apa manfaat buah matoa untuk kesehatan

Matoa – Sang Buah Khas Papua

Posted on

Matoa sebenarnya buah yang ada baik di Papua maupun Maluku. Tetapi orang memang lebih mengenalnya berasal dari Papua.

Buah ini kecil seperti telur puyuh, bentuknya bulat lonjong dengan kulit berwarna merah kehitaman saat matang.

Tanamannya sendiri adalah tanaman berakar tunggang, tumbuh hingga 20 – 40 meter dengan diameter batang bisa mencapai 1 meter.

Pohon ini memiliki nama latin Pometia pinnata dan berbunga 1 kali setahun. Jadi musim buahnya juga 1 kali setahun.Untuk sekali musim buah, bisa mencapai hingga 4 bulan. Lumayan kan waktu berbuahnya cukup panjang.

Tumbuhan ini sebenarnya bisa tumbuh di semua wilayah. Saya sendiri sudah memetik matoa dari tanaman yang tumbuh di Jawa. Jadi kalau Anda suka, bisa mencoba membibitkannya. Tanaman ini adalah tanaman asli tropis yang tumbuh dengan baik di dataran tinggi ataupun dataran rendah.

apa manfaat buah matoa untuk kesehatan

Matoa sendiri terdiri dari 2 jenis. Yang pertama adalah Matoa Kelapa dan Matoa Papeda. Beda antara keduanya adalah tekstur buahnya. Buah matoa kelapa memiliki tekstur seperti rambutan aceh. Buahnya kenyal dan padat. Untukmatoa papeda, tekstur buahnya lebih lengket dan lembek. Untuk bentuk buahnya, bulat lonjong dengan ukuran 5 atau 6 cm. Sedangkan untuk rasa, rasa buahnya manis seperti paduan kelengkeng dan rambutan.

Selain enak, buah matoa juga memiliki banyak kebaikan seperti:

  • Membantu memenuhi keperluan mineral dan vitamin untuk tubuh

Buah ini mengandung banyak vitamin C dan vitamin E. Kedua vitamin ini dkenal sebagai penangkap radikal bebas dalam tubuh.

matoa apa

Selain mengurangi pengaruh radikal bebas, vitamin C juga bermanfaat untuk kekebalan tubuh. Sedangkan vitamin E dikenal untuk menjaga kesehatan kulit dan kesuburan pria.

  • Membantu menangkal penyakit kronis

Buah ini seperti disebut didepan, kaya dengan antioksidan. Antioksidan ini perannya adalah untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Radikal bebas ini merusak sel tubuh dan memicu pertumbuhan kanker. Meski begitu, berapa kapasitas buah ini untuk menangkal radikal bebas memang belum diteliti.

Sebuah penelitian di Bogor menyebutkan bahwa buah matoa mampu menghambat infeksi saluran kemih dan infeksi pernafasan.

Memakan buah ini artinya membantu kita sendiri supaya terhindar dari infeksi.

Para ahli sendiri berpendapat bahwa buah matoa mungkin akan digunakan sebagai bahan pembuatan antibiotik.

  • Membantu menurunkan tekanan darah tinggi

Selain buah, ekstrak biji dan daun buah matoa ternyata bermanfaat juga untuk menurunkan tekanan darah.

Ekstrak buah ini memiliki sifat diuresis yaitu meningkatkan jumlah cairan yang dikeluarkan oleh tubuh. Jika jumlah cairan tubuh meningkat, maka tekanan darah akan naik. Jadi pengeluaran cairan ini membuat tekanan darah turun.

mengenal apa itu Matoa

Menurut penelitian di Bandung, dosis 100 mg buah matoa mampu membuang air serta garam melalui urin.

Buah matoa sebagai buah khas Papua kini dikenal dan juga mulai dijual di pulau – pulau lainnya. Buah ini ternyata tidak hanya enak kan sobat, tetapi juga sangat bermanfaat. 5/5 (1)

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *