Teknik Budidaya Lele Biofolk Cepat Besar Untung Bagi Pemula

Teknik Budidaya Lele Biofolk Cepat Besar Untung Bagi Pemula

Teknik beternak lele dengan kolam bofolk adalah cara beternak lele yang ikannya cepat besar dan tidak amis. Ini karena air selalu berganti plus ada tambahan pompa aerator untuk mendapatkan oksigen juga. Selain itu, kepadatan ikan untuk tiap kolamnya juga lebih banyak hingga 10 kali antaralain karena kedua hal diatas disamping beberapa hal mendasar lainnya.

Jadi, pastinya lebih untung untuk ukuran tempat yang sama luasnya..

Teknik ini sudah dilakukan di negara seperti Jepang atau Australia. Di Indonesia, kini mulai dilakukan oleh peternak ikan.

Bioflok adalah campuran heterogen mikroba, polimen organik, kation, partikel serta koloid yang digunakan dalam air. Mikrobanya sendiri terdiri dari plankton, protozoa dan fungi.

Biofolk bisa mengubah nitrogen anorganik menjadi nitrogen organik.

Nitrogen ini bisa menjadi pakan lele yang bagus sekaligus murah.

Teknik ini secara fisik terlihat sebagai teknik beternak ikan lele di kolam bundar. Kolam yang murah bisa dibuat dengan dengan alas terpal. Ada pipa khusus untuk membuang kotoran yang mengendap dibawah.

Ukuran kolam 1 m kubik biasanya hanya berisi ikan lele 100 ekor. Tetapi dengan model ini ikannya menjadi sampai 1000 ekor. Jadi bisa dibayangkan betapa efektifnya lahan yang ada.

Teknik lainnya yang juga mendasar di kolam biofolk adalah memberi naungan atau atap untuk air di kolam.

Hujan dan sinar matahari langsung bisa merusak kualitas air yang ada di kolam. Jadi harus dihindarkan dan jangan sampai kehujanan.

Tenik cara beternak / budidaya lele kolam biofolk

Untuk persiapan, kita mulai dari kolam.

Pembuatan kolam

Kolam bisa dibuat dengan terpal dengan diberi rangka untuk penguat dinding. Rangka ini bisa dibuat dengan bambu ataupun besi. Ukuran kolamnya tergantung lahan yang kita siapkan. Jika tujuan kita memang untuk budidaya secara komersial, maka kita bisa membuat ukuran kolamnya relatif besar, mungkin diameter 3 meter atau lebih.Untuk ukuran tersebut, jumlah lele yang bisa ditampung mencapai 3000 sd 5000 ekor.

Buatlah bagian dasar kolam lebih kuat karena tekanan air tinggi. Ini jika material kita terbatas. Jika tidak, silahkan membuat dengan dinding yang rapat.

Jika menggunakan bambu, pastikan pinggirannya sudah halus. Juga ujungnya tidak menusuk terpal.

Untuk bagian halus bambu, posisikan di dalam kolam. Untuk bagian dasar, bisa dibuat lebih rapat.

Ikat bambu dan dipaku sekaligus supaya kuat. Selain itu, gunakan juga patok untuk menahan kolam di tanah. Tancapkan patok agak dalam supaya lebih kokoh.

Selain bambu, dinding kolam bisa menggunakan wire mesh.

cara budidaya lele biofolk

Memasang lubang pembuangan

Lubang pembuangan ini gunanya untuk membuang air kotor dan kotoran ikan. Semakin besar pipa, semakin cepat air terbuang.

  • Alat dan bahan pembuat pipa / saluran pembuangan kolam ikan lele

Bahan

  • Klem / clamp stainless dengan sekrup untuk memperkuat pemasangan pipa. Pilih yang bentuk bulat.
  • Pipa paralon / PVC dengan diameter 2 inchi dan penyambungnya.
  • Ban dalam motor ( bekas cukup).

Alat

  • Gunting / pisau cutter.
  • obeng seukuran sekrup.
  • Tali.
  • Lem.
  • Spidol.
  • Cara pembuatan lubang pembuangan kolam lele

Terpal yang akan diberi lubang keluaran diberi tanda. Masukkan penyambung PVC ( Knee ) dari luar terpal ke dalam. Pastikan satu ujung knee menghadap arah pembuangan air.

Terpal dan pipa diikat dengan karet ban dengan rapi. Gunanya supaya tidak banyak lipatan di terpal.

Pasang klem pada bagian yang diikat dan kencangkan skrupnya.

Lubang yang sudah ditandai dibuka dengan obeng.

Pasang PVC / paralon dan tingginya disesuailan dengan debit yang diinginkan.

Setelah kolam jadi, yang paling penting selanjutnya adalah memberikan naungan atau atap untuk kolam kita.

Mempersiapkan air untuk budidaya / ternak lele biofolk

Jika kolam sudah siap, sekarang kita mempersiapkan airnya. Air untuk kolam biofolk berbeda dibanding dengan kolam biasa dan memang spesial.

Hari pertama, isi kolam dengan air 80 sd 100 cm.

Hari kedua: masukkan prObiotik dengan dosis 5 ml/m kubik.

Jari ketiga: masukkan prEbiotik berupa molase 250 ml / meter kubik. Malam harinya taburkan dolomite 150 sd 200 gram / meter kubik.

Selanjutnya, diamkan media pembesaran atau air ini selama 7 hari atau sampai 10 hari.

Setelah itu barulah kita tabur bibit lelenya.

Untuk benih lelenya, pastikan berkualitas. Gerakannya aktif, sehat serta berasal dari indukan yang berkualitas juga. Ukuran benih yang baik sekitar 4 sd 7 cm.

Hindari benih ikan lele kecil dengan kepala besar. Ikan ini tidak akan tumbuh besar karena memang jenisnya bukan jenis besar.

Setelah benih ditabur, gunakan probiotik 5 ml/ meter kubik.

PrObiotik: sering disebut sebagai bakteri baik yang tumbuh di usus.

PrEbiotik: Makanan untuk bakteri probiotik.

cara budidaya ternak lele biofolk

Perawatan benih lele

Setiap 10 hari, kita bisa memberikan probiotik 5 ml / meter kubik, ragi tempe sekitar 1 sendok makan untuk 1 meter kubik serta ragi tape 2 butir per meter kubik air. Untuk malam harinya, kita bisa tambah dengan dolomit sekitar 200 sd 300 gram / meter kubik ( hanya diambil airnya saja).

Saat panjang ikan sekitar 12 cm, kita rawat ikan dengan probiotik 5 ml / meter kubik beserta ragi tempe 2 atau 3 sd makan per meter kubik. Plus, kita tambah ragi tapi 6 sd 8 butir per meter kubik dan malamnya, perlu dolomit yang sudah diambil airnya. Untuk dosis, masih sama sekitar 200 sd 300 gram / meter kubik air kolam.

Pemberian pakan

Pakan untuk lele biofolk sebaiknya difermentasikan terlebih dahulu dengan probiotik. Banyaknya pakan sekitar 80% daya makan ikannya. Jika flok atau butiran biofolk sudah terbentuk, pakan bisa dikurangi hingga 30%.

Tips menghindari kematian ikan

Ikan lele bisa menjadi kanibal jika diberi makan yang berbau daging. Jadi jika temannya terluka, pasti akan diserang dan dimakan juga. Hasilnya adalah jumlah ikan mati banyak dan hasil panen tidak sesuai harapan.

5/5 (1)

Please rate this

1 thought on “Teknik Budidaya Lele Biofolk Cepat Besar Untung Bagi Pemula”

Leave a Comment


harga jasa pembuatan taman, jasa perawatan taman jogja, harga pembuatan taman jogja, taman minimalis, jasa perawatan taman jogja, harga jasa pembuatan taman
tukang taman jogja