cara budidaya rumput-jepang-1

Panduan Cara Budidaya Rumput Jepang

Posted on

Panduan menanam rumput Jepang supaya tumbuh dengan baik dan terlihat rapi. Rumput Jepang adalah tanaman yang cocok untuk menghias taman dan baik untuk menyerap air.

Rumput Jepang bisa mengendalikan genangan ditaman sehingga banyak diminati. Selain itu, paduan warna hijau dan bunganya juga indah dan menyenangkan untuk dilihat.

Meskipun namanya rumput Jepang, tetapi tanaman ini asalnya bukan dari Jepang. Nama “Jepang” disini digunakan karena tanaman ini ukurannya kecil. Kamboja mini disebut kamboja Jepang dan tanaman bonsai dikaitkan juga dengan Jepang.

Jadi rumput kecil ini juga mendapat nama Jepang karena alasan ukurannya dan bukan tempat asalnya.

Rumput jepang juga dikenal dengan nama rumput jarum. Ini karena jika kita duduk diatasnya, maka akan ada rasa tertusuk dari ujung rumput – rumput tersebut.

Meskupun berupa rumput yang mungkin mudah hidup, tetapi ada beberapa cara untuk perawatannya.

Memilih bibit rumput Jepang

  1. Bibit dipilih jika warnanya hijau dan segar.
  2. Tidak terserang hama, penyakit dan terlihat kokoh dan prima.
  3. Tekstur tanaman rumput jarum keras dan tidak boleh layu.
  4. Biasanya dijual dalam bentuk meteran atau bongkahan. Sehingga harus dipisah kecil – kecil.
  5. Pastikan akar tidak rusak saat ditanam.

Cara menanam rumput Jepang

  1. Waktu tanam adalah menjelang malam.
  2. Bersihkan kotoran di akar dan tanaman.
  3. Buat lubang tanam ukuran 10 cm X 10 cm. Tanam bibit di loubang dan tutup kembali lubangnya.
  4. Bibit disiram dengan air dan disiram rutin 2 kali sehari.

cara budidaya menanam rumput Jepang

Perawatan Rumput Jepang

  • Penyiraman

Penyiraman diwajibkan intensif saat rumput masih awal ditanam. Ini karena akarnya belum kuat menghisap tanah. Penyiraman rutin dilakukan 2 kali saat pagi dan petang.

  • Pemupukan

Pemupukan dilakukan saat rumput berumur 2 minggu dan 1,5 bulan. Pemupukan pada usia 2 minggu dilakukan dengan pupuk TSP sesuai dosis pada pemupukan diawal.

Pemupukan saat umur 2 bulan menggunakan urea dengan takaran 1/2 kg untuk 10 meter persegi. Pupuk diberikan dengan disebarkan ke lahan secara merata.

  • Penyiangan dari gulma

Gulma pada rumput Jepang adalah rumput liar. Rumput liar ini besarnya tidak seragam dan mengganggu keserasian rumput taman kita.

Rumput ini liar dicabut plus melakukan pengusiran terhadap serangga yang mengganggu rumput Jepang.

  • Pemangkasan

Tanaman akan memerlukan pemangkasan saat umurnya 3 bulan. Pemangkasan tidak sekedar membuat panjang rumput merata, tetapi juga membuka jalan untuk sinar matahari supaya mencapai semua akarnya. Jika sinar matahari ke akar tertutup daun maka akar bisa mati dan tanaman mengering.

Setelah 5 bulan, kita bisa berharap tanaman ini tumbuh secara merata di halaman kita. Setelah itu, perawatan berupa penyiraman, pemupukan, penyiangan serta pemangkasan akan terus berlanjut.

Inilah tulisan mengenai panduan cara budidaya / menanam rumput Jepang. Semoga memberikan manfaat dan sampai jumpa. 5/5 (1)

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *