Masalah Rambut dan Solusinya

9 Masalah Rambut yang Bikin Gundah dan Solusinya

Masalah rambut bisa membuat gundah. tentu saja kita tidak ingin penampilan kita menurun. Rambut yang tertata dengan baik akan meningkatkan kepercayaan didi. begitu juga, rambut yang sehat dan hitam berkilau.

Tetapi, tentu saja di dunia ini banyak hal yang bisa menghilangkan keindahan rambut. Banyak hal yang kita temui bisa membuat rambut kusut, hingga rusak. Mulai sinar matahari yang terik, debu hingga berbagai bahan kimia dan panas dari alat untuk menata rambut.

Tetapi, ada juga masalah rambut yang hingga kini kurang diketahui jelas penyebabnya. Misalnya ketombe. Juga, masalah rambut yang datang karena karakter rambut yang merupakan bawaan sejak lahir.

Untuk masalah rambut lain, penyebabnya bisa bermacam – macam. Misalnya melakukan styling rambut menggunakan berbagai alat yang menggunakan panas. Kemudian, ada bahan kimia.

Jenis pewarna rambut yang tidak cocok. Selain itu, menggunakan handuk dengan kasar saat mengeringkan rambut juga tidak baik. Bisa membuat rambut kusut dan patah – patah.

Selain itu, aktifitas yang terkena sinar matahari langsung dan tanpa pelindung. Rambut bisa kehilangan kelembaban hingga menjadi kusam dan kering.

Selain itu, keramas dengan air hangat juga bisa tidak sehat untuk rambut. Bahkan, terlalu sering keramas bisa membuat rambut kehilangan kelembabannya.

Untuk memijat rambut, memijat kulit kepala terlalu keras juga tidak menguntungkan. Karena, bisa membuat rambut patah – patah.

  • Masalah rambut yang biasa kita temui

Ada beberapa masalah rambut yang dampaknya bisa kita lihat. Secara fisik, rambut yang bermasalah bisa kita lihat dan rasakan sendiri.

Ketombe

Ketombe merupakan kulit kepala yang rontok. Kulit kepala ini menjadis erpihan berwarna putih dan terkadang terasa gatal.

Baca Juga >  Info Obat Glimepiride dan Obat Lain Lengkap Hanya di Sehatq

Ketombe, diduga karena adanya produksi minyak kulit rambut yang berlebihan. Produksi ini menyebabkan kulit kepala mati dan rontok lebih cepat.

Sayangnya, untuk mengobati ketombe belum ada yang pasti dan teruji klinis. Untuk sementara, kita hanya bisa menghindarkan ketombe dengan menjaga kebersihan kulit kepala. Juga, keramas dengan shampo khusus anti ketombe. Misalnya, Dove 3 in 1 Super Shampoo.

Rambut rontok

Rambut itu memang rontok setiap hari. Jumlahnya yang rontok sekitar 50 sd 100 helai setiap harinya. Tetapi, jika lebih, memang ada yang harus diperhatikan.

Rambut rontok sendiri bisa karena faktor genetik. Ini yang sulit diubah. Kemudian, ada faktor hormon hingga kondisi medis yang bersangkutan.

Untuk rambut rontok, memang setiap indivdu akan berbeda – beda lho penyebabnya.

Rambut keriting, kusut dan rontok

Jika rambut kering dan patah hingga rontok, maka itu tanda rambut kekurangan nutrisi. Kita harus makan yang memiliki nutrisi untuk rambut. Bisa juga, ditambahkan shampo dengan kandungan nutrisi untuk rambut rontok.

Masalah lain bisa ditimbulkan oleh catokan dan hair dryer. Karena itu, jangan terlalu sering dipergunakan. Jika mengeringkan rambut, jangan sampai kering sekali menggunakan hair dryer. Sebaiknya, sisa rambut basah sedikit dan diangin – anginkan.

Untuk perawatan, perlu dipertimbangkan untuk menggunakan kondisioner atau vitamin rambut. Atau, cara mudahnya, menggunakan  Dove 3 in 1 Super Shampoo

Rambut bercabang

Rambut bercabang bisa dilihat pada ujungnya. Ada 2 atau 3 cabang biasanya. Jika rambut bercabang hampir disemua helai rambut, maka percabanagn ini sudah termasuk parah.

Untuk rambut bercabang, kita perlu memberikan nutrisi yang lengkap. Cara paling mudah, misalnya menggunakan Dove Total Damage Treatment.

Dove Total Damage Treatment

 

Shampo ini secara khusus diformulasikan untuk kebutuhan rambut rusak. Ada formula Nutri-Keratin Repair Actives yang menutrisi rambut dan memperbaiki kerusakannya.

Jika dipergunakan secara teratur, akan mampu membantu mencegah kerusakan rambut secara umum.

Rambut rontok sampai ke akar

Rontok semacam ini ciri khasnya adalah banyak rambut rontok dan rambut rontok terlihat sampai akarnya yang rontok. Jika terjadi terus – menerus, akan menjadi penipisan rambut. bahkan menajdi kebotakan.

Baca Juga >  Pertumbuhan Perawatan dan Masalah Gigi Susu Anak

Untuk rambut rontok, penyebabnya cukup banyak. mulai dari stress berlebih, kurang gizi, menderita infeksi yang parah hingga karena alasan medis. Terutama, karena pengobatan pada penyakit tertentu. Misalnya, kemoterapi.

Untuk solusi rambut rontok, kita bisa mengkonsumsi makanan dengan kandungan Asam Folat, Vitamin B serta Biotin.

Tetapi, jika rambut rontok berlanjut, maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Penipisan rambut

Penipisan rambut akan terasa menjadi masalah besar bagi perempuan. Bagi laki – laki, memang terkadang masih ditoleransi. Atau, kadang tidak terlalu dipedulikan. Tetapi, bagi perempuan bisa menjadi masalah besar. Penampilan akan terganggu.

Penipisan rambut akan terlihat pada belahan rambut yang semakin melabar. Atau, bagian tengan yang juga melebar.

Untuk penyebabnya, biasanya karena menggunakan produk perawatan rambut dengan berlebihan.

Untuk solusinya, silahkan mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin B, biotin dan asam folat.

Kebotakan dini

Penipisan rambut pada perempuan berrati kebotakan pada laki – laki. Yang paling umum terlihat, kebotakan dini terjadi dari depan hingga kebelakang.

Untuk penyebab, adalah hormon dan genetik. Tetapi, sayangnya, hingga kini cara mengatasinya masih belum ditemukan. Paling banter, hanya menggunakan rambut palsu atau hair fiber jika ingin murah.

Untuk yang siap membayar mahal, mungkin bisa mempertimbangkan implan rambut.

Uban

Untuk mereka yang berusia diatas 30 tahun, uban biasanya sudah mulai tumbuh. Pada usia ini, folikel rambut kurang mampu memproduksi melanin.

Untuk mengatasinya, kita bisa mengkonsumsi makanan dengan kandungan Vitamin B, Biotin dan Asam Folat.

Untuk perawatan rambut, sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Seperti mengeramas rambut.

Kering dan kusam

Rambut yang kering dan kusam jelas kurang baik dilihat. Juga, akan berakhir rontok jika dibiarkan.

Untuk mengetahui kondisi kering dan kusam, kita bisa meraba rambut. Tekstur rambut akan terasa kasar dan kering. Hal ini terjadi karena rambut kita tidak lagi mendapat minyak secara mencukupi.

Baca Juga >  Pakai Sabun Cair Cuci Tangan, Apa sih Kelebihannya?

Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan conditioner. Kita juga membutuhkan nutri rambut untuk memperbaikinya. Misalnya dari sampo dan kondisioner Dove Total Damage Treatment. Nah, jika kerusakan tergolong parah. kita memerlukan langkah lain. Yaitu, menggunakan  Dove Intensive Repair Conditioner. Shampo ini mampu mengembalikan kelembutan rambut, menghaluskan, memperbaiki kerusakan dan mencegah rambut rusak kembali.

Rambut lepek berminyak

Kita bisa mengetahuinya dengan cara mengusap kulit kepala dengan jari tangan. Jika jari menjadi berminyak itulah tandanya.

Rambut lepek terjadi karena produksi minyak berlebih. Cara untuk menanggulanginya, yaitu dengan menggunakan Dove 3 in 1 Super Shampoo. Shampo ini juga menjadikan rambut lebih bervolumen jika digunakan secara teratur.

Oh ya, satu lagi cara mengatasi rambut lepek dan berminya adalah menggunakan sisir bulat yang giginya jarang.

  • Kesimpulan

Masalah rambut memang bisa bermacam – macam. Ada yang karena masalah keturunan atau genetik. Masalah hormon dan lainnya. Tetapi, minimal, kita tetap menjaga kebersihan serta kesehatan rambut kita. Misalnya, keramas dengan teratur, tetapi tidak setiap hari. Juga, menggunakan produk untuk rambut secara khusus jika dibutuhkan. Dan, menghindari alat styling rambut yang menggunakan panas.

Inilah sedikit tulisan tentang masalah rambut. Semoga bermanfaat dan salam sehat serta sukses selalu!.


Anda membutuhkan jasa pembuatan website ? segera saja kontak lawang techno, majukan bisnis anda dengan website, lejitkan omset usaha anda dengan website dan rasakan ledakan profit bisnis anda, harga website sangatlah terjangkau
Harga Jayamix
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *