Bonsai Cemara Udang dan Cara Membentuknya

Bonsai Cemara Udang dan Cara Membentuknya

Bonsai cemara udang can cara perawatan serta pembentukannya yang termasuk sederhana. Poho ini disebut sebagai pohon cemara udang karena daunnya berbentuk seperti udang.

Pohon cemara lain, ada yang disebut sebagai cemara duri karena daunnya seperti duri yang tajam.

Bonsai cemara udang ini merupakan tanaman yang indah saat dilihat. Jika sudah jadi, bonsainya memiliki gerumbulan daun yang bagus serta batang berkelok – kelok yang menarik.

Tanaman cemara aslinya merupakan tanaman pantai yang hidup di daerah panas dan berpasir. Tetapi jangan salah, tanaman ini perlu air yang banyak. Karena itulah penyiraman perlu hingga 3 kali dalam sehari..

Pohon cemara udang sendiri ukurannya lumayan besar. Ketinggiannya bisa lebih dari 5 meter dan tanaman setinggi itu tentunya bukan untuk ditanam di pot.

cara merawat bonsai cemara udang

Untuk menanam di pot, kita perlu memangkas dan membentuknya. Batang yang bentuknya tidak sesuai harapan bisa dipotong dan pohon juga dijaga supaya tidak tumbuh meninggi terus – menerus.

Selain sebagai hiasan di halaman, tanaman ini juga cocok digunakan sebagai tanaman untuk taman yang besar. Tanaman ini bisa digunakan sebagai peneduh.

Selain indah untuk dilihat, tanaman ini adalah tanaman pantai yang aslinya termasuk bandel untuk ditanam. Bahkan, media tanamnya juga hanya minta diganti setelah 4 tahun hingga 5 tahun pemakaian. Media tanam biasanya berupa serutan kayu dan tanah.

Tetapi, untuk membuat bentuk yang indah, pohon ini tergolong sulit dibentuk. Satu hal saja untuk menjadi perhatian, tanaman ini perlu pupuk yang memadai dan mencukupi sehingga bisa tumbuh dengan sehat dan baik. Pupuk yang baik untuk tanaman ini berupa pupuk kandang saat ditanam. Bisa juga dengan pupuk NPK biru.

Tanaman bonsai cemara udang yang sudah jadi memiliki bentuk yang indah. Keindahannya ini membuat pohon bonsai cemara udang selalu diikutkan dalam kompetisi bonsai.

Bahkan, tidak sekedar ikut, tetapi menjadi juara juga.

cara merawat bonsai cemara udang

Untuk perawatan tanaman bonsai cemara udang rawan virus dan juga beberapa penyakit. Kita perlu mempersiapkan semprotan pestisida jika ingin memelihara tanaman cemara udang.

Saat ini, pohon bonsai cemara udang memiliki harga yang lumayan tinggi. Harganya hampir 1 juta hingga beberapa juta rupiah untuk yang bagus.

Leave a Comment

Please disable your adblock for read our content.
Refresh