cara-merawat-ikan-mas-koki-ranchu

Cara Memelihara Ikan Mas Koki dan Tipe Ikan Mas Koki

Posted on

Tips cara memelihara ikan mas koki yang membuat ikan tetap sehat dan indah dilihat. Plus beberapa jenis ikan mas koki yang menarik untuk dipelihara.

Ikan ini termasuk tidak mahal harganya tetapi indah dipandang. sebenarnya ada beberapa cara merawat ikan mas koki ini supaya tidak cepat mati atau sakit.

Alat dan Bahan Perawatan Ikan Mas Koki

  • Aquarium

Akuarium dipilih karena ikan ini ukurannya relatif kecil. Selain itu dinding kacanya cocok untuk dipandang secara langsung.

Tetapi, akuarium tidak menyediakan oksigen yang mudah untuk ikan. jadi kita sebaiknya melengkapinya juga dengan pompa aerasi atau membeli akuarium dengan bagian atas yang besar.

  • Menggunakan filter

Ikan mas koki termasuk banyak mengeluarkan kotoran. Jika tidak ada filter, maka kotoran akan mudah berubah menjadi racun dan membuat ikannya bisa mati. Filter ini sebaiknya diganti minimal 1 kali seminggu. Tetapi kita juga perlu mempertimbangkan ukuran akuarium dan jumlah ikannya.

  • Dekorasi

Akuarium yang hanya berupa kaca saja pasti lama – lama akan terkesan membosankan. Jadi, kerikil, batu dan tanaman air juga dibutuhkan sebagai dekorasi. Selain sebagai dekorasi, tanaman air juga bermanfaat supaya kebutuhan oksigen di akuarium bisa dicukupi.

Tetapi, batu dan kerikil ini sebaiknya dicuci bersih sebelum dipergunakan. Ini supaya batu dan kerikilnya tidak membawa bibit penyakit atau racun ke akuarium.

Selain oksigen, tanaman air bisa menghilangkan kadar amonia dalam air. Amonia ini bisa diakumulasi oleh bahan lain tetapi kadar toleransi amonia di akuarium sebenarnya nol persen ( 0% ).

  • Menetralisir asam

Kita bisa menetralisir asam di air dengan obat tertentu. Jadi, secara berkala keasaman air akuarium sebaiknya dicek juga.

  • Makan

Pemberian makan harus teratur dan jangan berlebihan. Sisa makanan hanya akan mengotori akuarium dan menimbulkan penyakit untuk ikan mas koki kita.

Jenis – Jenis Ikan Mas Koki

Ikan mas koki memiliki jenis berbeda. Meskipun begitu, seringkali kita tidak terlalu peduli. Kita hanya membeli ikan yang menurut kita menarik tanpa merasa perlu mengetahui jenisnya.

Tetapi bagi yang ingin tahu jenis ikan koki, ini ada beberapa jenis yang populer untuk dipelihara.

  • Ikam mas koki jenis Ranchu

Ikan ini termasuk ikan favorit. cirinya adalah sirip yang kecil dibandingkan tubuhnya. Ikan mas koki lainnya memiliki sirip yang terkadang lebih besar dari tubuhnya. Selain itu, warna ikan ini juga seringkali kuning pucat dengan kepala merah.

cara-merawat-ikan-mas-koki-ranchu

  • Ikam mas koki Black Moor

Ikan mas ini memiliki badan dengan warna hitam dan mata yang besar. selain itu siripnya juga berukuran besar.

cara-merawat-ikan-mas-koki-black-moor

  • Ikan mas koki Shubunkin

Ikan ini ditandai dengan badannya yang ramping atau langsing. Ikan mas koki lainnya memiliki badan bulat yang lucu. Ikam mas koki Shunbunkin badannya langsing. Selain itu, ciri lainnya adalah warnanya yang cerah.

cara-merawat-ikan-mas-koki-shubukin

  • Ikan mas koki Ryukin

Ikan mas ini dikenal dengan sirip yang super besar dan bentuknya menarik. Jika Anda penyuka ikan koki dengan sirip yang melambai indah, itu adalah ikan mas koki jenis Ryukin.

cara-merawat-ikas-mas-koki-ryukin

Inilah sedikit artikel tentang jenis ikan mas koki dan cara perawatannya. 5/5 (2)

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *