Cara Efektif Membasmi Hama Kutu Kebul

Cara Efektif Membasmi Hama Kutu Kebul

Inilah cara membasmi hama kutu kebul yang terkenal bandel jika disemprot pestisida.

Hama kutu kebul adalah hama yang bisa membuat tanaman menjadi kerdil dan tidak tumbuh maksimal. Tanaman yang terserang, daunnya dipenuhi kutu ini yang berwarna putih dan akhienya menjadi kering. Jika tidak ditanggulangi, pertumbuhan tanaman tidak akan mencapai maksimal atau bahkan tumbuhnya tanaman dan buah menjadi kerdil.

Kutu kebul ( whitefly atau Bemicia Tabaci ) aslinya biasa menyerang tanaman kedelai. Tetapi tentunya sangat bisa menyerang tanaman lainnya. Melon, kacang tanah atau yang lainnya juga bisa diserang. Tingkat gagal panennya bisa mencapai 100%. Jadi sangat merusak dan merugikan.

Jika suatu daun dipenuhi bintik putih yang halus, maka ada kemungkinan itu adalah kutu kebul. Jika disentuh, kutu ini beterbangan seperti kabut atau kebul ( asap dalam bahasa Jawa ).

Meskipun saat ini musim hujan, kutu kebul tetap bisa menyerang. Meskipun begitu, siklus hidupnya akan cepat saat mulai musim kemarau dan di dataran rendah.

Selain menyerang langsung, kutu kebul bisa menularkan penyakit virus kuning. Yang menakutkan lagi, jika telah menularkan virus kuning, maka seumur hidup kutu ini akan menularkan virus kuning ( gemini virus).

Jika menyerang tanaman cabai, maka daun cabai menjadi kuning di sekitar tulang daun. Setelah itu, urat daun juga ikut menjadi berwarna kuning ( vein clearing). Setelah itu, corak daun berubah menjadi mozaik atau berwarna kuning.

Jika lebih parah lagi, maka ujung daun menguning, mengkerut dan lebih kecil serta lebih tebal.

Hal ini menyebabkan daun kekurangan klorofil dan fotosintesa terganggu. Yang pasti, buah bisa gagal diproduksi atau ukurannya sangat kecil.

Jika menyerang tanaman kacang tanah, kutu kebul juga merusak daun kacangnya.

Kutu kebul merusak daun karena menghisap cairan di dalam daun berupa makanan untuk tumbuhan yaiyu gula dan asam amino.

cara membasmi hama kutu kebul

Jadi daun kacang akan terlapisi lapisan gula dan membentuk jelaga hitam.

Selain itu, bekas tusukannya akan menghasilkan kerutan pada daun.

Cara membasmi hama kutu kebul

Ada beberapa cara pembasmian kutu kebul yang efektif namun sederhana jika diterapkan.

  • Menggunakan irigasi model sprinkler ( air curah ).

Irigasi model ini sangat efektif merusak telur – telur kutu di daun. Juga menghanyutkannya. Jadi, jika musim hujan tiba, serangan kutu kebul secara alami akan berkurang.

  • Menggunakan perangkap kuning

Serangga seperti kutu kebul tertarik dengan warna kuning. Jadi kita bisa menggunakan papan bercat kuning yang diolesi dengan oli.

Untuk harga lebih hemat, kita bisa gantikan papan dengan kertas kuning yang diolesi oli.

  • Tanaman penghalang

Tanaman penghalang seperti jagung bisa diaplikasikan karena kutu kebul akan memilih bertelur di bulu – bulunya. Jadi tanaman utama bisa terhindar dari hama ini.

Menggunakan ketiga cara tadi bukan berarti tidak perlu menyemprot pestisida lagi. Jika terpaksa, pestisida juga perlu kita gunakan untuk hasil pembasmian kutu kebul yang lebih menyeluruh.

Inilah sedikit cara membasmi hama kutu kebul yang efektif. Jika sekedar disemprot pestisida, hama ini ada yang sulit dibasmi. Tetapi, memang kutu kebul pada daun itu tampak lemah, halus jika kita pegang dan sentuh.

cara membasmi hama kutu kebul

Jadi, semprotan tanaman model sprinkler bisa mengganggu kehidupan mereka.

Cari :

5/5 (3)

Please rate this

Leave a Comment


harga jasa pembuatan taman, jasa perawatan taman jogja, harga pembuatan taman jogja, taman minimalis, jasa perawatan taman jogja, harga jasa pembuatan taman
tukang taman jogja