Gejala yang Dialami Saat Menopause dan Cara Mengatasinya

Gejala yang dialami saat menopause biasanya terasa cukup mengganggu. Menopause sebenarnya masa dimana wanita harus lebih banyak melakukan aktifitas fisik seperti olahraga. Ini karena aktifitas fisik bisa sedikit mengkompensasi kekurangan yang timbul karena proses menopause.

Gejala yang dialami saat menopause

Menopause sendiri adalah masa silkus menstruasi berakhir secara alami pada 12 bulan berturut  – turut. Masa menopause biasanya ada di usia antara 40 hingga 50 tahun. Pada masa ini, biasanya seorang perempuan sudah tidak bisa hamil. Dan, kondisi ini akan berpengaruh pada penampilan fisik hingga psikologis dan juga memper=ngaruhi hasrat seksual.

Gejala – Gejala Menopause

Gejala yang biasa dialami saat menopause ada beberapa. Secara umum, memang gejala – gejala ini kurang membuat nyaman wanita yang mengalaminya.

  • Perubahan fisik

Memang secara umum kondisi fisik kita akan berubah jika menjadi tua. Kurit akan berkurang kelenturannya. Juga, menjadi kendur dan kering.

Tetapi, bagi perempuan yang menopause, produksi kolagen juga akan berhenti. Maka, kekencangan kulit akan berkurang dibanding saat masih muda.

Selain kulit, rambut juga akan berubah. Biasanya akan menjadi lebih tipis, memutih dan bahkan rontok. Selain itu, juga lebih mudah gemuk karena penumpukan lemak disekitar pinggang.

  • Haid tidak teratur

Masa Perimenopause ditandai siklus haid yang tidak teratur. Bisa lebih lambat dan juga bisa lebih cepat. Selain itu, jumlah darah juga bisa bertambah atau juga berkurang. Bahkan, hanya sedikit sekali seperti bercak atau flek saja. Pada masa seperti ini, kemungkinan untuk hamil menjadi sangat kecil.

  • Kesulitan dan gangguan tidur

Insomnia biasanya merupakan tanda adanya penyakit pada tubuh. Tetapi, untuk menopause, akan terjadi juga insomnia. Gangguan susah tidur ini diakibatkan karena produksi estrogen dan progesterone yang berkurang.

Baca Juga >  Pertumbuhan Perawatan dan Masalah Gigi Susu Anak

Untuk mengurangi dampak susah tidur, maka sangat dianjurkan untuk berolahraga secara teratur. Selain itu, tidak disarankan untuk mengkonsumsi minuman dengan kafein karena hanya membuat semakin susah tidur.

Selain karena gangguan hormon, gangguan tidur juga bisa ditambah karena keadaan dibawah:

  • Sering berkeringat serta mengalami Hot Flashes

Akan terjadi rasa panas yang tiba – tiba dan berkeringat. Alasannya tidak jelas. Tetapi, yang jelas akan terasa cukup mengganggu. Jika rasa panas terjadi, bisa menyerang seluruh tubuh. Mulai dari wajah, dada leher dan bisa membuat kulit menjadi kemerahan.

Untuk kasus tertentu, rasa panas juga disertai jantung berdebar. Untuk gejala – gejala diatas, akan dirasakan berbeda untuk setiap orang. Ada yang terasa ringan, sedang hingga berat dan dalam waktu bertahun – tahun.

  • Lebih sensitif

Hormon estrogen yang turun membuat kondisi psikologis lebih emosional. Suasana hati lebih mudah terpengaruh sehingga lebih mudah marah. Lebih mudah sedih, gelisah, kurang bersemangat dan sebagainya.

Bahkan, jika sebelumnya ada gejala depresi, maka menopause bisa membuat gejala ini memburuk.

  • Daya ingat menurun

Memang usia yang semakin tua membuat daya ingat juga menurun. Tetapi, gangguan tiduk serta stress yang bertambah juga bisa menurunkan daya ingat. Karena itu, memang sangat penting untuk mencoba mengendalikan stress. Meskipun, untuk prakteknya mungkin perlu berkonsultasi dengan profesional.

  • Lebih mudah mengalami nyeri sendi dan otot

Persendian juga bisa terasa kaku sehingga sulit dan sakit saat bergerak. Keadaan ini banyak dialami wanita yang mengalami menopause. Selain itu, ada juga yang mengalami migrain dan juga nyeri pada payudara.

Meskipun begitu, kita tetap harus aktif bergerak. Yang terutama, untuk menjaga tubuh tetap bugar. Selain itu, asupan makanan yang cukup gizinya juga memegang peranan penting.

Baca Juga >  9 Masalah Rambut yang Bikin Gundah dan Solusinya

Jika makanan lebih lama untuk dicerna, maka susu bisa menjadi pilihan untuk nutrisi yang berkualitas. Misalnya ANLENE GOLD PLUS. Susu ini diperkaya dengan berbagai kandungan bermanfaat. Misalnya, kalsium tinggi, kolagen untuk mengencangkan kulit. Juga, protein, kandungan serat yang tinggi serta sumber kalium. Semua ini diformulasikan TANPA PENAMBAHAN GULA. Karenanya, akan membantu wanita lebih aktif bergerak tanpa terganggu nyeri sendi.

Bagaimanapun juga, menopause merupakan siklus alami yang pasti terjadi jika usia semakin bertambah. Karenanya, yang perlu dilakukan adalah, tidak perlu stress. Serta, mengkompensasinya dengan olahraga yang teratur serta asupan gizi yang baik. Semoga bermanfaat dan salam sehat dan sukses selalu!


Anda membutuhkan jasa pembuatan website ? segera saja kontak lawang techno, majukan bisnis anda dengan website, lejitkan omset usaha anda dengan website dan rasakan ledakan profit bisnis anda, harga website sangatlah terjangkau
Harga Jayamix
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *