Cara Membuat Pupuk Organik dengan kulit pisang

Cara Membuat Pupuk Organik dengan kulit pisang

Selain enak dan bikin sehat,.kulit pisang itu juga banyak manfaatnya lho. Bisa untuk kesehatan, perawatan wajah, kulit pisang juga bisa kita manfaatkan untuk menyuburkan tanaman kita. Terutama buat temen-temen yang bertanam konvensional dikebun depan rumah.

Ada penelitian mengatakan bahwa kulit pisang ini mengandung 25% P dan 42% K. Jadi dia bisa digunakan sebagai sumber potasium / Kalium untuk tanaman. Dia bisa bikin pembungaan tanamanmu meningkat dan juga menguatkan perakaran tanaman. Ya udah nggak usah lama-lama yah intronya
Yuk kita bahas aplikasi dan pembuatannya…

1. Resep satu, untuk pupuk organik cari kulit pisang.

Blender kulit pisang dengan perbandingan air dan kulit pisang adalah 1 : 1. Setelah itu, campur larutan kulit pisang tadi dengan larutan gula dan EM4. Setelah itu, larutan didiamkan selama 3 hingga 4 hari sehingga terjadi proses fermentasi. Setelah hari ke -5, pupuk organik dari kulit pisang sudah siap untuk digunakan.

2. Resep dua, untuk pupuk organik cari kulit pisang.

Masukkan kulit pisang ke dalam ember yang berisi air dan didiamkan beberapa hari. Tunggu sampai air berubah warna mejadi seperti teh. Kemudian siramkan ke sekitar tanaman. Ekstrak kulit pisang kaya akan mineral yang dapat membantu tanamanmu menjadi lebih kuat.

3. Campuran media tanam.

Keringkan kulit pisang dengan sinar matahari selama beberapa hari hingga berwarna hitam. Jika masih agak basah, kamu bisa oven atau sangrai hingga kulit benar-benar kering. Setelah itu tumbuk hingga halus. Simpan rapat dalam botol kaca, jangan sampai lembab gaes, nanti berjamur.
Cara Pakainya untuk POC Larutkan 4 sdm pupuk organik cair per 1 Liter
air. Lalu siram ke sekitar tanaman. Untuk Media Tanam, campurkan kulit pisang yang sudah dihaluskan ke dalam media tanam, dengan perbandingan 1:4.

Rate this post
Baca Juga >  Cara membuat POC dan kompos sendiri dari limbah dapur
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *