ARTIKEL & BERITA

Tukang Taman Jogja

Tukang Taman Jogja

Tukang Taman Jogja, Taman yang indah bisa kita dapatkan jika kita memilih tanaman sesuai fungsinya. Jasa tukang taman Jogja saat ini sedang booming dan banyak yang mencari. Ini karena taman saat ini merupakan kebutuhan para pemilik rumah. Taman bukan lagi hanya tambahan hiasan supaya rumah terlihat lebih mewah. Tetapi, secara tidak sadar taman atau kolam sudah menjadi bagian dari kebutuhan kita.

Ada beberapa hal yang membuat rumah kita terasa nyaman. Salah satunya adalah adanya taman yang baik dan indah untuk dipandang. Taman dengan tamanaan yang berwarna hijau memberikan kesegaran tersendiri.

Membuat taman di halaman beserta dengan Gazebo, tempat duduk beserta perlengkapan lainnya akan membuat ruang luar rumah terasa nyaman sebagai tempat bersantai. Selain itu, ruang dalam rumahpun bisa tampil lebih segar dengan keberadaan taman serta kolam.

Namun, untuk membuat sebuah taman yang menyenangkan, kita perlu pengetahuan dasar tentang taman. Dan, rasa seni untuk mendapatkan keindahan, fungsi serta atmosfer yang ingin dibangun.

Anda menyukai ruang luar atau taman Anda sebagai tempat bersantai secara pribadi? Anda menginginkan taman Anda bisa digunakan sebagai tempat makan malam bersama kolega?

Tukang Taman Jogja

Maka, desain kedua taman tersebut pastinya berbeda.

Taman untuk keperluan bersantai secara pribadi bisa kita desain dengan jalan setapak yang kecil. Suasananya lebih pribadi serta lebih tertutup. Jika rumah tetangga semua bertingkat, kita tetap bisa menjaga privasi dengan membangun Gazebo di taman kita. Atau. kita bisa menambahkan atap di beberapa taman kita.

Taman untuk berpesta atau untuk bertemu menjamu kolega akan didesain secara berbeda. Jalan setapak di taman lebih lebar, lapang serta memungkinkan 2 atau 3 orang berjalan serta berbincang bersama – sama.

Taman ini harus terasa “hangat” serta mampu menampung berbagai aktivitas kita disana. Kita mungkin perlu ruang duduk outdoor yang cukup luas. Mungkin, kita bisa menyimpan sarana dapur atau pemanggan barbeque di area taman kita.

Kemudian, pemilihan tanaman di sebuah taman juga perlu mengetahui fungsi dari masing – masing tanaman. Tema dan gaya taman perlu disesuaikan dengan jenis tanaman yang cocok. Jika bisa memilih tanaman yang sesuai dengan tema dan gaya taman, maka kita bisa mendapatkan harmony yang indah untuk dipandang. Selain itu, taman juga akan terasa nyaman serta menyegarkan.

Kita mengetahui ada tanaman sebagai penutup tanah, tanaman tabir, tanaman pengarah jalan serta tanaman pelindung dan sebagainya. Tanaman – tanaman ini perlu ditanam serta ditempatkan sesuai fungsi masing – masing.

Kami, sebagai jasa tukang taman berpengalaman di Jogja / Yogyakarta memiliki pengetahuan seperti ini. Kami mengetahui berbagai jenis tanaman hias beserta fungsinya. Selain itu, kami juga mengetahui syarat tumbuh serta tips merawat tanaman – tanaman tersebut supaya tumbuh dan tampil sehat dan prima.

Jadi, sebagai klien Anda bisa memiliki rumah atau bangunan dengan berbagai gaya dan desain arsitektur. Kantor Anda mungkin berdesain modern sedangkan rumah Anda memiliki gaya mediterania.

Kami siap membangun taman berdesain mediterania di rumah Anda seperti halnya membuat taman yang cocok untuk kantor Anda.

Apabila Anda termasuk pemilik rumah bergaya Belanda di Jogjakarta, maka taman bergaya eropa mungkin cocok bagi rumah Anda. Yang jelas, kami akan membuat desain taman bukan hanya gayanya yang cocok, tetapi juga fungsinya.

Jika taman dikantor Anda digunakan untuk memisahkan area parkir dengan area lobby, maka kami akan membuatkan dengan desain yang cocok. Tentunya cocok dari sisi jenis tanaman, desain bangunan serta mempertimbangkan pertumbuhan tanamannya juga.

Beberapa jenis taman dari Tukang Taman Jogja

Ada beberapa jenis taman yang terkenal sampai saat ini. Taman tropis, taman bergaya Jepang, Taman bergaya eropa serta taman gaya mediterania dan wild garden.

Namun, selain taman taman diatas, kita juga mengenal taman – taman lainnya seperti taman minimalis, taman kolam / gazebo, taman batu alam, taman vertikal serta taman untuk atap atau balkon. Kemudian, untuk gaya lokal ada juga gaya taman Bali.

Setiap taman memiliki keindahan tersendiri serta kesesuaian untuk jenis bangunannya.

Bagi kami, tukang taman Jogja, kami siap membangun bergabagai taman sesuai keperluan dan desain bangunan atau lahan Bapak / Ibu.

·         Taman Tropis:

Adalah taman dengan desain yang meniru hutan tropis. Disini, tanaman yang diandalkan adalah tanaman bercorak daun lebar dan tanaman yang kaya warna. Taman jenis ini biasanya juga dilengkapi dengan rerumputan bergaya “liar” serta kolam dengan panduan bebatuan alami.

Taman bergaya tropis, karena karakter tanamannya akan membutuhkan air serta sinar matahari yang mencukupi. Tanah yang digunakan untuk taman inipun harus lembab terus menerus.

Tetapi, mohon diingat untuk tidak menyiram taman secara berlebihan karena bisa membuat akan pepohonan menjadi busuk.

Untuk jenis tanamannya, biasanya menggunakan pohon palem, bambu, pakis. Bougenville, pisang, begonia dan lain sebagainya.

·         Taman Mediterania

Taman Mediterania adalah taman dengan nuansa kering dan panas seperti asal tempatnya. Taman ini terkesan “bersih,” lapang serta biasanya diberi penutup tanah berwarna cream atau warna cerah dan “kering” lainnya. Penutup tanah ini bisa berupa kerikil ataupun yang praktis, conblok. Tetapi, kita tetap bisa menggunakan kolam sebagai bagian dari taman mediterania. Kolam akan memberikan nuansa mewah, “bersih” serta anggun dan rileks.

Untuk aksesori taman, biasanya kita juga bisa menambahkan patung disini. Untuk perawatan, taman ini cukup mudah karena banyak bagian terbuka (tidak rimbun).

Untuk tanamannya sendiri, pilihan yang sering digunakan adalah Agave, sikas, Nolina, kaktus serta paku – pakuan dan sebagainya.

·         Taman Jepang

Taman Jepang didesain dengan gaya tradisional Jepang. Sebenarnya, sangat banyak gaya taman di Jepang. Kita bisa mengenal gaya shinden-zukuri, taman gaya jōdo (jōdoshiki teien), Taman batu Jepang, Taman teh dan sebagainya.

Secara umum, taman gaya Jepang dibuat untuk membuat area taman terasa lebih luas daripada yang sebenarnya. Taman Jepang tidak menggunakan garis – garis simetris atau  titik fokus desain. Andaikata ada titik fokus, maka akan digeser supaya tidak berada ditengah.

Bagi taman Jepang, elemen dasar berupa air, batu serta tanaman. Untuk taman yang besar, air diambil dan dialirkan dari sungai untuk membuat air terjun dan kolam.

Batu dalam taman Jepang menggambarkan keabadian. Batu digunakan untuk memnggambarkan gunung, laut / garis pantai atau landsekap lainnya.

Di taman Jepang, batu juga digunakan sebagai batu pijakan. Batu pijakan ini disebut batu ubin (shikiishi) dan berguna saat berjalan di hujan. Kaki serta alas kaki akan terhindar dari cioratan jika berjalan diatas batu – batu ini.

Untuk tanamannya, taman Gaya Jepang lebih sederhana dibanding taman gaya Eropa. Taman Eropa cenderung menggunakan tanaman bunga dengan warna – warna cerah. Taman Jepang biasanya menggunakan tanaman bergaya kalem.

Selain warna yang sederhana, tanaman juga dibentuk untuk menggambarkan pegunungan atau bentuk – bentuk lainnya.  Untuk fungsi, tanaman gaya Jepang bisa juga berfungsi sebagai penghubung 2 tempat di taman.

·         Taman Gaya Eropa.

Taman Gaya Eropa adalah taman dengan penggunaan tanaman hias yang berwarna – warni. Warna bunga di taman gaya Eropa sangat cerah mulai dari kuning, merah menyala hingga ungu.

Jika kita ingin mengetahui taman gaya Eropa, mungkin taman – taman bunga di Belanda termasuk yang paling mewakili gaya taman eropa ini.

·         Taman Wild Garden

Taman ini mirip gaya tropis. Tetapi tanamannya mungkin lebih besar. Taman dibuat tujuannya supaya area taman terasa sejuk dan lembab. Penggunaan air, batu alam serta kayu bisa menjadi pilihan memperindah taman.

Disini, kayu – kayu dan batu yang kita pilihpun mungkin kita biarkan dengan lumut yang menempel dipermukaannya.

Gaya taman, sebenarnya banyak. Kita bisa memilih sesuai gaya diatas atau memilih tema untuk taman kita. Kami di jasa tukang taman Yogyakarta siap mengerjkan taman Anda hingga selesai. Kami siap membuat taman yang menyejukkan mata setiap kali dipandang.

Saat ini, kami di Jasa taman Jogja telah memiliki pengalaman bertahun – tahun dalam membuat berbagai taman untuk berbagai keperluan. Kami memiliki banyak klien jasa pembuat taman yaitu para pemilik rumah pribadi hingga hotel dan restoran di Yogyakarta dan sekitarnya.

Kami memahami bagaimana mendesain taman sesuai dengan desain bangunan Anda serta tema taman yang Anda pilih. Kami akan menyatukannya dan Anda akan menikmati taman indah yang nyaman untuk bersanti. Di rumah, kantor ataupun tempat komersial yang Bapak / Ibu miliki.

Bagi Anda yang ingin membangun taman, gazebo atau kolam yang indah dan berkualitas, silahkan menghubungi kami jasa tukang buat taman Jogja / Yogyakarta dialamat kami dibawah.

https://kikigarden.website

Tips Cara Sukses Menanam Anggur

Tips Cara Sukses Menanam Anggur

Menanam anggur tidaklah sulit, tetapi membutuhkan sedikit ketekunan dan ketelitian dalam menjalankannya. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam menanam anggur di rumah:

  1. Pilihlah tanaman anggur yang tepat

Pastikan untuk memilih varietas anggur yang tepat untuk wilayah Anda. Beberapa varietas yang populer di Indonesia seperti Merlot, Cabernet Sauvignon, dan Chardonnay.

  1. Tempatkan tanaman di lokasi yang tepat

Anggur membutuhkan sinar matahari yang cukup selama setidaknya 6 jam sehari, sehingga pastikan tanaman ditempatkan di lokasi yang terkena cahaya matahari secara langsung. Juga, pastikan tanaman tidak terlalu dekat dengan pohon yang dapat menghalangi pertumbuhan tanaman anggur.

  1. Gunakan media tanam yang tepat

Untuk menanam anggur, gunakan media tanam yang terdiri dari campuran tanah, pasir, dan pupuk kandang. Media tanam ini akan membantu tanaman tumbuh dengan baik dan kuat.

  1. Perhatikan pemupukan dan pengairan

Anggur membutuhkan pupuk yang kaya akan unsur hara seperti nitrogen, fosfor, dan kalium. Pastikan untuk memberikan pupuk secara teratur sesuai dengan petunjuk pada kemasan pupuk. Juga, pastikan tanaman selalu mendapatkan cukup air, tetapi jangan sampai terlalu basah sehingga dapat menyebabkan penyakit pada tanaman.

  1. Perhatikan perlakuan dan pemangkasan

Anggur membutuhkan perlakuan yang teratur seperti pemangkasan cabang dan daun yang tidak produktif. Hal ini akan membantu tanaman menjadi lebih kuat dan memperbanyak produksi buah. Juga, pastikan untuk membersihkan tanaman dari gulma dan hama secara teratur agar pertumbuhan tanaman tidak terganggu.

wow sobat Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menanam anggur dengan sukses di rumah. Selain menjadi hobi yang menyenangkan, menanam anggur juga dapat menghasilkan buah yang sehat dan bergizi untuk dikonsumsi.

Cara Menanam Anggrek

tips cara sukses menanam anggrek

tips cara sukses menanam anggrek

Anda hobi anggrek ? yuk simak tipsnya

nggrek adalah salah satu tanaman hias yang populer karena keindahan dan aroma harum bunga-bunga yang dihasilkannya. Namun, menanam anggrek juga membutuhkan perhatian dan teknik tertentu agar dapat tumbuh dengan baik dan memberikan bunga yang indah. Berikut adalah beberapa tips untuk menanam anggrek agar sukses:

  1. Pilih jenis anggrek yang sesuai dengan kondisi cuaca di tempat Anda. Ada beberapa jenis anggrek yang lebih cocok untuk iklim tropis, sedangkan yang lain lebih cocok untuk iklim dingin. Pastikan untuk memilih jenis yang sesuai agar anggrek dapat tumbuh dengan baik.
  2. Tentukan tempat yang tepat untuk menanam anggrek. Anggrek membutuhkan sinar matahari yang cukup, namun jangan sampai terkena sinar matahari langsung yang dapat menyebabkan tanaman menjadi kering. Pilihlah tempat yang memiliki cahaya matahari yang cukup, tetapi juga terhindar dari sinar matahari langsung.
  3. Gunakan media tanam yang tepat. Anggrek membutuhkan media tanam yang lembab namun juga memiliki sirkulasi udara yang baik. Anda dapat menggunakan tanah gambut yang telah dicampur dengan pasir atau kerikil untuk menjaga kelembaban tanah.
  4. Sediakan sistem irigasi yang tepat. Anggrek membutuhkan kelembaban yang cukup agar dapat tumbuh dengan baik. Pastikan untuk memberikan irigasi yang cukup setiap hari, terutama saat musim kemarau. Anda juga dapat menggunakan sistem irigasi otomatis untuk memudahkan pekerjaan Anda.
  5. Sediakan pupuk yang tepat. Anggrek membutuhkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh dengan baik. Anda dapat memberikan pupuk khusus untuk anggrek atau pupuk organik yang mengandung bahan organik seperti kotoran hewan atau kompos. Pastikan untuk tidak memberikan pupuk yang terlalu banyak agar tidak merusak kesehatan tanaman.
  6. Perhatikan tanda-tanda penyakit atau hama. Anggrek dapat terserang penyakit atau hama seperti jamur atau serangga. Pastikan untuk selalu memeriksa tanaman secara berkala dan segera menangani jika terdapat tanda-tanda penyakit atau hama.
Cara Bertanam Straberry di Pot

Cara Bertanam Straberry di Rumah dengan Hasil yang Bagus

Bertanam staberry tidak harus di lahan yang luas. Tentunya, yang kita butuhkan adalah iklim yang sesuai. Juga, jenis tanah dan perlakuan yang sesuai dengan jenis tanamannya.

Jadi, ada beberapa hal untuk menanam staberry. Mulai dari mempersiapkan media hingga penyiraman serta pemupukan.

Stroberi relatif mudah tumbuh bahkan di ruang kecil seperti wadah. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menanam stroberi.

Cara Bertanam Straberry di Rumah

Cara Bertanam Straberry di Rumah

Cara Bertanam Straberry di Rumah. Sumber Gambar: Google.com

Menanam stroberi dalam wadah adalah cara yang bagus untuk menikmati buah beri segar, meskipun Anda tidak memiliki banyak ruang. Berikut adalah langkah-langkah persiapan tanah umum untuk menanam stroberi dalam wadah:

Pilih varietas stroberi yang sesuai dengan wilayah dan iklim Anda. Ada tiga varietas utama stroberi: Juni, Everpring, dan Dornal. Berbuah di bulan Juni, stroberi menghasilkan panen besar setahun sekali di akhir musim semi atau awal musim panas.

Stroberi yang selalu berbuah menghasilkan dua hingga tiga tanaman kecil selama musim tanam. Hari berbuah stroberi netral sepanjang musim tanam. Pilih lokasi dengan paparan sinar matahari penuh. Stroberi membutuhkan setidaknya 6-8 jam sinar matahari langsung per hari untuk menghasilkan buah terbaiknya.

Cara Bertanam Straberry di Rumah – Mempersiapkan Media Tanam

Mereka juga lebih suka tanah yang dikeringkan dengan baik yang kaya akan bahan organik. Persiapkan tanah dengan menghilangkan gulma, batu, atau puing-puing. Tambahkan kompos atau pupuk daun yang sudah lapuk untuk menyuburkan tanah. Gali lubang yang cukup besar agar muat bola akar stroberi.

Pilih wadah dengan lebar minimal 30 cm dan kedalaman 10 cm untuk setiap tanaman stroberi. Wadah harus memiliki lubang drainase di bagian bawah agar air tidak menumpuk.

Pilih campuran pot yang mengalir dengan baik dan kaya akan bahan organik. Anda juga bisa menambahkan perlit atau vermikulit ke dalam campuran pot untuk memperbaiki drainase.

Campur campuran pot dengan kompos atau kompos yang sudah lapuk untuk memberikan nutrisi tambahan ke tanah. Gunakan perbandingan satu bagian pupuk dengan empat bagian campuran pot. Isi wadah dengan tanah yang sudah disiapkan, sisakan sekitar satu 5 cm ruang di bagian atas.

Buat lubang kecil di tanah tempat Anda akan menanam tanaman stroberi. Bagian atas bola akar harus rata dengan permukaan tanah. Sirami wadah dengan baik agar tanah mengendap dan buang kantong udara. Kemudian tambahkan lapisan mulsa di sekitar tanaman untuk mempertahankan kelembapan dan mencegah gulma.

Perawatan

Tempatkan wadah di lokasi yang menerima sinar matahari langsung minimal 6-8 jam per hari. Anda juga dapat memindahkan wadah ke tempat yang teduh pada saat hari terpanas untuk mencegah tanah mengering terlalu cepat.

Sirami wadah secara teratur agar tanah tetap lembab. Hindari penyiraman yang berlebihan, karena ini dapat menyebabkan busuk akar.

Pupuk tanaman Anda dengan pupuk berimbang atau pupuk yang dibuat khusus untuk stroberi. Ikuti instruksi pada kemasan pupuk jika ada.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat menyiapkan tanah yang menyediakan lingkungan yang cocok untuk menanam stroberi dalam wadah.

Tanam stroberi dengan mahkota (bagian pertemuan daun dan akar) di permukaan tanah. Pastikan untuk menempatkan tanaman sekitar 12-18 inci terpisah untuk memungkinkan aliran udara yang tepat.

Sirami tanaman dengan baik setelah tanam, lalu sirami secara teratur agar tanah tetap lembab setiap saat. Hindari penyiraman yang berlebihan, karena ini dapat menyebabkan busuk akar.

Mulsa di sekitar tanaman dengan jerami, daun, atau potongan rumput untuk mempertahankan kelembapan, menekan gulma, dan menjaga buah tetap rapi. Pastikan untuk menjauhkan mulsa dari mahkota untuk mencegah pembusukan.

Hapus semua tunas yang tumbuh di tanaman. Ini adalah pucuk kecil yang bertunas dari tanaman utama dan dapat mengalihkan energi dari produksi buah.

Panen stroberi saat sudah matang dan berwarna merah. Ini biasanya terjadi sekitar 4-6 minggu setelah berbunga. Petik buah dengan hati-hati dari tanaman, berhati-hatilah agar tidak merusak buah beri yang empuk.

Dengan perawatan yang tepat, tanaman stroberi akan berbuah selama beberapa tahun.

Tips Cara Sukses Menanam Cabe

Tips Cara Sukses Menanam Cabe

Tips Cara Sukses Menanam Cabe

Wow simak yuk,

Menanam cabe merupakan salah satu cara untuk menambah variasi dalam menu makanan sehari-hari. Selain itu, cabe juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Berikut adalah beberapa tips untuk menanam cabe dengan sukses:

  1. Pilih varietas cabe yang sesuai dengan iklim dan cuaca di wilayah Anda. Cabe dapat tumbuh dengan baik di daerah beriklim tropis dan subtropis.
  2. Pilih lokasi yang cukup terang, namun terhindar dari sinar matahari langsung yang terlalu intens. Cabe dapat tumbuh dengan baik di area yang memiliki sinar matahari selama 6-8 jam setiap hari.
  3. Pastikan tanah di lokasi penanaman cabe cukup lembab dan bernutrisi. Tanah yang kering dan kurang nutrisi dapat menyebabkan pertumbuhan cabe terhambat.
  4. Jika perlu, tambahkan pupuk organik atau pupuk kandang sebagai sumber nutrisi bagi tanaman cabe. Pupuk ini dapat membantu pertumbuhan cabe menjadi lebih cepat dan sehat.
  5. Tanam cabe pada jarak yang cukup dekat satu sama lain, namun tidak terlalu rapat. Jarak tanam yang terlalu rapat dapat menyebabkan pertumbuhan cabe menjadi kurang optimal.
  6. Pastikan untuk menyiram tanaman cabe secara teratur, namun tidak terlalu sering agar tanah tidak menjadi terlalu basah dan menyebabkan busuk pada akar cabe.
  7. Gunakan media yang tepat untuk menanam cabe, seperti pot atau tanah di luar. Jika menggunakan pot, pastikan pot tersebut cukup luas agar akar cabe dapat tumbuh dengan baik.
  8. Perhatikan tanda-tanda penyakit atau hama yang mungkin muncul pada tanaman cabe, seperti daun yang layu atau muncul bintik-bintik kecil. Jika terdapat tanda-tanda tersebut, segera lakukan penanganan agar pertumbuhan cabe tidak terhambat.

itulah sobat tips di atas, Anda dapat menanam cabe dengan sukses dan memperoleh hasil yang maksimal.

Manfaat berkebun

6 manfaat hobi berkebun

6 manfaat hobi berkebun

Hobi berkebun dapat memberikan banyak manfaat bagi Anda, antara lain:

  1. Membantu meningkatkan kualitas hidup.  Menghabiskan waktu di taman akan membantu Anda merasa lebih segar dan tenang, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.
  2. Menurunkan stres. Menanam dan merawat tanaman dapat membantu Anda merasa lebih tenang dan damai, yang dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.
  3. Meningkatkan kesehatan. Berkebun dapat membantu Anda melakukan aktivitas fisik yang teratur, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru.
  4. Menambah kegiatan sehat bagi anak-anak. Mengajari anak-anak tentang berkebun dapat membantu mereka mengembangkan minat terhadap aktivitas sehat yang dapat mengurangi waktu mereka di depan layar.
  5. Menghasilkan makanan sehat. Menanam sayuran dan buah-buahan sendiri dapat membantu Anda menikmati makanan yang segar dan sehat, tanpa bahan kimia tambahan.
  6. Menjaga lingkungan. Berkebun dapat membantu Anda menjaga kelestarian lingkungan dengan menghijaukan sekitar Anda dan mengurangi polusi udara.
Rate this page
Call Now
Whatsapp CS1