Lalat Buah Tanaman Cabai dan Cara Mengendalikannya

Cara pengendalian lalat buah yang menyerang tanaman cabai dan paprika. Cara pembasmian hama yang ramah lingkungan dan tidak menggunakan bahan kimia sintetik. Selain itu, menggunakan teknik yang efektif, efisien serta mudah diterapkan oleh para petani di lapangan.

Ada beberapa cara pengendalian hama lalat buah yang bisa kita lakukan. Dan, juga sekaligus lebih ramah lingkungan karena tanpa pestisida kimia. Tambahan lagi, cara ini juga membuat cabai lebih sehat untuk dikonsumsi bagi para konsumen.

Cara pengendalian hama ini disebut sebagai Kultur Teknis, Fisik / Mekanik, Biologi dan juga Kimiawi.

Pengendalian hama secara Kultur Teknis

Ada beberapa cara yang biasa dikerjakan:

  • Sanitasi Lahan

Sanitasi lahan ini memang tujuannya bisa memutus rantai perkembangan kehidupan lalat buah. Juga hama lainnya. Sanitasi yang kita lakukan adalah mengumpulkan buah busuk dan rontok. Buah – buah seperti ini biasanya karena ada gangguan termasuk oleh lalat buah.

hama lalat buah

Sumber: AbahTani.com

Buah – buah tadi kemudian kita bakar dan musnahkan. Selain dibakar, bisa juga kita masukkan dalam tanah. Selain membersihkan buah yang rusak, sampah di sekeliling tanaman juga harus dibersihkan. Intinya, supaya hama yang mungkin ada disana ikut hilang.

Untuk lubang di tanah, kita buat dengan ukuran. 1 X 0,5 meter atau 1 X 1 meter. Lubang ini bisa untuk memendam atau juga membakar di dalamnya.

Untuk larva yang ada di dalam tanah, kita harus memastikan bahwa larva tidak mungkin berkembang menjadi pupa. Caranya adalah dengan membalik tanah di sekitar tanaman.

  • Perangkap Lem Kuning / Lem Tikus Bening

Kita juga bisa menggunakan lem untuk menangkap lalat buah. Lem ini perlu kita campur sedikit dengan metyl eugenol. Senyawa metyl eugenol ini adalah attraktan yang bisa menarik serangga terutama lalat buah.

  • Pengasapan

Pembakaran bisa dilakukan dengan membakar sampah kering. Tetapi, bagian atas kita tutup dengan sampah organik yang masih basah. Cara ini akan menghasilkan asap yang banyak. selain itu, daun basah juga tidak terbakar dengan cepat. Artinya, asap bisa menjangkau lahan yang cukup luas dan mengusir lalat buah.

  • Pemasangan Mulsa Plastik

Mulsa plastik ini tentu kita tempatkan diatas tanah. mulsa ini bisa menekan jumlah larva yang berkembang menjadi pupa. Pada akhirnya, bisa mengurangi populasi lalat buah dewasa dan serangga lainnya.

  • Pengendalian secara fisik / mekanis

Pengendalian ini menggunakan perangkap metyl eugenol juga. Tetapi, cara menggunakannya adalah dengan digantung di perangkap lalat buah jantan. Bahannya terbuat dari bekas botol air mineral. Pada dasar botol kita beri sedikit air. Lalat buah akan matu terendam air.

Baca Juga >  Cara Menanam Hidroponik Sederhana di Rumah

Untuk pemasangan, kita pasang perangkap di luar lahan penanaman cabai. karena lalat juga tidak berkumpul di tengah pertamanan.

  • Pengendalian secara biologi

Untuk pengendalian ini, ada 2 cara yang bisa dilakukan. Yang pertama adalah cara yang bisa dilakukan sendiri. Yang satu lagi, perlu ahli untuk mendukungnya.

  • Lalat jantan mandul

Melepaskan lalat buah jantan yang mandul bisa menjadi solusi untuk menekan jumlah allat buah. Telur hasil perkawinan lalat ini menjadi steril dan tidak bisa berkembang. Cara ini sudah berhasil diterapkan di Jepang. Tetapi, menghasilkan lalat jantan mandul memang harus dilakukan oleh ahli.

  • Menggunakan musuh alami lalat buah

Kita bisa memanfaatkan predator, patogen atau musuh alami lalat buah.

Cara pengendalian hama lalat buah secara kimia

Nah, jika memang lalat buah dan larvanya sudah banyak, maka perlu menggunakan insektisida kimia. Bagaimanapun juga, cara ini adalah cara yang cepat untuk membunuh lalat buah. Kita tinggal menyemprotkan saja. Tetapi, memang akibatnya bisa membuat cabai terkontaminasi pestisida. Jadi, jika membeli cabai, sebaiknya kita mencucinya dengan bersih sebelum dikonsumsi.

Kita perlu menggunakan insektisida dengan bahan aktif sipermetrin, profenofos, klorpinfos, kartophidroklorida,  metomil, deltametrin, atau dimehipo. Untuk dosisnya, kita menggunakan sesuai petunjuk yang ada di kemasan amsing – amsing.

Lalat buah memang merupakan hama yang mengganggu bagi cabai. Cabai hijau, rawit, paprika dan juga cabai keriting adalah komoditi pertanian yang menguntungkan. Harga cabai sering menjadi tinggi. hal ini tentu bisa memberi keuntungan tersendiri.

Tetapi, cabai juga memiliki masalah hama serta penyakit. Penyakit busuk buah serta rontok adalah salah satu yang sulit diatasi. Busuk buah ini, bisa karena akibat lalat buah.

Inilah sedikit artikel tentang cara menanggulangi lalat buah pada tanaman cabai. Semoga bermanfaat dan salam sehat dan sukses selalu!.


Anda membutuhkan jasa pembuatan website ? segera saja kontak lawang techno, majukan bisnis anda dengan website, lejitkan omset usaha anda dengan website dan rasakan ledakan profit bisnis anda, harga website sangatlah terjangkau
Baca Juga >  Kacang Panjang, Apa saja sih Manfaatnya?

Harga Jayamix
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *