimal antar pohon durian sebaikx 12 x 12 meter, dibawah 12 meter perlu perlakuan ekstra & rawan penyakit.
berarti 1 hektar hanya mampu maksimal 60 pohon.

5/5 (1)

Please rate this

Leave a Comment

Please disable your adblock for read our content.
Refresh