Bunga Krisan – Apa Saja Jenisnya

Bunga Krisan – Apa Saja Jenisnya

Bunga krisan atau seruni adalah bunga yang menarik perhatian dan mudah untuk dirawat. Bunga ini berasal dari keluarga Asteraceae dan secara geografis berasal dari daratan Eropa Timur dan Asia.

Bunga ini dikenal dapat bertahan hingga 2 minggu setelah dipetik dan diletakkan dalam vas dengan sedikit air. Daya tahan yang bagus ini membuatnya populer sebagai bunga potong serta bunga hiasan.

Jenis Bunga Krisan / Seruni

  1. Bunga Krisan Carinatum (Chrysanthemum carinatum)

  2. Bunga Krisan Pompom (Chrysanthemum Pompoms)

  3. Bunga Krisan Segetum (Chrysanthemum segetum)

  4. Bunga krisan inodorum (Chrysanthemum inodorum)

  5. Bunga Krisan Maximum (Chrysanthemum maximum)

Pembahasan.

   1. Bunga Krisan Carinatum (Chrysanthemum carinatum)

Bunga seruni ini ( carinatum ) adalah yang paling banyak kombinasi warnanya dibanding krisan / seruni lainnya. Dalam satu bunga biasanya terdapat 2 hingga 3 warna yang berbentuk lingkaran.

Ciri khasnya, warna tengah bunga gelap. Dipinggirnya ada lingkaran warna warni tipis beserta satu warna dominan lain misal merah, putih ataupun kuning. Bunga jenis ini juga disukai karena cepat tumbuh. Krisan ini bisa mekar hanya 2 minggu setelah ditanam.

   2. Bunga Krisan Pompom (Chrysanthemum Pompoms)

bunga krisan ini diberi nama pompom karena bunganya yang bebentuk bola. Diameter bolanya bahkan bisa mencapai lebih dari 10 cm sehingga sangat menarik perhatian di taman.

Untuk penanaman krisan, harus diperhatikan supaya akarnya tidak saling berebut air. kemudian, pastikan juga bahwa lokasi penanaman terkena sinar matahari secara cukup.

untuk perawatan bunga krisan, yang perlu diperhatikan adalah meyiramnya secara teratur. Airperlu diberi secikupnya tetapi harus dijaga juga supaya jangan terlalu banyak dan menggenang. Hal ini bisa menyebabkan akar bunga membusuk. Untuk penyiramannya, kita hanay perlu melakukannya pada pagi hari, satu hari sekali saja.

jenis Bunga Krisan Pompom (Chrysanthemum Pompoms) ungu

Untuk setiap bulannya, kita juga perlu memberikan pupuk. Jika kita membeli krisan yang belum mekar, maka setengah bagian kuncup perlu dipotong saat tumbuh. Jika kita membeli seruni yang sudah mekar, maka hal ini tidak perlu dilakukan lagi.

Setelah mekar selama 2 bulan, bunga krisan ini mulai layu. Jika sudah layu, bunga yang layu disarakan segera dipotong. Jadi, pembagian makanan hanya dilangsungkan untuk bunga yang masih segar saja.

   3. Bunga Krisan Segetum (Chrysanthemum segetum)

Ini adalah bunga krisan yang paling umum. Warnanya kuning  dan tingginya mencapai 50 cm.

Bunga Krisan Segetum (Chrysanthemum segetum)

Bunga ini baru akan mekar sekitar 3 bulan setelah ditanam. Tetapi, seperti krisan lainnya, ia bertahan mekar hingga 2 bulan.

   4. Bunga krisan inodorum (Chrysanthemum inodorum)

bunga krisan inodorum ini berwarna putih dengan bagian tengah berwarna kuning. Untuk tanamannya, bisa tumbuh hingga 35 cm.

Bunga krisan inodorum (Chrysanthemum inodorum)

   5. Bunga Krisan Maximum (Chrysanthemum maximum)

Bunga krisan ini tumbuhnya paling tinggi dibanding seruni / krisan lainnya yaitu mencapai hingga 1 meter.

Ukurannya yang relatif besar bisa kita gunakan untuk penghias sepanjang pagar rumah. Tetapi, bunga ini masih cocok juga untuk dijadikan bunga hias atau buket.

Untuk perawatan bunga krisan yang ditanam di pot, pastikan bahwa media tanam diganti secara teratur. Sedangkan untuk krisan yang ditanam di tanah, kita perlu memindahkan secara rutin 3 tahun sekali. Saat pemindahan, kita perlu juga merapikan akar – akar krisan kita.

Bunga Krisan Maximum (Chrysanthemum maximum)

Inilah sedikit artikel mengenai jenis bunga seruni / krisan. Bunga ini bisa dipilih berdasarkan warna dan bentuknya untuk hiasan taman kita. Selain itu, kita juga bisa memilih yang cocok untuk dijadikan buket atau bunga potong.

Bunga, secara umum terlihat indah. Dan, hiasan bunga juga akan memperindah ruangan dan taman, apalagi jika jenisnya sesuai keperluan kita.

Cari :

Leave a Comment

Please disable your adblock for read our content.
Refresh