Panduan Cara Menanam Bawang Putih

Panduan Cara Menanam Bawang Putih

Cara menanam / budidaya bawang putih sebenarnya termasuk mudah. Bawang putih ini jenis tanaman umbi dan juga dikembangbiakkan dengan umbinya juga.

Menanam bawang putih atau sayuran lain bisa merupakan hobi dan salah satu cara untuk menghemat pengeluaran.

Bawang putih biasanya terdiri dari dua jenis, yaitu softneck dan hardneck. Jenis hardneck memiliki batang tegak dan keras, Umbinya sendiri ada di tengah. Bawang ini cocok untuk daerah dingin.

Softneck memiliki daun yang menjuntai kebawah. Bawang ini cocok untuk daerah panas.

Jadi, jangan salah memilih bibit. Jika kita tidak tahu jenis umbi bawang yang akan kita tanam, maka ada baiknya membeli dari toko tanaman di sekitar kita. Jadi bawang putihnya lebih bisa dipastikan cocok untuk daerah kita juga.

Bawang putih yang kita beli dipasar belum tentu baik untuk dijadikan bibit. Ini karena dua alasan:

Mungkin ada bahan kimia seperti pengawet.

Bahan kimia ini mempersulit bawang putih untuk tumbuh.

Mungkin bawang tadi merupakan bawang putih impor dari iklim yang lumayan berbeda. Atau bisa juga dari tempat yang jauh. Jadi, belum tentu tumbuh dengan baik dengan kondisi iklim di lingkungan kita.

Untuk suhu, suhu optimal bawang putih adalah 25 derajat celcius. Bawang putih perlu suhu waktu malam hari untuk menumbuhkan benih. PH tanah yang baik antara 6 -7. Jika PH tanah kurang dari 6, maka perlu ditambah kapur sebanyak 1 – 2 ton per Ha supaya netral.

Untuk waktu tanam di dataran rendah, yang bagus di Indonesia adalah bulan Mei – Juli.

Panduan cara menanam / budidaya bawang putih

  • Cara persiapan lahan bawang putih

Lahan harus bersih dari sisa – sisa tanaman sebelumnya. Jika lahan luas harus dibajak sedalam 20 hingga 30 cm. Pembajakan dilakukan 2 sampai 3 kali dalam satu minggu.

Lahan dibuatkan bedengan. Lebarnya antara 60 sd 150 cm dengan tinggi 20 sd 50 cm. Diantara bedengan dibuat parit dengan lebar sekitar 30 sd 40 cm. Jika musim tanam Anda adalah musim hujan, parit bisa dibuat lebih dalam.

  • Cara menamam bawang putih

Kita perlu bibit dengan ukuran yang seragam. Jika memaksa menanam bibit milik sendiri, bibit ini mesti disimpan 3 bulan. Kita kupas kulit pembalutnya dan potong ujungnya. Jika sudah ada titik warna hijau, maka bibit bawang putih sudah siap tanam.

Jarak tanam sangat tergantung kepada ukuran bibit. Jika berat bibit lebih dari 1,5 gram, maka perlu jarak tanam 20 X 20 cm. Jika kurang, bisa ditanam pada jarak 15 X 15 cm atau bahkan 15 X 10 cm.

Kita ambil siung tunggal bawang putih. Jangan lupa supaya kulitnya tidak terkelupas.

Tanam bawang putih sedalam 3 atau 4 cm dengan jarak sekitar 10 cm. Kemudian tutup siung bawang putih dengan tanah yang sudah diberi pupuk.

cara menanam bawang putih

  • Perawatan bawang putih

Penyiraman perlu dilakukan dengan waktu tergantung cuaca dan umur tanaman. Tetapi, jika tanah tempat menanam kering, maka harus segera disiram tanpa menunggu.

Cara menyiram lahan bawang putih adalah dengan menggenangi parit di sekitar bedengan. Saat baru tumbuh, frekuensi pemberian air sekitar 2 hingga 3 hari sekali. Jika sudah tumbuh tunas dan umbi, pengairan perlu dilakukan setiap 1 atau 2 minggu ( 7 sd 15 hari).

  • Pemupukan

Sepeti tanaman lain, pupuk organik dan non organik bisa digunakan untuk pemupukan bawang putih.Jika ada pupuk kandang dari ayam, dosisnya adalah 10 sd 20 ton untuk setiap hektarnya. Untuk pupuk kandang dari kambing, perlu 30 ton setiap hektar.

Pupuk kimia seperti pupuk nitrogen diperlukan selama 3 kali. Yaitu, saat tanam, pembentukan tunas dan terakhis saat umbi terbentuk.

Untuk pupuk lain, dosisnya adalah 200 KG nitrogen, 180 KG P205, 60 KG K2O dan 142 KG S untuk setiap hektarnya.

Penyemprotan pupuk Sitozim pada daun bisa dilakukan jika kita ingin kualitas dan hasil umbi meningkat. Dosisnya atau konsentrasinya adalah 0,25%. Massmikro bisa kita gunakan dengan konsentrasi 200 ppm. Hipron juga bermanfaat dan diperlukan 2 kali dengan konsentrasi 2ml/L.

Saat penanaman, kita memberikan pupuk kandang bersamaan dengan pupuk Kalium dan Fosfor.

Pemupukan ini bisa dilakukan dengan jadwal atau jika akar tanaman mulai terlihat lemah dan kekuningan.

cara menanam bawang putih

Bedengan serta penyiangan gulma juga perlu dilakukan setiap 20 sd 30 hari sekali. Tetapi, ketika bawang merah masuk fase generatif, penyiangan gulma justru bisa mengganggu proses pertumbuhan umbi. Jadi tidak perlu dilakukan lagi.

Untuk hama, ada sekitar 19 macam organisme yang menjadi hama bawang putih. Pengendaliannya adalah dengan menggunakan benih yang sehat dan bagus, pengendalian kultur teknis, menggunakan musuh alami hama, sanitasi serta penggunaan pestisida sesuai ketentuan.

  • Pemanenan

Panen dilakukan saat bawang putih menjadi kuning sekitar 50% dan tangkai batangnya menjadi keras. Biasanya saat berumur 90 sd 120 hari.Saat akan dipenen, semua aktivitas perawatan bawang seperti pemupukan, pengairan atau pengendalian hama sudah tidak diperlukan lagi.

Cara panen dilakukan dengan mencabut langsung tanaman jika tanahnya ringan. Jika tanahnya berat maka perlu dicungkil.

Pemanenan dilakukan saat cuaca cerah. Hasil panen biasanya antara 5 hingga 12 ton untuk setiap hektarnya. Umbi panenan ini kemudian perlu dijemur di tempat yang tidak langsung terkena matahari. Jika kita jemur langsung, gunakan daunnya untuk menutupi bawang putih.

  • Pengawetan

Umbi bawang putih perlu dikeringkan dan diawetkan selama 2 minggu.

Caranya yang pertama adalah dijemur seperti diatas. Bisa juga di rak yang berlapis dengan cara digantung.

Ikat umbi sekitar 30 rumpun per ikat. waktu yang diperlukan untuk kering adalah sekitar 15 hari.

cara menanam bawang putih

Kita bisa tetap menjaga batang menempel di bawang supaya bawang putih awet. Dengan menjaga batang tetap ada, bawang bisa digantung di tempat yang kering dan dingin.

Bawang putih siap untuk digunakan saat umbinya keras dan mudah dipisahkan.

Setelah itu, kita bisa memilih umbi berdasar ukuran dan kualitasnya untuk dijual.

Untuk pembibitan berikutnya, kita bisa menggunakan umbi yang paling bagus.

Inilah sedikit tulisan mengenai cara menanam / budidaya bawang putih, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Cari :

5/5 (1)

Please rate this

Leave a Comment

Please disable your adblock for read our content.
Refresh