Budidaya Kelapa Kopyor, Bagaimana Caranya?

Budidaya Kelapa Kopyor, Bagaimana Caranya?

Budidaya kelapa kopyor mungkin belum menjadi pilihan banyak orang. Padahal permintaan kelapa kopyor atau kelapa muda banyak.

Seorang penjual es kelapa muda di pinggir jalan yang saya perhatikan karena mangkal dekat rumah, biasanya menerima antaran kelapa muda hingga 1 pickup untuk 3 atau 4 hari. Pickup ini bak nya disambung dengan besi lagi keatas dan mampu menampung lebih banyak dari bak standar. Sampai kaca belakang yang terlindung besi bar tertutup lah.

Jika berdagang di jalan ramai atau dekat lokasi seperti sekolah, kampus atau kantor, penjual es kelapa muda lumayan mudah menghasilkan uang ratusan ribu sehari.

Lalu bagaimana jika lahan kita kecil? apakah cocok untuk menanam kelapa kopyor?

Yah, bisa saja. Bahkan ada cerita seorang Bapak dengan 5 batang pohon kelapa kopyor bisa menyekolahkan anak hingga perguruan tinggi.

Pohon ini bisa ditanam dan umurnya 4 sd 5 tahun sudah bisa dipanen.

Pohon ini idealnya ditanam pada ketinggian 400 meter DPL dengan sinar matahari 75%.

Tetapi, sebaiknya jangan ditanam di tanah berkapur keras.

Cara budidaya kelapa kopyor

  1. Menggali lubang tanam 40 cm dan 50 cm.
  2. Mengisi dengan pupuk organik fermentasi 10 cm.
  3. timbun dengan tanah 10 cm.
  4. Masukkan atau tanam bibit kelapa kopyor kedalam lubang.
  5. Tutup lubang hingga 3/4 batok kelapa tertimbun dan 1/4 batok kelapa masih terlihat.
  6. Setelah usia 2 bulan atau 3 bulan, timbun semua batok kelapa hingga tidak keliharan.
  7. Salah satu kunci keberhasilan penanaman adalah jarak tanam yang benar. Kita mesti menanamnya jauh dari pohon kelapa biasa supaya hasilnya maksimal.
  8. Jika tidak ada lahan yang jauh, maka kita tanam saja dengan jarak 9 X 0 meter atau 10 X 10 meter dengan pola tanam segitiga.

cara budidaya kelapa kopyor

Perawatan kelapa kopyor

Menaungi pohon yang baru ditanam dengan paranet yang keteduhannya 50%.

Menyiangi secara berkala dan menyiram jika tidak ada hujan.

Pupuk untuk tanaman 0 sd 2 tahun adalah 0,2 kg N per pohon pertahun. P2O5 sebanyak 0,2 kg/pohon/tahun. KCL 0,2 kg/pohon/tahun.

Saat berumur 3 sd 10 tahun, ringkatkan pupuk N dan KCL menjadi masing – masing 1 kg untuk setiap batang pohon setiap tahun. Untuk pupuk P2O5 meningkat menjadi 0,75 kg per pohon setiap tahun.

Untuk tanaman kelapa kopyor yang umurnya 11 tahun keatas, jumlah penggunaan pupuk KCL dan N masing – masing 1,5 kg untuk setiap pohon setahun. Untuk pupuk P2O5 naik menjadi 1 kg per pohon pertahun dosisnya.

Tanaman kelapa kopyor tidak perlu pehatian terlalu banyak. Saat musim hujan dijaga supaya tidak terlalu becek. Saat musim kemarau, saat tanaman muda disiram setiap hari. Saat tanaman muda maksudnya saat daunnya belum membuka.

cara budidaya kelapa kopyor

Penanggulangan hama dan penyakit

Hama yang sering datang adalah ulat penggerek daun, kumbang sagu dan kumbang badak.

Cara penanggulangan: menyemprotkan pestisida.

Panduan untuk cara budidaya kelapa kopyor ini memang sederhana serta mudah diterapkan. Ini karena pohon kelapa kopyor sendiri memang mudah hidup dan tahan banting.

Tetapi, untuk hasil maksimal, sebaiknya kita melakukan semua langkah dengan baik. Terimakasih semoga bermanfaat. 5/5 (1)

Please rate this

Leave a Comment

Please disable your adblock for read our content.
Refresh