Cara Bertanam Straberry di Pot

Cara Bertanam Straberry di Rumah dengan Hasil yang Bagus

Bertanam staberry tidak harus di lahan yang luas. Tentunya, yang kita butuhkan adalah iklim yang sesuai. Juga, jenis tanah dan perlakuan yang sesuai dengan jenis tanamannya.

Jadi, ada beberapa hal untuk menanam staberry. Mulai dari mempersiapkan media hingga penyiraman serta pemupukan.

Stroberi relatif mudah tumbuh bahkan di ruang kecil seperti wadah. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menanam stroberi.

Cara Bertanam Straberry di Rumah

Cara Bertanam Straberry di Rumah

Cara Bertanam Straberry di Rumah. Sumber Gambar: Google.com

Menanam stroberi dalam wadah adalah cara yang bagus untuk menikmati buah beri segar, meskipun Anda tidak memiliki banyak ruang. Berikut adalah langkah-langkah persiapan tanah umum untuk menanam stroberi dalam wadah:

Pilih varietas stroberi yang sesuai dengan wilayah dan iklim Anda. Ada tiga varietas utama stroberi: Juni, Everpring, dan Dornal. Berbuah di bulan Juni, stroberi menghasilkan panen besar setahun sekali di akhir musim semi atau awal musim panas.

Stroberi yang selalu berbuah menghasilkan dua hingga tiga tanaman kecil selama musim tanam. Hari berbuah stroberi netral sepanjang musim tanam. Pilih lokasi dengan paparan sinar matahari penuh. Stroberi membutuhkan setidaknya 6-8 jam sinar matahari langsung per hari untuk menghasilkan buah terbaiknya.

Cara Bertanam Straberry di Rumah – Mempersiapkan Media Tanam

Mereka juga lebih suka tanah yang dikeringkan dengan baik yang kaya akan bahan organik. Persiapkan tanah dengan menghilangkan gulma, batu, atau puing-puing. Tambahkan kompos atau pupuk daun yang sudah lapuk untuk menyuburkan tanah. Gali lubang yang cukup besar agar muat bola akar stroberi.

Pilih wadah dengan lebar minimal 30 cm dan kedalaman 10 cm untuk setiap tanaman stroberi. Wadah harus memiliki lubang drainase di bagian bawah agar air tidak menumpuk.

Baca Juga >  Kacang Panjang, Apa saja sih Manfaatnya?

Pilih campuran pot yang mengalir dengan baik dan kaya akan bahan organik. Anda juga bisa menambahkan perlit atau vermikulit ke dalam campuran pot untuk memperbaiki drainase.

Campur campuran pot dengan kompos atau kompos yang sudah lapuk untuk memberikan nutrisi tambahan ke tanah. Gunakan perbandingan satu bagian pupuk dengan empat bagian campuran pot. Isi wadah dengan tanah yang sudah disiapkan, sisakan sekitar satu 5 cm ruang di bagian atas.

Buat lubang kecil di tanah tempat Anda akan menanam tanaman stroberi. Bagian atas bola akar harus rata dengan permukaan tanah. Sirami wadah dengan baik agar tanah mengendap dan buang kantong udara. Kemudian tambahkan lapisan mulsa di sekitar tanaman untuk mempertahankan kelembapan dan mencegah gulma.

Perawatan

Tempatkan wadah di lokasi yang menerima sinar matahari langsung minimal 6-8 jam per hari. Anda juga dapat memindahkan wadah ke tempat yang teduh pada saat hari terpanas untuk mencegah tanah mengering terlalu cepat.

Sirami wadah secara teratur agar tanah tetap lembab. Hindari penyiraman yang berlebihan, karena ini dapat menyebabkan busuk akar.

Pupuk tanaman Anda dengan pupuk berimbang atau pupuk yang dibuat khusus untuk stroberi. Ikuti instruksi pada kemasan pupuk jika ada.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat menyiapkan tanah yang menyediakan lingkungan yang cocok untuk menanam stroberi dalam wadah.

Tanam stroberi dengan mahkota (bagian pertemuan daun dan akar) di permukaan tanah. Pastikan untuk menempatkan tanaman sekitar 12-18 inci terpisah untuk memungkinkan aliran udara yang tepat.

Sirami tanaman dengan baik setelah tanam, lalu sirami secara teratur agar tanah tetap lembab setiap saat. Hindari penyiraman yang berlebihan, karena ini dapat menyebabkan busuk akar.

Baca Juga >  Panduan Lengkap Cara Budidaya Mentimun

Mulsa di sekitar tanaman dengan jerami, daun, atau potongan rumput untuk mempertahankan kelembapan, menekan gulma, dan menjaga buah tetap rapi. Pastikan untuk menjauhkan mulsa dari mahkota untuk mencegah pembusukan.

Hapus semua tunas yang tumbuh di tanaman. Ini adalah pucuk kecil yang bertunas dari tanaman utama dan dapat mengalihkan energi dari produksi buah.

Panen stroberi saat sudah matang dan berwarna merah. Ini biasanya terjadi sekitar 4-6 minggu setelah berbunga. Petik buah dengan hati-hati dari tanaman, berhati-hatilah agar tidak merusak buah beri yang empuk.

Dengan perawatan yang tepat, tanaman stroberi akan berbuah selama beberapa tahun.

5/5 - (1 vote)
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *