Cara Budidaya Kacang Hijau Sederhana tapi Sukses

Cara Budidaya Kacang Hijau Sederhana tapi Sukses

Saat kita SD, kita mungkin diajari menanam pohon dengan biji kacang hijau di gelas aqua kecil. Kita diminta mengamati pertumbuhan kacang dan kecambahnya serta akhirnya, membawa tanaman kita ke sekolah saat daunnya mulai terlihat.

Bagaimana jika sekarang kita belajar cara menanam kacang hijau dalam skala budidaya? Skala ini tentunya skala yang lumayan besar dan bisa menghasilkan uang.

Cara budidaya kacang hijau sederhana tapi sukses

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan jika kita ingin penanaman kacang hijau kita berhasil.

  • Media tanam

Media tanam sangat penting untuk setiap tanaman. Media ini menyediakan unsur hara untuk tanaman dan akan digunakan tanaman untuk tumbuh. Pemilihan media tanam yang baik akan menjamin pertumbuhan tanaman yang baik.

Media tanam yang biasa digunakan sederhana saja, yaitu tanah. Sekarang, kita memilih tanah yang baik untuk pertumbuhan si kacang hijau kita.

Tanah yang baik untuk si kacang hijau ini adalah yang banyak kandungan zat organiknya. Untuk kadar keasaman tanah, yang diminta oleh kacang hijau adalah tanah dengan keasaman PH 5,8 hingga 7. Tetapi, yang ideal memiliki PH 6,7.

Tanah yang baik untuk kacang hijau juga perlu tanah yang mudah menyerap air. Jadi ketika dialiri air, air cepat diserap tetapi tidak menggenangi tanaman. Pohon kacang hijau bisa membusuk jika tergenang air.

Karena tidak suka tergenang air, maka musim tanam kacang hijau yang terbaik adalah musim kemarau. Ini karena intensitas hujan dan air tidak akan berlebih.

cara menanam pohon kacang hijau 1

Kesimpulan tanah yang baik untuk kacang hijau:

  1. Tanah berdrainase.
  2. Tanah kaya zat organik.
  3. Tanah ber PH 6,7.

Untuk selanjutnya, yang perlu dilakukan untuk membudidayakan kacang hijau yang baik adalah:

  • Memilih dan mengolah benih kacang hijau

Benih kacang hijau yang baik bertahan hidup lebih lama dibanding benih yang buruk.

Memilih benih yang baik penting karena lebih untung dan memudahkan kita.

Ada banyak varietas kacang hijau yang bisa ditanam. Pilihannya ada gelatik, merak, walet, nuri dan sebagainya. Pilihan ini lebih baik ditanyakan kepada ahli pertanian sekitar atau mereka yang berpengalaman. Ini karena setiap benih bisa jadi perlu kondisi lahan tertentu.

Jika tanah kita belum pernah digunakan untuk menanam kacang hijau, maka benih perlu diinokulasi terlebih dahulu. Inokulasi bisa dilakukan dengan menggunakan bakteri rhizobium. Inokulasi ini mempermudah kacang hijau beradaptasi dengan tanah yang “asing” atau belum pernah digunakan untuk bertanam kacang hijau sebelumnya.

  • Menanam kacang hijau

Untuk musim, kembali kita sebutkan bahwa musim kemarau adalah musim tanam yang paling baik dengan hasil paling banyak dan bagus.

Kacang hijaunya sendiri ada 2 macam dari sisi penanamannya. Yang pohon kacang hijaunya bercabang perlu jarak tanam 40 X 20 cm. Yang pohonnya tidak bercabang perlu jarak tanam 30 X 10 cm.

Buat lubang dengan kedalaman secukupnya. Isi dengan 2 hingga 3 biji kacang hijau. Tutup dengan pupuk.

Pemupukan dengan pupuk organik sangat baik dilakukan. Tetapu pupuk seperti pupuk urea dan PPC sangat membantu kacang hijau tumbuh dengan cepat.

Setelah biji dan pupuk dimasukkan, lubang diisi dengan tanah dan dipadatkan.

Resume: Cara menanam pohon kacang hijau

  1. Sangat disarankan ditanam di musim kemarau
  2. Melubangi tanah dengan jarak sesuai jenis kacang hijau bercabang atau tidak bercabang.
  3. Biji diisi 2 hingga 3 buah per lubang.
  4. Lubang diberi pupuk organik atau Urea atau PPC.
  5. Ditutup tanah dan dipadatkan supaya hama tidak masuk.
  • Pemupukan

Pemupukan juga dilakukan saat tanaman berumur 2 minggu dengan pupuk POC NASA. Pemupukan perlu dilakukan rutin 2 minggu sekali.

Tetapi, cara pemupukan saat awal penanaman dan saat berbunga berbeda. Jika saat awal pupuk kita semprotkan, maka saat berbunga pupuk kita siramkan.Penyemprotan akan merusak bunga kacang hijau. Pada akhirnya, penyerbukan jua ikut terganggu.

cara budidaya kacang hijau

  • Pengairan

Pengairan pada tanaman kacang hijau dimulai saat biji berkecambah atau terlihat dahan serta rantingnya.

Jika seminggu berlalu tanpa hujan, tanah juga perlu pengairan supaya tidak kering. Tetapi jika dalam 1 minggu bisa terjadi hujan, bahkan beberapa kali, tanaman jangan disiram lagi.

Yang jelas, kita harus melihat bahwa tanaman tidak boleh tergenang karena menyebabkan busuk.

  • Penyiangan

Penyiangan dilakukan hanya saat tanah kering. Penyiangan saat tanah basah bisa merusak struktur tanah sehingga menggangu tumbuhnya si kacang hijau.

Penyiangan hanya dilakukan saat tanaman kacang hijau belum berbunga. Sebelum tanaman berbunga, kita berkesempatan menyiangi tanaman kacang hijau dari gulma antara 2 hingga 3 kali.

  • Pembatasan / pemberantasan hama dan penyakit kacang hijau

Ada banyak cara untuk memberantas hama kacang hijau. Tetapi disini kita hanya membahas beberapa saja.

Cara pencegahan hama dan penyakit kacang hijau

cara menanam pohon kacang hijau

Salah satunya adalah menanam kacang hijau berseling dengan tanaman lain. Cara kedua adalah menutup lubang tanam dengan jerami.

Kemudian, melakukan penyiangan secara berkala. Sanitasi untuk lahan juga harus dijaga supaya tetap baik.

Cara memberantas penyakit dan hama kacang hijau

Hama yang terkenal untuk kacang hijau adalah lalat kacang dan bercak daun.

Kita bisa menggunakan Azordin 15 WSC dan Agrothion 50 EC untuk memberantas lalat kacang. Untuk bercak daun pembasminya menggunakan Benlate T 20 WP. Kita bisa menggunakan salah satu yang diperlukan atau keduanya secara bersamaan.

  • Cara pemanenan

Tanda – tanda kacang hijau yang siap panen adalah:

  1. Daun gugur karena sudah tua.
  2. Bagian polong kacang berwarna gelap dan menghitam.
  3. Polong nampak retak – retak serta gundul.

Ketiga kejadian diatas terjadi saat usia tanam mencapai 75 hingga 100 hari. Waktu – waktu ini kacang sudah mulai matang dan siap dipanen.

Tetapi jika kita ingin hasilnya lebih baik, maka kita bisa menunggu umur panen antara 100 hingga 110 hari. Dengan waktu tumbuh yang panjang, maka kacang hijau bisa berkembang dan tumbuh dengan merata dan baik. 5/5 (1)

Please rate this

Leave a Comment

Please disable your adblock for read our content.
Refresh