Teknik Cara Menanam Jagung Manis Hasil Besar

Teknik Cara Menanam Jagung Manis Hasil Besar

Jagung manis adalah varietas yang disukai sebagai makanan. Baik untuk dibakar atau dimasak, jagung manis terasa lebih enak dibanding jagung lainnya.

Budidaya jagung di Indonesia dilakukan di dataran rendah hingga ketinggian 1500 meter diatas permukaan laut (DPL). Lebih dari itu, tampaknya jagung masish mampu tumbuh. Soalnya, diluar negeri tanaman ini ada yang menanam hingga ketinggian 3000 meter DPL.

Jenis jagung manis mayoritas di Indonesia adalah jenis dent dan flint. manisnya rasa jagung karena dipicu mutasi gen resesif yang sehingga menghambat gula berubah menjadi pati. Jadi, kadar gula jagung ini akan meningkat pada usia 5 hingga 15 hari.

Temperatur atau suhu yang baik supaya tanaman tumbuh optimal adalah 21 sd 27 derajat celcius. Untuk keadaan tanahnya, jagung manis meminta keasaman tanah 5 sd 8 (PH).

Untuk mendapat manfaat yang maksimal pada tanaman ini, kita perlu memastikan kadar hara tanaman tercukupi. Untuk kadar nitrogen, jagung manis meminta nitrogen dalam jumlah yang cukup banyak. Jadi, kita perlu memupuk dengan keseimbangan yang baik antara Nitrogen, Kalium (K) dan Pospat (P).

Beberapa teknik menaman jagung manis yang baik dan benar

  • Persiapan lahan jagung manis

Budidaya jagung manis bisa dilakukan di lahan sawah atau membuat bedengan baru. Tetapi, jika lahan Anda semula berupa sawah, pastikan genangan airnya hilang. Tanaman ini tidak suka tergenang air. Selain itu, gulma juga perlu dibersihkan supaya tidak mengganggu pertumbuhan jagung.

Jika membuat bedengan, maka bedengan bisa dibuat dengan lebar kurang lebih 1 meter dan tinggi 20 sampai 30 cm. Jarak antar bedengan cukup 30 cm. Untuk 1 bedengan, dibuat 2 jalur / larikan untuk menanam jagung.

cara menanam jagung manis hasil besar

  • Pemupukan jagung manis

Pemupukan awal menggunakan pupuk kandang sudah bagus. Pupuknya berupa kotoran ayam, kambing atau sapi. Campuran kedua pupuk itu perbandinganya 1:1. Pupuk dari ayam kelebihannya banyak mengandung nitrogen dan cepat terurai. Pupuk dari sapi kandungannya Kalium (K) dan Pospat (P). Jadi, kita sudah memperoleh pupuk NPK alami.

  • Cara penanaman jagung manis

Cara menanam jagung manis yang baik dengan cara ditugal. Untuk menanam biji perlu lubang dengan kedalaman 2 sd 3 cm. Masukkan 2 butir bibit jagung. Jika 3 butir juga tidak apa – apa. Kemudian, kita tutup lubang biji dengan kompos dan siram dengan air.

Bibit jagung yang diperlukan ukurannya tidak terlalu banyak jika kita tanam 2 biji. Yaitu sekitar 8 kg untuk setiap hektar. jarak tanam yang baik untuk jagung adalah 60 sd 75 cm. cara tanam jagung manis

  • Pemeliharaan / perawatan jagung manis

Apabiila jagung ditanam saat musim kemarau, maka jagung perlu penyiraman, apalagi jika saat awal musim tanam. Selain itu, jagung juga perlu pemupukan lanjutan saat usia tanamnya 2 bulan.

Saat usia 50 hari sejak ditanam, jagung mulai mengeluarkan bunga. Kemudian, jagung akan mengeluarkan 2 tongkol. Jadi tongkol yang bawah perlu dihilangkan supaya tongkol utama tidak terganggu tumbuhnya.

Tetapi, ada juga jagung jenis 2 tongkol yang memang dua – duanya bisa tumbuh sempurna. Jika jenis ini yang ditanam, maka jangan dihilangkan tongkolnya. Misal: jagung “Tongkol” dan jagung manis “Supersweet F1.”

Kemudian, setelah tongkol diambil, hilangkan / papas juga daun yang ada dibawah tongkol.

  • Pengendalian hama

Beberapa hama jagung manis diantaranya adalah Belalang (Oxya spp.), Penggerek batang jagung (O. furnacalis), Kutu Daun (R. maidis). Tikus (Rattus argentiventer). dan Ulat Tongkol (H. armigera). Masing – masing meminta penanganan yang berbeda.

Selain hama, ada juga beberapa penyakit yang sering menyerang jagung manis yatu: Hawar pelepah (Rhizoctonia solani). Hawar daun (Helminthosporium turcicum), Bule (Peronosclespora Maydis), Hawar daun (Curvularia sp.) dan Karat (Puccinia sorghi).

Cara mengatasinya, bisa kita gunakan herbisida.

cara menanam jagung manis hasil besar

  • Pemanenan Jagung manis

Panen jagung manis bisa dilakukan saat umur jagung 65 sampai 75 hari. Jagung manis bisa dijual ke pengepul atau digunakan untuk jagung bakar dan sebagainya. 5/5 (1)

Please rate this

Leave a Comment

Please disable your adblock for read our content.
Refresh