Durian Musang King, Darimana dan Cara Mengembangkannya

Durian Musang King, Darimana dan Cara Mengembangkannya

Durian musang king adalah buah durian yang berasal dari Malaysia yang bisa dikembangkan dengan baik di Indonesia. Caranya adalah seperti penjelasan dibawah.

Tetapi, sebelum membahas soal cara mengembangkannya, kita membahas dahulu mengenai durian ini,

Durian musang king populer di Singapura dan Malaysia. Di negara salnya, nama durian ini adalah mao shan wang atau raja kucing. Durian ini diperkenalkan pertama kali tahun 1990.

Pada tahun itu, di daerah tanah merah di Kelantan sempat heboh karena adanya durian yang berkualitas. Sejak saat itu, durian ini mulai dikembangkan dan terkenal karena kualitasnya yang terjaga. Durian yang bagus ini didaftarkan pemerintah Malaysia sebagai varietas durian ke 197 dan mendapat kode D-197.

Buah durian Musang King ini memiliki tekstur lembut, daging tebal dengan rasa manis dan sedikit pahit. Karena aromanya yang kuat, durian ini sulit melewati keamanan bandara. Di Indonesia, durian ini hanya ditemukan di supermarket – supermarket saja. Biasanya, dijual dalam kondisi beku.

Cara mengembangkan durian musang king

Buah durian ini baik tumbuh di daerah berketinggian 400 hingga 600 meter diatas permukaan laut ( DPL ). Meskipun begitu, bisa juga tumbuh di daerah yang ketinggiannya 1000 an meter DPL.  Durian menyukai tanah subur serta tempat – tempat basah. Serta, tempat yang kedalaman air tanahnya dangkal.

Karena harga durian ini tinggi, banyak yang ingin mebudidayakannya.

  • Persiapan lahan

Jika Anda berusaha menanam durian ini dalam jumlah banyak, maka langkah – langkah budidaya berikut semoga bisa membantu.

Gunakan lahan yang terkena sinar matahari langsung.

Lahan dibersihkan. Gulma serta tanaman yang berpotensi mengganggu harus disingkirkan.

Bisa segera membuat lubang – lubang untuk menanam dengan jarak antar lubang sekitar 2,5 m. Ukuran lubang tanam 100 cm X 80 cm.

Lubang disuburkan dengan pemberian kompos atau pupuk kandang.

Biarkan lubang terkena sinar matahari selama 3 hari. Penjemuran ini gunanya mematikan calon bakteri atau viruq yang berpotensi mengganggu tanaman durian.

Tanah yang digali dari lubang tersebut, masukkan kembali ke lubangnya. Gunanya supaya tanah bisa gembur.

  • Pemilihan bibit durian musang king

  • Cara memilih bibit durian musang king. Bibit dipilih yang sehat, tidak terlalu jangkung dan daunnya tidak rusak. Bibit bisa dibeli di petani bibit.
  • Pilih bibit dengan tinggi minimal 15 cm.
  • Setelah itu, bibit bisa langsung ditanam.
  • Saat penanaman, batang, akar dan daun jangan sampai rusak.
  • Buka polybag dengan hati – hati dan masukkan bibit beserta tanahnya ke lubang. Ketinggian yang ditimbun sama seperti aslinya di polybag.
  • Pemupukan dan penyiraman dilakukan di sekitar tempat penanaman.
  • Pemupukan perlu dilakukan secara teratur.
  • Area sekitar harus dibersihkan dari gulma dan hama.
  • Perawatan dan pemupukan durian musang king

Perawatan yang perlu dilakukan setiap hari.

Pemupukan rutin dan teratur dengan pupuk kompos atau NPK dengan takaran 1 sendok teh untuk 10 liter air. 1 liter untuk 1 bibit.

Pemupukan dengan pupuk kandang fermentasi dilakukan secukupnya. Sekitar 1 gayung saja. Jika berlebihan justru akan menghambat pertumbuhan.

Jika diserang ulat, semprot dengan pestisida fastak atau diazinon. Bahan produk ini bahkan bisa membantu pertumbuhan buah lebih cepat.

Membersihkan gulma dan tanaman pengganggu lainnya.

Melakukan teknik penanaman dengan meninggikan tanah pada area penanaman. Hal ini bisa membantu percepatan pertumbuhan.

  • Pemanenan buah durian musang king

Buah durian ini jika dirawat dan ditanam dengan benar, hasilnya akan berbuah pada umur 4 hingga 5 tahun.Selain itu, kita juga bisa mengembangkan durian ini supaya tumbuh hanya 3 atau 4 meter saja.

Inilah tulisan mengenai durian musang king, asal serta cara budidayanya. Sampai jumpa di artikel berikutnya. 4.67/5 (3)

Please rate this

Leave a Comment

Please disable your adblock for read our content.
Refresh