Cara Merawat Anakan Kenari

Cara Merawat Anakan Kenari

Pada usia dini/awal untuk anakan kenari: 30 – 60 hari, merupakan usia yang masih rawan walaupun sudah mandiri untuk makan sendiri karena sudah terpisah dari indukan betinanya. Karena itu, beberapa hal penting memang harus lebih diperhatikan agar kesehatan & keberlangsungan hidup anakan bisa tetap terjaga sampai besar/dewasa.
Dibawah ini merupakan cara merawat anakan pada usia dini tersebut, disesuaikan dengan kondisi perawatan awal, waktu akan dibagi dalam 2 waktu, yaitu pagi dan sore.atau bisa di sesuaikan dengan kesibukan masing2.yang intinya setiap hari harus ada perwatan minimal 1x.

PAKAN ANAKAN:

1. Kita bisa memberikan makanan telur puyuh rebus yang matang.karena piyekan biasanya lebih suka makan telur rebus daripada bijian.
Dan telur ini juga membantu dalam pertumbuhan piyekan karena mengandung banyak protein.

2. Berikan juga jagung muda/manis, bisa dicacah dulu bagian kulit luarnya (agar bisa lebih mudah anakan memakannya).

3. Selain itu, kita juga bisa memberikan sayuran bisa Selada ataupun Sawi Ijo setiap pagi telur puyuh, buah & sayur harus selalu diganti dengan yang baru),
Biyar tidak bosan bisa selingi sayuran yang lain seperti bayam,krokot,daun mengkudu muda,brokoli,oyong/gambas/ceme dll

4. Pakan bijian bisa memakai pakan yang tersedia di pasaran.merk bebas sesuai selera masing2 aja.ato mungkin pakan kiloan juga bisa,tp ingat kalo pake pakan kiloan harus di bersihkan dan di cuci dulu ya😁😁😁
Kalo saya pake HOKI CANARY FOOD JANTAN untuk piyek jantan.hasilnya bisa dilihat pada video di bawah.😀😀😀

Kebersihan , mandi dan jemur pagi
1. Setelah pakan lengkap telah beres diberikan, lalu selanjutnya bisa mulai pembersihan sangkar, ganti alas koran dengan yang baru, intinya bersih-bersih sangkar pada umumnya.

2. Khusus untuk mandi piyek, berikan air pada cepuk mandi aja.biyar piyek mandi sendiri secara naluriah.usahakan jangan dipaksa mandi dengan di semprot karena piyek itu kondisi tubuhnya masih rentan sakit.

3. Sekitar jam 7 pagi semua sudah beres, lalu sudah bisa melakukan penjemuran. Cukup 15-30menit saja & diusahakan jangan lebih dari jam 9 pagi karena panasnya sudah mulai beda, yang penting penjemuran ini bisa dilakukan setiap pagi/rutin,

4. Selesai dijemur jangan lupa untuk anginkan dulu di tempat yang teduh sebentar, 15 – 30 menit saja. Setelah itu bisa dimasukan ke dalam ruangan rumah yang sirkulasi udaranya bagus serta nyaman.kalau taruh diluar rumah pastiakan kondisinya yang sejuk dan aman dari gangguan hawan lain ato tangan2 jail dan jahat.

5. Selanjutnya proses mastering.
Nah pada waktu ini, jika mau dimasteri dengan kicauan burung lainnya (Ciblek, BT, Prenjak, dllnya) itu bisa dilakukan. Atau cukup ditempel dengan Kenari yang dewasa yang sudah gacor, agar naluri berkicau (ngeriwik) nya cepat keluar.

Sore bisa di sesuaikan dengan kesibukan.
1. Buka kerodong (jika dikerodong) sangkar anakan pada waktu sore ini lalu bisa anginkan dulu sebentar 15 menit sebelum melakukan bersih-bersih sisa pakan,

2. Sangat disarankan -> Semua sisa telur puyuh (*sudah bau), buah & sayur (*sudah layu) yang pada jam PAGI diberikan, pada waktu sore diangkat/diambil dari dalam sangkar. Hal ini kita lakukan agar anakan kenari tidak memakan sisa pakan yang sudah basi/layu/berbau busuk, jadi anakan kenari kesayangan kita bisa selalu sehat.serta menghindari serangan tikus saat malam hari.karena bau dari telur itu sangat di sukai tikus.

3. Setelah itu bisa dikerodong biarkan anakan kenari beristirahat sampai keesokan paginya lagi.Jangan menunggu gelap baru dikerodong, karena cuaca tidak menentu, biasanya cuaca/terpaan angin sudah dingin, anakan kenari bisa sakit (nafas, masuk angin, dllnya).

Cari :

Leave a Comment

Please disable your adblock for read our content.
Refresh