Cara Praktis Menaman Rumput Gajah Mini

Cara Praktis Menaman Rumput Gajah Mini

Tips praktis menanam rumput gajah mini untuk penghias taman dan halaman. Rumput gajah mini daunnya lebih besar dari rumput Jepang tapi harganya lebih murah. Untuk perawatan, termasuk mudah. bagaimanapun, rumput termasuk mudah ditanam.

Saat membelinya, harganya juga cukup murah. Pertengahan tahun 2018 harga rumput ini hanya dibawah Rp. 30.000 – per meter2.

Untuk penanaman, juga tidak terlalu memerlukan tenaga ahli.

Rumput ini secara umum mampu tumbuh dimanapun dan di jenis tanah yang bervariasi.

Cara menanam rumput gajah mini praktis

Cara menanam

Mencari lahan dengan pencahayaan matahari yang baik.

Tanah digemburkan dengan cangkul. Tanah dicangkul sedalam 15 sd 20 cm. Jika terlalu kering, bisa kita tambah pupuk kandang. Biarkan satu minggu sebelum ditanami.

Jika lahan / halaman kita tak bertanah, bisa kita urug dengan tanah khusus kebun. Jika membeli, kita biasanya mendapatkan tanah latosol ( tanah merah ).

Sebaiknya rumput gajah mini ditanam saat musim hujan. Rumput akan tumbuh sangat baik jika ada hujan.

Potong tanaman yang dibeli menjadi kecil – kecil / disobek. Ukurannya kira – kira 3 sd 5 cm.

Tanam ditanah dan tutup akarnya dengan tanah. Pukul – pukul perlahan rumput supaya akarnya benar – benar tertanam dengan kuat.

cara tanam rumput gajah mini

Untuk pola penanaman, bisa dibuat zig – zag supaya hasilnya optimal.

Rumput kita ratakan dengan tanah. caranya kita timbun dengan balok kayu. Setelah tanaman rata dengan tanah, kayunya bisa kita angkat.

Pemupukan

Jika diperlukan, pupuk NPK bisa diberikan saat umur rumputĀ  2 minggu. Pupuk juga bisa diberikan jika kita ingin pertumbuhan rumput lebih cepat.

Jika rumput ditanam di halaman yang banyak ayamnya, kita bisa tutup rumput dengan daun kelapa hingga umur 7 hari. Sebelum itu rumput bisa rusak jika dicakar ayam.

Perawatan

Rumput gajah mini biasanya rawan cakaran ayam saat awal. Selain itu juga rawan rusak jika terinjak. Saat awal yang akarnya belum kuat, hindarkan rumput dari masalah – masalah seperti itu.

Penyiraman juga diperlukan 2 kali sehari saat pagi dan sore. Penyiraman sebaiknya menggunakan semprotan halus supaya merata.

Jika ada rumput liar, maka perlu dicabut. Rumput liar tentunya akan merusak pemandangan.

Rumput gajah mini secara umum mudah tumbuh seperti halnya rumput – rumput lainnya. Rumput ini juga cocok berada di hampir semua jenis tanah.

Tanah ultisol

Jenis tanah yang humusnya tinggi. Tentunya baik untuk rumput.

Tanah berpasir

Kita bisa menggunakan media tanah campur tanah pasir 2 banding 1 bagian. Tanah pasir ini membuat tanah bersifat porous atau memiliki pori – pori dan bagus untuk rumput.

cara tanam rumput gajah mini 1

Tanah gembur

Tanah gembur tentunya baik untuk pertumbuhan tanaman dan juga rumput. karenanya, kita juga perlu gemburkan tanah sebelum ditanami rumput gajah mini.

Itulah sedikit tulisan tentang cara bertanam rumput gajah mini. Semoga bermanfaat. 5/5 (1)

Please rate this

Leave a Comment

Please disable your adblock for read our content.
Refresh