cara merawat murai batu supaya gacor 1

Cara Merawat Murai Batu Supaya Gacor

Posted on

Panduan perawatan untuk mendapatkan murai batu supaya kicauannya gacor dan durasinya panjang.

Burung juga memiliki keperluan untuk dirawat seperti makhluk lain. Jika diperlakukan dengan baik, maka burung akan tumbuh baik dan menghasilkan suara yang bagus.

Beberapa perawatan wajib untuk burung murai batu supaya gacor

  • Melakukan pengembunan

Pengembunan dikenal juga dengan mengangin – anginkan burung saat pagi. Biasanya burung dianginkan saat selama 30 menitan sebelum dimandikan. dengan cara ini burung bisa beradaptasi lebih baik dengan lingkungan.

  • Memandikan burung

Pemandian ini bertujuan menjaga kondisi fisik dan menjauhkan burung dari penyakit.

Memandikan burung biasa dilakukan dengan semprotan atau cepuk.

  • Rutin membersihkan kandang

Kotoran di dalam kandang perlu dibersihkan 1 kali sehari minimal. Air minum juga perlu diganti. Selain itu tempat minum dan makan juga perlu rutin dicuci. Dikeringkan dan baru dipergunakan lagi.

  • Pemberian pakan yang tepat

Setiap pagi dan petang kita perlu memberi makan jangkrik sebanyak 5 ekor. Letakkkan pakan di dalam cepuk. Kroto juga perlu sebagai tambahan asupan makanan 1 minggu sekali.

cara merawat murai batu supaya gacor 2

  • Menjemur burung

Penjemuran perlu rutin dilakukan serta jaga supaya murai tidak melihat murai lain. Waktu yang baik untuk penjemuran adalah jam 07.00 padi hingga 10.00 pagi.

  • Istirahat

Setelah dijemur perlu mengangin – anginkan burung 10 menit sebelum kembali ke kandang.

  • Memahami karakter burung

Porsi makan, kebiasaan sehari – hari atau jenis makanan favorit termasuk hal yang perlu difahami saat sebelum melakukan perawatan, pemasteran dsb.

  • Pemasteran burung murai

Waktu pemasteran yang bagus adalah jam 10 pagi sampai jam 16 sore. Durasi pemasteran sekitar 15 menit sehari atau disesuaikan dengan keperluan Anda.

cara merawat murai batu supaya gacor

  • Memberikan lingkungan yang nyaman

Sebisa mungkin kita meniru sangkar supaya kondisinya mirip dengan kondisi lingkungan aslinya. Salah satunya adalah dengan menambahkan ranting kedalam sangkar.

Burung murai batu adalah salah satu burung dengan kicauan indah dan disukai banyak penggemar burung. Memiliki burung murai batu dan sekaligus melatihnya menjadi bagus akan menjadi saat menyenangkan.

Jika murai batu bisa berkicau gacor dan juga dengan durasi lama, mungkin bisa kita ikutkan ke lomba. Tetapi, jika tidakpun, di rumah akan terdengar kicaua yang indah.

Cari :

5/5 (1)

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *