cara menanam tomat supaya hasilnya

Cara Menanam Tomat yang Cepat Berbuah Lebat

Cara menanam tomat baik di lahan besar hingga di polybag. Cara lengkap menanam tomat yang cepat berbuah dan cepat besar serta banyak buahnya.

Menanam tomat sebenarnya ada beberapa macam cara. Yang jelas, semua ini termasuk praktis untuk dilakukan di lapangan. Menanam tomat juga bisa dilakukan baik di lahan pertanian hingga menanam di polybag atau pot di pekarangan.

Syarat hidup tomat

Secara umum, tomat adalah tanaman yang cocok untuk udara bersuhu 20 sd 27 derajat Celcius.  Curah hujan di daerah tersebut sekitar 750 sd 1250 mm setiap tahun.

Tomat sendiri sebenarnya termasuk sayuran. meskipun strukturnya adalah struktur buah.

Ketinggian lahan yang cocok adalah antara 0 sd 1500 meter Diatas Permukaan laut / DPL.

Selain itu, tomat juga memerlukan tanah dengan PH antara 5 sd 7.

Tanaman tomat sebenarnya bisa tumbuh hingga tinggi 3 meter. Tetapi, tanamn budidaya dibatasi ketinggiannya hanya 2 meter saja. Alasannya tentu supaya tidak mudah roboh. Juga, lebih mudah dijangkau. Untuk penanaman di kebun, kita bisa membatasi ketinggian tomat dengan menggunakan ajir atau tali. Sekaligus, bermanfaat supaya tanaman tidak mudah roboh.

Saat ini diketahui ada 400 lebih varietas tomat yang dibudidayakan. Secara khusus, ada beberapa varietas yang hanya cocok ditanam di dataran tinggi. Misalnya  varietas tomat mutiara, berlian, dan kada. Sebaliknya, ada beberapa yang hanya cocok ditanam di lahan di dataran rendah seperti intan, ratna, dan CLN. Jika Anda mencari varietas yang cocok ditanam di dataran rendah dan tinggi, maka bisa mencari varietas GH2 dan GH4.

Baca Juga >  Tips Cara Membuat Hidroponik Paralon untuk Sayuran

Tanaman tomat ini bisa dibudodayakan di berbagai jenis media. Misalnya lahan terbuka, pot, polybag vertikultur dan hidroponik.

cara menanam-tomat-dalam-polybag

Sumber: bibitbunga.com

Cara budidaya tomat di Polybag

Untuk saat ini, kami menjelaskan cara menanam tomat di polybag.

  • Memilih bibit tomat

Sebelumnya, kita memilih varietas tomat yang akan kita tanam. Silahkan memilih sesuai ketinggian lahan yang akan ditanam. Selain itu, bisa juga memilih berbagai jenis yang disukai.

  • Tomat Buah

Atau dikenal juga sebagai tomat Granola. Bentuknya bulat dengan pangkal datar. rasanya lebih terasa manis.

  • Tomat Gondol

Berbentuk lonjong. Biasanya tomat ini dipergunakan untuk membuat saus.

  • Tomat Sayur

Teksturnya keras serta rasanya juga tidak manis tetapi asam.

  • Tomat Cherry

Tomat ini kecil dan rasanya merupakan kombinasi seperti tomat buah dan sayur.

  • Media tanam

Media tanam biasanya berupa campuran tanah, kompos dan arang sekam. Perbandingan yang dianjurkan 2: 1 : 1. Jika kita membuat media ini beberapa hari sebelumnya, maka mineral dalam kompos bisa lebih menyatu dalam tanah yang dipergunakan.

  • Menyemaikan benih tomat

Jika benih kita semaikan di kebun, bisa kita buat bedengan – bedengan. Tujuannya supaya benih tidak terendam air hujan. Untuk tempat persemaian, usahakan tempatnya tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Penyiraman perlu dilakukan teratur supaya tanah / tempat menyemai selalu lembab. Penyiraman ini perlu dilakukan saat pagi serta petang.

Setelah 14 hari, maka bibit bisa mulai kita pupuk. Kita juga bisa memupuk dengan kompos atau pupuk buatan pabrik. Bibit ini baru akan siap ditanam jika umurnya mencapai 1 bulan.

cara menanam-tomat dalam pot

Sumber: bibitbunga.com

  • Memindah tomat ke pot / polybag

Untuk Anda yang menanam di pot atau polybag, maka media tanam bisa dimasukkan ke pot / polybag. Untuk memindahkan, perlu hati – hati. Akar tanaman jangan sampai rusak. Jika memungkinkan, tanah kita siram terlebih dahulu supaya bibit lebih mudah diambil.

Baca Juga >  Terungkap, Jenis - Jenis Pupuk Kelapa Sawit yang Sering Digunakan

Bagi yang melakukan persemaian di pot / polybag kecil, maka plastik polybag bisa langsung disobek. Kemudian, langsung dimasukkan ke pot / polybag lebih besar. Jadi, tanah yang lama juga ikut dipergunakan di pot yang baru.

Untuk tanaman seperti tomat, kita perlu menyediakan tongkat penopang batang. Tujuannya supaya tanaman tetap tumbuh keatas. Penyangga ini akan terasa makin penting saat buah tomat sudah mulai muncul dan tanaman mulai lebih berat.

Saat baru dipindahkan, kita perlu menyiramnya secara rutin di beberapa hari pertama. Setelah waktu ini, kita bisa menyiramnya 2 hari sekali. Tomat adalah tanaman yang reltif tidak terlalu memerlukan air. Supaya buah tomat tumbuh lebih cepat, maka kita perlu memangkas tunas yang baru tumbuh.

1 / satu minggu setelah dipindah, kita bisa memupuk tomat kembali dengan kompos. Untuk setiap pot atau polybag hanya memerlukan sekitar 1 genggam pupuk saja.

  • Hama dan penyakit

Jika ada tanaman yang terserang penyakit, bisa kita cabut. Jika yang terkena daun, bisa dipetik dan dimusnahkan. Yang jelas, jangan sampai menular ke tanaman lain.

Jika memang penting, bisa saja menggunakan pestisida alami untuk mengatasinya.

  • Pemanenan

Pemanenan tomat lumayan cepat. Waktunya tidak sampai 100 hari. tanaman ini warnanya akan berubah kekuningan jika siap dipanen. Tetapi, memang umur masing – masing buah berbeda. Karena, saat buah muncul juga berbeda – beda.

Sekian cara membudidayakan / menanam tomat di pot atau polybag supaya banyak hasilnya. Semoga bermanfaat dan salam sehat dan sukses selalu!.


Anda membutuhkan jasa pembuatan website ? segera saja kontak lawang techno, majukan bisnis anda dengan website, lejitkan omset usaha anda dengan website dan rasakan ledakan profit bisnis anda, harga website sangatlah terjangkau
Baca Juga >  Terungkap, Jenis - Jenis Pupuk Kelapa Sawit yang Sering Digunakan

Harga Jayamix
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *