tukang taman jamur tiram

Jamur Tiram, Apa Saja sih Keunggulannya?

Posted on

Jamur Tiram adalah nama jamur yang sudah sangat kita kenal sebagai makanan. Tetapi, mengapa makanan ini populer dan apa saja keunggulannya.

Jamur tiram sudah lama kita kenal sebagai camilan dalam berbagai bentuk hingga lauk untuk makan nasi. Bahkan, sekarang cukup banyak rumah makan yang memiliki spesialisasi menu jamur. Rumah makan inipun sekarang ada berbagai kelas, mulai kelas rumah makan mahasiswa hingga kelas pekerja kantoran.

Sebagai lauk makan, jamur ini bisa dijual dengan berbagai bentuk dan rasa. Jamur dengan tepung sama enaknya dengan sate jamur atau sup jamur. Bahkan, beberapa orang juga mengolahnya menjadi pepes jamur.

Tidak hanya enak, jamur juga memiliki kandungan gizi yang baik. Jamur tiram sebanyak 100 gram memiliki kalori sebesar 30. Protein 1,9 gram, Lemak 0,1 gram. Karbohidrat 5,5 gram serta serat 3,6 gram.

tukang taman jamur tiram

Selain itu, ada juga beberapa vitamin, mineral serta berbagai kandungan gizi lain yang bermanfaat yang bisa didapat dari jamur tiram.

Antaralain: vitamin B, vitamin D, kalsium, natrium fosfor, kalium, zat besi, tembaga, seng dan natrium.

Beberapa manfaat jamur tiram:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Berdasar penelitian yang dimuat dalam  Journal of Traditional and Complementary Medicine, Jamur tiram memiliki potensi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jamur tiram memiliki bahan aktif yang merangsang “makrofag” untuk bekerja lebih aktif.

Makrofag ini merupakan bagian dari sel darah putih dan memiliki tugas untuk melawan bakteri, virus dan mikroorganisme merugikan lainnya.

  • Menurunkan Kolesterol

Jamur tiram dapat menurunkan kadar kolesterol total dalam darah. Sesuai studi di  Clinical and Experimental Pharmacology and Physiology yang didukung penelitian lain, jamur tiram memang bermanfaat bagi kesehatan.

Pada link ini, hasil penelitian menyatakan bahwa konsumsi jamur tiram dalam 24 hari mampu menurunkan kolesterol penderita diabetes tanpa mengganggu hati dan ginjal. Manfaat ini datang dari kandungan lovastatin yang mampu mengatur sirkulasi kadar kolesterol dalam darah.

Selain itu, ada juga kandungan beta-glucan yang tinggi pada jamur tersebut. Kandungan beta-glucan ini juga berfungsi menyerap kolesterol dalam darah kita.

Lebih lanjut, penelitian tersebut mengungkap bahwa jamur tiram juga bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar triglesirida dan gula darah pada penderita diabetes.

  • Membantu Mencegah Kanker

Menurtut penelitian terbitan terbitan International Journal of Oncology tahun 2008, kandungan betaglucan dan glikoprotein dalam jamur tiram mampu meningkatkan respon anti kanker secara alami.

Mereka menunjukkan bahwa suplemen ekstrak jamur ini mampu menekan sel kanker.

Komposisi kandungan jamur tiram mampu memberi peringatan dini pada Natural Killer (NK) Cell. Cell ini adalah cell alami yang bisa membunuh cell pengganggu seperti cell kanker.

  • Sumber Vitamin B3

Jamur ini mengandung vitamin B3 yang baik untuk memecah karbohidrat, lemak dan protein dari makanan supaya bisa digunakan sebagai sumber energi.

Vitamin b3 memiliki nama lain yaitu niacin. Niacin memegang peran yang penting dalam pertumbuhan dan kerja organ tubuh.

Vitamin B3 ini diubah menjadi nikotinamida adenin dinukleotida (NAD) dan nikotinamida adenin dinukleotida fosfat (NADP) saat masuk dalam tubuh. Keduanya merupakan anti oksidan.

  • Kaya Antoksidan

Antioksidan adalah senyawa yang diandalkan untuk membendung pengaruh buruk radikal bebas. Untuk tubuh kita, antioksidan yang dihasilkan sebenarnya ada. Namun, jumlahnya kurang banyak.

Salah satu antioksidan yang dimiliki jamur ini adalah ergothioneine, senyawa ini membantu mencegah terjadinya peradangan.

manfaat jamur tiram

Selain peradangan, senyawa ini juga bermanfaat mencegah plak di pembuluh darah. Plak ini menurut sebuah penelitian yang dipublikasi di Journal of Medicinal Food tahun 2010, bisa memicu penyakit jantung dan aterosklerosis yang menyebabkan stroke.

Lebih lanjut, antioksidan juga membantu pencegahan sel kanker yang terjadi karena adanya radikal bebas.

  • Meningkatkan Kolagen

Manfaat jamur tiram lainnya adalah sebagai sumber tembaga. Zat ini berfungsi meningkatkan pertumbuhan sel darah dan melancarkan sirkulasi darah.

Selain darah, fungsi saraf juga bisa lebih optimal serta mampu memperkuat jaringan ikat. Caranya ya dengan meningkatkan produksi kolagen.

Inilah sedikit tentang kelebihan jamur tiram. Jamur ini tidak hanya enak dimakan tetapi juga memiliki manfaat kesehatan yang begitu banyak. Yang jelas, makanan seperti jamur tiram ini juga tidak menimbulkan kegemukan sehingga dihindari beberapa orang. 5/5 (1)

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *