Kacang Panjang, Apa saja sih Manfaatnya?

Kacang yang memiliki nama latin Vigna unguiculata ssp. Sesquipedalis.ini ternyata banyak manfaatnya seperti disebut dibawah.

Meskipun mudah didapatkan dan murah, kacang ini bermanfaat baik. Di indonesia, kacang ini dikonsumsi saat belum terlalu tua. Pemanenan kacang untuk sayuran saat kacang berumur sekitar 2 bulan. Jika ditunggu hingga tua, maka kacang panjang bisa menjadi seperti kacang biasa yang keras.

USDA National Nutrient data base  memiliki data kandungan nutrisi kacang panjang. Dalam 100 gram kacang panjang terdapat 47kkal, 8,35 gr krbohidrat, 2,8 gr protein dan 0,40 gr lemak.

Kandungan diatas memenuhi 6% keperluan karbohidrat setiap hari, 5% kebutuhan protein serta 2% kebutuhan lemak.

Berbagai vitamin juga dikandung dalam kacang panjang seperti vitamin A, C riboflavin, niacin, folat serta thiamin dan pyridoxin. Selain itu, terdapat pula berbagai kandungan mineral serta polifenol yang merupakan antioksidan.

manfaat dan efek samping kacang panjang bagi kesehatan

Manfaat kacang panjang untuk kesehatan

  • Menurunkan kadar gula darah

Sebuah penelitian tentang ekstrak kacang panjang menunjukkan aktivitas antihiperglikemik. Artinya, kacang panjang dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah dan mungkin merupakan makanan yang baik untuk penderita diabetes.

  • Meredakan nyeri

Adanya efek analgesik dari kacang panjang membuat kacang panjang bisa membantu mengatasi nyeri haid. Selain itu, kandungan mangan pada kacang panjang bisa meningkatkan suasana hati dan menurunkan gejala dismenore.

  • Menurunkan resiko kanker

Kandungan asam folat dan antioksidan kacang panjang bisa menurunkan resiko kanker jika kacang panjang dikonsumsi secara rutin.

  • Menjaga kesehatan jantung

Antioksidan pada kacang panjang mampu menangkal radikal bebas dan mampu melindungi organ tubuh dari kerusakan. Selain itu ada juga manfaat untuk melancarkan aliran darah.

manfaat dan efek samping kacang panjang bagi kesehatan

  • Menambah darah

Anemia bisa diatasi dengan konsumsi makanan tertentu. Makanan ini harus yang mengandung zat besi dalam jumlah yang tinggi serta mineral lain yang diperlukan untuk pembentukan sel darah merah.

  • Meningkatkan stamina

Stamina kita akan lebih terjaga dengan meningkatnya sel darah merah serta jantung yang lebih sehat.

  • Menjaga kecerahan kulit

Peredaran darah yang baik dan lancar membantu kulit terlihat lebih cerah. Selain itu, kandungan vitamin C juga membantu kulit terlihat lebih cerah.

  • Bermanfaat untuk ibu hamil

asam folat bermanfaat dalam perkembangan DNA pada janin dan menurunkan resiko cacat.

  • Menjaga imunitas

Polifenol serta vitamin C mampu menangkal adanya radikal bebas sehingga ketahanan tubuh meningkat.

manfaat dan efek samping kacang panjang bagi kesehatan

Efek samping kacang panjang

Sealin bermanfaat, konsumsi kacang panjang yang berlebihan juga memiliki efek samping. Antaralain adalah alergi, gangguan pencernaan hingga memicu gangguan hati serta gangguan ginjal.

Untuk penderita asam urat, makanan ini tidak disarankan untuk dikonsumsi.

Inilah beberapa manfaat kacang panjang bagi kesehatan serta efek samping kacang panjang jika dikonsumsi berlebihan. semoga bermanfaat. No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment

Please disable your adblock for read our content.
Refresh