penyebab gigi berlubang dan cara mencegahnya

Pertumbuhan Perawatan dan Masalah Gigi Susu Anak

Penyebab gigi berlubang diawali karena adanya plak pada mulut. Plak ini asalnya dari makanan yang kurang dibersihkan. Makanan ini bisa mengandung gula, misalnya dalam sisa roti, susu atau berbagai makanan lain. Bakteri yang ada di mulut kemudian mengubahnya menjadi asam.

Adanya asam, bakteri, air liur dan sisa makanan akan menjadi plak. Plak inilah yang akhirnya mengikis lapisan email gigi. bahkan, hingga lebih dalam lagi jika tidak diatasi. Kemudian, jika email rusak, maka bisa terus hingga ke dentin atau bagian dalam gigi. Dan, akhirnya, lubang itu akan terasa nyeri.

Nah, pada awalnya, memang lubang kecil ini tidak terasa. Jadi, kita atau anak – anak akan tetap merasa gigi dan mulut kita sehat. Karena itulah, memeriksakan gigi secara teratur menjadi penting. Karena ada kemungkinan, anak yang giginya mulai berlubang, tetapi tidak merasakannya.

Secara umum, gejala gigi berlubang ada beberapa. Biasanya, kita akan mulai merasakannya jika memang rasa nyeri sudah timbul. Tetapi, jika memang nyeri sudah mulai terasa, ada beberapa hal yang bisa kita perhatikan.

  • Sakit gigi terutama akan lebih terasa saat menggigit atau gigi ditekan.
  • Gigi lebih sensitif dari biasanya.
  • Adanya rasa nyeri saat makan manis, panas atau dingin.
  • Jika terlihat ada lubang di gigi.
  • Terasa sakit pada gigi meskipun penyebabnya tidak diketahui.
  • Bagian gigi ada yang berubah warna menjadi hitam, putih atau cokelat.

Gigi berlubang ini, jika terjadi pada gigi susu, maka masih akan tumbuh lagi. Tetapi, kebiasaan yang membuat gigi susu berlubang, harus dihilangkan. Karena, gigi dewasa tidak berganti lagi.

Awal pertumbuhan gigi susu

Gigi susu tidak langsung tumbuh secara lengkap. Tetapi, ada urutannya. Masa awal Teething, gigi susu yang tumbuh masih terbatas. Gigi anak tidak langsung tumbuh 20 buah. Tetapi, melalui tahapan berdasarkan usia sebagai berikut:

  • Masa 0 sd 3 bulan

Gigi susu bayi sebenarnya sudah tumbuh saat masih janin. Sekitar umur 6 minggu. Bahkan, ada juga yang sudah tumbuh sebelum janin berusia 1 bulan. Jaringan cikal bakal gigi akan tumbuh dalam kurun waktu 3 atau 4 bulan. Pada usia ini, gigi belum terlihat hingga minimal usia janin 3 bulan. Tetapi, terkadang ada juga bayi lahir dengan gigi yang sudah tumbuh, meskipun kecil. Dan, ini normal saja.

  • Masa 3 sd 8 bulan

Pada usia ini, gigi susu pertama sudah mulai muncul. Biasanya, gigi susu tumbuh saat bayi berusia 6 bulan. Tetapi, ada juga yang lebih cepat mulai usia 3 bulan.  Tetapi, ada juga yang baru nampak pada usia 8 bulan.

Baca Juga >  Pakai Sabun Cair Cuci Tangan, Apa sih Kelebihannya?

Pada usia ini, gigi yang tumbuh pertama adalah gigi seri tengah bawah. Sering terjadi kemunculannya adalah sepasang secara langsung. Sehingga, ada yang menyebutnya “erupsi gigi.” Nah, setelah gigi ini muncul, kemudian akan muncul pasangannya berupa sepasang gigi seri atas.

Saat terjadi erupsi gigi, maka bayi bisa mengalami demam dan akhirnya rewel. bayi akan merasakan gatal dan nyeri pada gusinya. Untuk meringankan nyeri, bisa diusap dengan handuk kecil basah. Yang dibasahi dengan air dingin. Atau, diberikan teether yang telah dibekukan di lemari es. Neyri pada gusi ini bisa dikurangi karena rasa dingin tersebut.

  • Usia 8 hingga 12 bulan

Akan tumbuh gigi seri atas.  Gigi seri akan terus tumbuh hingga usia anak 12 bulan. Pada usia 12 atau 13 bulan, gigi seri samping juga sudah tumbuh. Si kecil biasanya sudah memiliki gigi seri lengkap.

  • Usia 12 sd 16 bulan

Setelah itu, gigi seri bawahlah yang akan berlanjut tumbuh. Biasanya hingga usia 16 bulan. Jika sudah selesai, maka 8 gigi seri akan sudah lengkap tumbuh. Dan, si kecil sudah mampu menggigit makanan lebih baik.

  • Usia 16 sd 24 bulan

Gigi taring serta gigi geraham mulai tumbuh. Yang lebih dahulu muncul, biasanya adalah gigi taring bawah. Biasanya terjadi saat bayi berusia 17 sd 24 bulan. Pada usia 2 tahun biasanya bayi sudah memiliki gigi taring dan gigi seri yang lengkap.

Pada masa selanjutnya, gigi geraham halus akan muncul. Yaitu gigi gerahan yang terletak didekat taring. kemudian, gigi geraham kasar.

  • Umur 2 tahun sd 4 tahun

Pada usia ini, gigi susu anak akan terus tumbuh hingga lengkap 20 buah. Gigi susu ini akan bertahan hingga usia 6 tahun. Dan, kemudian akan mulai berganti oleh gigi dewasa. Untuk proses pergantiannya, biasanya memakan waktu hingga usia 12 tahun. Terkadang, ada juga yang lebih.

Baca Juga >  9 Masalah Rambut yang Bikin Gundah dan Solusinya

Jika anak mengalami sedikit keterlambatan pada pertumbuhan atau pergantian gigi, maka tidak masalah. Yang lebih penting adalah, kita melatih mereka untuk membiasakan diri menjaga kesehatan gigi.

Bahkan, saat anak memiliki gigi susu, saat itulah kita sudah harus mengajarinya menggosok gigi. Juga, beberapa perawatan lain yang bermanfaat untuk menjaga gigi mereka tumbuh lebih sehat hingga hari tua.

Masalah pada gigi susu anak

Gigi susu anak terkadang mengalami beberapa masalah. memang, gigi susu ini akan tergantikan dengan gigi dewasa. Tetapi, tetap saja, membiasakan diri merawat gigi adalah jauh lebih penting. Karena kebiasaan sehat ini akan memberikan manfaat dalam jangka panjang.

Beberapa masalah yang sering kita dapati pada gigi anak:

  • Gigi berubah warna

Salah satu penyebab gigi berubah warna adalah: malas menggosok gigi. Kemudian, ada juga jenis makanan tertentu yang membuat warna gigi berubah. misalnya menjadi kuning atau kecoklatan.

  • Gigi sensitif

Gigi menjadi sensitif umumnya karena email / enamel gigi terkikis. Biasanya, juga disebabkan karena makanan yang tidak dibersihkan / disikat. Makanan sisa ini akan menjadi asam karena aktifitas bakteri dalam mulut. Dan, berprotensi merusak gigi.

  • Gigi berlubang

Jika gigi sensitif berlanjut, bisa jadi menjadi gigi berlubang juga. Selain menggosok gigi, memakan makanan juga jangan sambil tiduran. Misalnya, minum susu dari botol.

Secara khusus, makanan manis bisa lebih berbahaya untuk membuat gigi berlubang dibanding makanan biasa.

  • Gigi tanggal sebelum waktunya

Jika gigi susu tanggal sebelum waktunya, maka bisa menjadi masalah saat gigi permanen tumbuh. Jika gigi susu kosong dan gigi permanen belum ada, gigi permenen bisa tumbuh tidak normal.

Cara merawat gigi susu pada anak:

  • Mengenalkan menggosok gigi pada saat pertama kali gigi susu muncul

Saat gigi susu anak mulai tumbuh, kita harus segera memperkenalkan dia dengan menggosok gigi. Ini adalah kebiasaan yang harus dilakukannya secara teratur seumur hidup, minimal 2 kali sehari.

  • Menyikat gigi minimal 2 kali sehari

Anak perlu dibiasakan untuk menggosok gigi saat hendak tidur dan saat bangun tidur. Jika ingin menggosok gigi setelah makan, bisa saja. Yang penting, jangan sampai gusi lecet dan sakit.

  • Mendampingi anak menggosok gigi

Kita juga harus selalu mendampingi anak kita saat belajar menggosok gigi. Kita perlu mendampingi mereka hingga mereka bisa menggosok gigi dengan baik dan bersih.

  • Makan makanan sehat

Sayuran dan buah bisa menyehatkan dan ikut membersihkan gigi. Biah seperti apel juga bagus untuk membersihkan gigi secara alami.

  • Perawatan gigi ke dokter gigi setiap 6 bulan

Karena lubang di gigi terbentuk lama sebelum gigi terasa sakit, maka kita harus lebih aktif. Kita harus melihat apakah gigi anak kita mulai ada lubangnya atau tidak. Atau, ada potensi muncul masalah lain. karenanya, kita perlu periksakan ke dokter 6 bulan sekali.

Baca Juga >  Info Obat Glimepiride dan Obat Lain Lengkap Hanya di Sehatq

Selain berbagai cara diats, kita juga bisa menggunakan pasta gigi Pepsodent khusus untuk anak. Misalnya saja Pasta Gigi Pepsodent Sweet Straberry. Pepsodent Awesome Orange. Atau, Pepsodent Mild Mint. Pepsodent khusus perawatan gigi anak dengan rasa mint yang segar. Secara khusus, formulanya ditujukan supaya gigi susu tetap kuat dan sehat.

Merawat gigi secara disiplin sangat penting. Gigi kita tidak bisa tumbuh lagi setelah gigi dewasa. Karenanya, kebiasaan masa anak – anak sangat penting untuk dilatih supaya baik dalam merawat gigi mereka.

Sekian artikel mengenai pertumbuhan, perawatan dan masalah gigi susu anak. semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!.


Anda membutuhkan jasa pembuatan website ? segera saja kontak lawang techno, majukan bisnis anda dengan website, lejitkan omset usaha anda dengan website dan rasakan ledakan profit bisnis anda, harga website sangatlah terjangkau
Harga Jayamix
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *