Manfaat Taman Rumah

Keindahan sebuah rumah bisa dihadirkan melalui beragam cara. Mulai dari interior rumah yang diisi dengan sejumlah benda yang ditata sesuai dengan kondisi ruangan. Demikian juga pemilihan warna cat dinding yang sesuai keinginan ditambah pernik-pernik yang pas, juga mampu membuat ruangan menarik.

Sementara untuk eksterior pemilihan warna cat dinding dan penggunaan batu alam juga mampu menghadirkan tampilan rumah Anda menjadi berbeda dengan hunian di sekitarnya. Tidak hanya itu, keindahan sebuah rumah bisa juga diperkuat dengan hadirnya taman di luar rumah. Baik itu di halaman depan, memanfaatkan lahan terbatas di depan pagar rumah, dan samping rumah.

Selain memperindah sekitar rumah Anda, keberadaan sebuah taman juga mampu menghadirkan kesejukan di lingkungan tempat tinggal dan membuat tampilan rumah lebih menarik. Tidak hanya itu, taman juga memiliki sejumlah fungsi, seperti dikutip dari hipwee.com.

Keberadaan taman akan memberikan kontribusi yang cukup penting untuk sirkulasi udara yang segar dan bersih bagi penghuni rumah. Terlebih jika Anda tinggal di perkotaan yang tingkat polusi udaranya cukup tinggi. Di tempat semacam ini, taman dapat berperan sebagai penyangga ekosistem dan sebagai suplai oksigen dan udara bersih yang menyehatkan.

Ketika di rumah ada taman, keberadaannya juga memberi manfaat bagi anggota keluarga. Apabila taman tersebut cukup besar dan luas, bisa dijadikan lokasi bermain dan berkumpul bersama keluarga, tentu selain lebih mengakrabkan juga mampu menghadirkan kegembiraan.

Ketika Anda jenuh dengan kesibukan kantor atau pekerjaan harian, taman juga berguna sebagai media atau sarana mengurangi kelelahan atau stres yang dialami saat di kantor. Cukup dengan kegiatan sekadar menyiram tanaman atau memandang dan menikmati keindahan tanaman di taman tersebut.

Jadi apabila di rumah Anda masih menyisakan lahan kosong, kenapa tidak segera membuat taman, mengingat fungsinya yang lumayan bermanfaat bagi pemilik rumah. Hanung pemilik kios Bunga Indah Jl. Hasanudin No. 6 Solo, yang juga penyedia jasa pembuatan taman Hanung Garden menyarankan sebaiknya taman berada di depan rumah.

“Apabilan lahan yang tersedia tidak cukup luas, bisa membuat taman sederhana atau bisa juga membuat taman yang menempel ke dinding [vertical garden],” terang Hanung kepada Solopos.com, di kiosnya belum lama ini.

Agar terlihat indah, pemilihan tanaman untuk vertical garden juga harus diperhatikan. Menurut Hanung, bisa menggunakan tanaman bunga di deretan atas, mulai dari sambang dara, brokoli, dan lee kuan yew atau retno putri karena tanamannya menjuntai ke bawah. “Gunakan rangka besi untuk penempatan pot-pot bunganya agar kuat.”

Namun sebuah taman idealnya, lanjut dia, minimal 3 meter x 4 meter di mana media tanam langsung berhubungan dengan tanah di bawahnya. Untuk tanamannya, pilih yang tahan panas dan hujan, bisa berupa tanaman model bonsai.

Pilihan tanamannya bisa, anting putri, kemudian ditambah sikas untuk warna hijaunya, divariasi dengan wali sanga yang menghadirkan keindahan melalui daunnya, sedang untuk bunganya, tambah Hanung, bisa iris atau leli brasil. Bagian bawah bisa menggunakan rumput gajah dikombinasikan dengan rumput Jepang.

“Jika ingin ada bukit kecilnya, bisa menggunakan rumput Jepang atau rumput gajah mini, ditambah batu kali untuk memunculkan kesan alam. Biaya pembuatan taman dengan model ini cukup murah hanya kisaran Rp2 juta hingga Rp3 juta,” ujar Hanung.

Sedang konsep taman, sambung Hanung, ada beragam pilihan seperti konsep Bali dengan tanaman khas Bali, seperti pandan bali, pisang Bali, aksesori payung, dan gapura khas Bali, bisa ditambahi patung dan air mancur. Ada juga taman modern yang biasa diterapkan di rumah-rumah minimalis.

“Konsep taman lainnya adalah konsep kejawen. Dengan ornamen kayu, pintu dan jendela lawas, tanaman bambu Jepang, pisang katalog, iris, wali sanga, pucuk merah, dan lampu sorot warna kuning sehingga memunculkan kesan wibawa,” jelas Hanung.

sumber : .solopos.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *