Hama-Wereng-Batang-Coklat-WBC-Padi-dan-cara-pembasmian-Pengendaliannya

Hama Wereng Coklat – Ciri Gejala Serangan dan Cara Pengendalian

Posted on

Hama wereng coklat adalah hama tanaman padi yang sangat terkenal. Alasan terkenalnya pun masuk akal. Hama ini bandel, sulit dikendalikan serta mampu berpindah hingga 200 km dari lokasi awal serangan.

Kerugian yang dihasilkanpun besar. Bisa mengurangi produktifitas / hasil padi 50% dalam 10 hari bahkan hingga puso atau gagal panen. Karena itulah, mengenal hama wereng coklat beserta cara menanggulanginya menjadi sangat penting.

salah satu penyebab utama hama ini berkembang adalah karena perubahan musim dan pola tanam berubah. Musin kemarau yang turun hujan membuat kelembaban cocok untuk tumbuhnya wereng. Kemudian, biasanya petani menanam padi, padi lagi lalu palawija. Tetapi, karena ketersediaan air yang mencukupi pola tanam ini berubah menjadi padi, padi dan padi lagi. Dampaknya, wereng coklat memiliki waktu menyebar dan berkembang biak secara mencukupi.

apa itu wereng batang coklat wbc

Wereng coklat memiliki siklus hidup berupa telur, nimfa dan imago atau wereng dewasa. Seekor betina dewasa bisa bertelur hingga 600 butir. Padahal, serangan oleh 10 hingga 15 ekor wereng dalam satu rumpun padi bisa mengakibatkan PUS dalam 10 hari !

Nimfa wereng coklat memiliki masa 30 hari sebelum masuk ke fase imago. Wereng coklat merusak padi pada masa nimfa dan imago ini.

siklus-hidup-wereng-coklat

  • Ada 2 cara wereng coklat menyerang padi:

  1. Menyerang langsung: Wereng menghisap cairan sel tanaman hingga kering. Efek pada tanaman adalah tampak seperti terbakar (hopperburn). Serangan wereng coklat yang parah dan melanda area luas disebut PUSO.
  2. Sebagai vektor virus atau pembawa virus: Yang dibawa oleh wereng adalah virus berbahaya juga yaitu virus kerdil hampa dan virus kerdil rumput.
  • Gejala serangan Wereng Batang Coklat ( WBC )

Wereng Batang Coklat menyerang tanaman padi yang sedang ada di masa pertumbuhan (muda) hingga masa malai keluar. Kerusakan yang terjadi sangat besar. Dalam 10 hari serangan, hasil panen bisa turun 10% hingga 50%. Bahkan, di negara kita, 10 sd 15 ekor wereng yang menyerang 1 rumpun padi bisa menyebabkan padi PUSO dalam 10 hari.

Saat ini, dengan tersedianya air irigasi secara mencukupi, banyak daerah yang petaninya selalu ada yang menanam padi. Jadi, jika ada hama wereng maka hama tersebut hanya akan berpindah – pindah saja.

cara mengendalikan wereng coklat
Tanaman Padi PUSO
  • Strategi cara pengendalian hama wereng coklat

Menggunakan varietas unggul tahan wereng (VUTW).

Mengatur pola tanam padi supaya tidak berlangsung terus menerus. Pengaturan ini haruslah tidak dibatasi oleh wilayah administrasi saja. Tetapi lebih ke wilayah secara teknis penanaman yang baik.

Monitor OPT (organisme pengganggu tanaman) secara teratur sehingga antisipasi bisa dilakukan sedini mungkin.

Menyemprotkan insektisida jika ambang batas ekonomi tercapai.: terdapat 5 ekor atau lebih wereng pada satu rumpun padi umur dibawah 40 hari.

Lebih dari 20 ekor wereng pada satu rumpun padi berumur lebih dari 40 hari.

Pemerintah dan dinas terkait melakukan monitoring dan pengawalan supaya keberadaan wereng coklat segera diantisipasi.

Hama-Wereng-Batang-Coklat-WBC-Padi-dan-cara-pembasmian-Pengendaliannya

Hama wereng coklat merupakan hama yang termasuk sulit dibasmi. Sebagian alasannya adalah kebiasaan pola tanam yang tidak ditepati. Selain itu, hama ini sendiri juga mampu menyebar hingga 200 km atau sangat jauh dari titik serangan semula.

Perlu antisipasi dan penanganan terpadu hama wereng yang tidak bisa dibatasi wilayah administratif.

Cari :

5/5 (1)

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *