Cara Budidaya Tanaman Jahe Merah dengan Praktis dan Mudah

Cara Budidaya Tanaman Jahe Merah dengan Praktis dan Mudah

Cara budidaya tanaman jahe merah sebenarnya praktis dan mudah. Tetapi memang ada beberapa hal yang perlu diketahui seperti berikut.

Tanaman jahe merah berbeda dibandingkan tanaman jahe gajah atau jahe emprit.

  • Jahe merah seperti warnanya berwarna merah mirip dengan lengkuas.Dibanding jahe gajah, ukran jahenya / ukuran rimpang lebih kecil dengan ruas agak menggelembung serta rata.
  • Jahe gajah sesuai namanya adalah jahe versi besar dengan rimpang yang besar dan gemuk. Warna jahenya putih kekuningan.
  • Jahe emprit. Ini adalah jahe kecil dengan aroma dan rasa yang kurang kuat dibanding jahe lainnya. Tetapi tetap sering digunakan sebagai bahan minuman atau sebagai bumbu.

Secara umum, jahe dipergunakan sebagai herbal hingga bumbu dapur dan minuman. Jahe telah lama diketahui berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit seperti batuk dan pilek ( sakit radang tenggorokan ). Selain itu, memang jahe juga terkenal sebagai minuman hangat yang enak.

Selain manfaat diatas, ada juga manfaat jahe yang agak jarang diketahui secara umum:

  • Meredakan nyeri dan peradangan.
  • Menghilangkan jerawat jika sari jahe ditempelkan ke wajah yang terkena jerawat.
  • Melawan sel kanker dan rasa sakit saat kemoterapi
  • Jika digunakan secara teratur bermanfaat menurunkan kolesterol
  • Merangsang pertumbuhan rambut sekaligus bisa mencegah rambut rontok. Jika parutan jahe dicampur minyak zaitun, maka bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe.
  • Membantu melancarkan peredaran darah.
  • Aroma atau bau jahe bisa menurunkan stress. Kandungan¬†gingerol bermanfaat memberantas bahan kimia berbahaya dalam tubuh.

cara budidaya menanam jahe merah 1

Cara budidaya tanaman jahe merah

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat penanaman jahe merah.

  • Persiapan lahan

Lahan untuk jahe adalah lahan dengan curah hujan antara 2500 hingga 4000 mm per tahun. Suhu udara yang diminta adalah 25 hingga 35 derajat celcius. . Untuk jenis tanahnya, adalah tanah yang gembur dengan banyak humus.

Tanaman jahe tidak menyukai daerah gersang, berbatu serta tidak suka daerah dengan sedikit kandungan air.

Sebaliknya, daerah pegunungan yang dingin juga tidak cocok untuk tanaman jahe.

Saat jahe merah berumur 1,5 hingga 7 bulan, jahe perlu sinar matahari yang banyak.

  • Pemilihan bibit dan persiapannya

Bibit yang baik akan selalu besar ukurannya, kulit rimpang berwarna cerah serta halus.

Bibit yang baik bisa didapat di toko pertanian. Bibit yang baik sudah diseleksi sebelumnya. Jika menggunakan bibit dari jahe yang dijual di pasar, kita tidak tahu kualitasnya.

Sebelum ditanam, jemur bibit terlebih dahulu tetapi jangan sampai kering. Kemudian, bibit disimpan selama 1 hingga 1,5 bulan di ruangan bersuhu sedang dan jangan tersiram air. Jahe adalah tanaman yang mudah busuk jika basah.

Bibit perlu dipotong dengan setiap potongan memiliki 3 hingga 5 mata tunas. Alat yang dipakai memotong pun harus bersih dan tidak membawa penyakit kepada bibit.

Masukkan bibit ke dalam larutan fungisida dan zat pengatur 1 hingga 2 menit. Fungisida ini berfungsi melindungi bibit dari kebusukan.

Nah, sekarang, bibit dikeringkan lagi.

cara budidaya menanam jahe merah 1

  • Proses penyemaian bibit jahe

Penyemaian dilakukan di peti kayu. Dasar peti diberi sekam padi atau abu gosok. Bibit jahe merah diletakkan diatasnya dan ditutup sekam atau abu gosok. Ulangi sesuai kebutuhan.

Bibit ini sebaiknya memiliki alas berupa tutup dari jerami atau alang – alang. Jika suhu menjadi panas, bibit perlu disiram secara teratur.

selama disemaikan, hindarkan bibit dari sinar matahari secara langsung. Proses penyemaian ini perlu waktu antara 2 hingga 4 minggu.

Jika tinggi tanaman sudah mencapai 10 cm dengan 3 atau 5 helai daun, inilah saatnya bibit dipindah ke media tanam.Untuk 1 rimpang jahe, akan menghasilkan bibit 2 hingga 4 batang

  • Persiapan media tanam jahe merah

Jahe merah bisa langsung ditanam, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Lahan tanam adalah lahan terbuka

Kita perlu menyiangi lahan jika berniat untuk menggunakan toko tadi.

Lahan harus bersih dari gulma, digemburkan dan diberi pupuk “Bokashi” atau pupuk kompos.

Jarak tanam adalah 50 X 50 CM atau 30 X 40 cm.

Untuk mendapatkan hasil panen yang lebih baik, gunakan cara menanam yang pertama. Pemupukan perlu dilakukan 3 kali sebelum jahe merah dipanen.

Untuk penanaman dalam karung / polybag, bisa menggunakan pupuk Bokashi. Pupuk terakhir ini memang kurang dikenal, tetapi pupuknya sendiri bagus.

  • Mengendalikan hama

Untuk menanggulangi serangan hama, harus menggunakan insektisida, fungisida dan hebisida alami dan bersifat ramah lingkungan.

Jika tidak menggunakan produk yang ramah lingkungan, maka bisa menimbulkan sisa bahan beracun pada tanaman saat dikonsumsi.

  • Masa panen jahe merah

Jahe merah ini ternyata adalah umbi yang tumbuhnya lama. Panen, biasanya dilakukan saat usia tanaman 10 hingga 12 bulan. Seperti halnya tanaman jagung, jahe dipanen jika daunnya tampak kering dan musnah.

Bagi yang menanam di media karung bekas dan polybag, desainnya tidak berubah. Tetapi, cara pemanennannya jelas berbeda. Untuk yang berada di tanah terbuka, panen dilakukan dengan menggunakan sekop supaya rimpang tidak rusak.

Jika sudah diangkat dari tanah, jahe merah perlu dibersihkan dan sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu. 5/5 (1)

Please rate this

Leave a Comment

Please disable your adblock for read our content.
Refresh