Cara Beternak Jangkrik Skala Rumahan Sederhana dan Sukses!

Posted on

Beternak jangkrik dengan cara yang baik untuk skala rumahan yang 99% sukses dan menghasilkan. Kita tinggal mencari pasar untuk menjual jangkrik kita.

Binatang kecil ini terkenal karena sangat cocok dijadikan pakan untuk berbagai binatang seperti burung, ikan hias, ular atau musang dan sebagainya.

Di alam, binatang ini aktif pada malam hari. Ia mampu menghasilkan suara mengerik yang terdengar indah di malam hari. Bagi yang tinggal di rumah daerah suburban, pasti mengenal binatang ini.

Nama jangkrik dalam bahasa latin adalah Gryllidae. Untuk jenis jangkrik yang bisa diternakan, hanya ada beberapa jenis sajja diantaranya:

Jangkrik kalung madu, jangkrik upo yang kecil, aduan, genggong, sliring alam serta gangsir putih.

Untuk jenis jangkrik berbeda, cara mendapatkan indukannya pun berbeda. Jangkrik aduan perlu indukan yang didapat dari alam. Untuk jangkrik jenis sliring dan kalung indukannya sudah umum dijual Bahkan, telur jangkrik jenis ini juga sudah banyak ditemukan.

Untuk harga telur yang biasa dijual kiloan, bisa berbeda – beda. Jangkrik kalung punya harga telur termurah. Pada tahun 2016 harganya sekitar Rp, 200.000 per kg.

Untuk jenis lain bisa mencapai Rp, 300.000 atau lebih per kilogram.

Cara beternak jangkrik sukses tetapi sederhana

Untuk beternak jangkrik, yang penting untuk disiapkan adalah kandang / box yang akan digunakan. Kemudian, pemilihan lokasi juga sangat penting. Kedua hal ini sangat penting untuk diperhatikan.

Untuk lokasi kandang, usahakan tempatnya sepi dan gelap. Kita bisa membuatkan gubug untuk jangkrik kita.

cara budidaya jangkrik

Jangkrik ada di menjelang musim hujan. Jadi suasana seperti itulah, ( suhu dsb) yang disukai jangkrik. Selain itu, jangkrik tidak menyukai keramaian seperti suara manusia, hewan ternak dsb.

Untuk lokasi, jangan yang tertutup pepohonan. Ini supaya atap dan kandangnya bisa menyerap panas dengan baik.
Selain lokasi yang nyaman, keamanan jangkrik dari para pemangsanya juga perlu sangat diperhatikan.

Suhu lingkungan perlu diperhatikan dan jangan terlalu dingin dan panas. Jangkrik tidak tahan suhu dingin dan mudah mati. Atau, minimal pertumbuhannya terganggu. Jika suhu panas, jangkrik bisa mati kekeringan.

Untuk daerah yang berbeda, suhu bisa berbeda. Pemeliharaan jangkrik di daerah dingin mungkin perlu lampu pemanas 5W. Untuk pemeliharaan jangkrik di daerah panah, mungkin perlu kita beri busa yang dibasahi supaya kandang dingin.

  • Pembuatan Box

Pembuatan box dibuat dari kardus atau tripleks. Jika keuangan Anda lebih banyak, bisa juga membuat kandang jangkrik dengan aluminium atau kayu yang lebih awet.

Ukuran kandang biasanya memiliki ketinggian 30 sd 50 cm. Panjang kandang 120 sd 200 cm.

skema gambar kandang penangkaran jangkrik

  • Jika box sudah selesai, maka kita perlu menyiapkan: media.

Media bisa menggunakan bekas wadah telur (TRE) yang bisa dibeli di toko atau tengkulak telur.

Selain kulit telur, media bisa menggunakan daun pisang kering atau daun tebu kering. Juga bisa menggunakan daun kering lain yang biasa untuk tempat hidup jangkrik di alam bebas.

Untuk kotak, diperlukan penutup dua lapis. Yang pertama adalah penutup jaring yang berguna supaya binatang pemangsa seperti tokek tidak mendekat. Yang kedua, penutup perlu dibuat dari terpal, kain atau plastik tebal. Gunanya untuk menjaga kelembaban kandang.

Untuk mencegah binatang seperti semut, cara sederhana adalah menggunakan gelas plastik berisi oli yang dipasang di kaki – kaki kandang.

cara budidaya jangkrik

Jangkrik biasanya hanya meletakkan telurnya di pasir atau tanah. Jadi kita berikan piring berisi pasir di kandang untuk bertelur.

Jika kita menggunakan indukan dan bukan membeli telur, maka perbandingannya adalah 10 betina dengan 2 jantan.
Untuk indukan jantan, sebaiknya dicari di alam bebas supaya lebih agresif daripada yang merupakan hasil pembiakan.

  • Pakan jangkrik

Pakan utama (voor) untuk jangkrik yang bisa dibeli adalah semacam AD1 yang telah dihaluskan. Untuk 10 hari pertama menggunakan pakan ayam yang dihaluskan. ( kedelai, beras merah dan jagung kering ).

Pakan tambahan saat pertumbuhan selanjutnya yang bisa digunakan adalah: gedebog pisang, sawi putih, gambas, daun singkong serta daun pepaya.

Untuk indukan yang akan dikawinkan, makanannya dipilih yang banyak mengandung air seperti sawi, kol, ketimun atau wortel.

Pakan jangkrik harus lengkap jika kita ingin pertumbuhannya bagus. Selain itu, jangkrik sebenarnya makannya lumayan banyak meskipun tubuhnya kecil.

cara budidaya jangkrik

Selain itu, jika pakannya kurang, maka anakan jangkrik yang lemah bisa dikanibal dan dimakan oleh yang lain.

Beternak jangkrik saat ini lebih menjanjikan karena penggemar burung semakin bertambah. Jangkrik ini memang perlu lingkungan yang baik supaya betah. Sawah 10 petak mungkin hanya 3 petak yang ada jangkriknya.

Jika tidak cocok dengan kandangnya, jangkrik akan berniat pindah bahkan bisa mati.

Tetapi, apapun tantangannya, bisnis ini lumayan menguntungkan dan tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. 5/5 (1)

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *