ARTIKEL & BERITA

Tukang Taman Jogja

Tukang Taman Jogja

Jasa Tukang Taman Jogjakarta

 

Taman yang indah bisa kita dapatkan jika kita memilih tanaman sesuai fungsinya. Jasa tukang taman Jogja saat ini sedang booming dan banyak yang mencari. Ini karena taman saat ini merupakan kebutuhan para pemilik rumah. Taman bukan lagi hanya tambahan hiasan supaya rumah terlihat lebih mewah. Tetapi, secara tidak sadar taman atau kolam sudah menjadi bagian dari kebutuhan kita.

 Ada beberapa hal yang membuat rumah kita terasa nyaman. Salah satunya adalah adanya taman yang baik dan indah untuk dipandang. Taman dengan tamanaan yang berwarna hijau memberikan kesegaran tersendiri.

Membuat taman di halaman beserta dengan Gazebo, tempat duduk beserta perlengkapan lainnya akan membuat ruang luar rumah terasa nyaman sebagai tempat bersantai. Selain itu, ruang dalam rumahpun bisa tampil lebih segar dengan keberadaan taman serta kolam.

Namun, untuk membuat sebuah taman yang menyenangkan, kita perlu pengetahuan dasar tentang taman. Dan, rasa seni untuk mendapatkan keindahan, fungsi serta atmosfer yang ingin dibangun.

Anda menyukai ruang luar atau taman Anda sebagai tempat bersantai secara pribadi? Anda menginginkan taman Anda bisa digunakan sebagai tempat makan malam bersama kolega?

Maka, desain kedua taman tersebut pastinya berbeda.

Taman untuk keperluan bersantai secara pribadi bisa kita desain dengan jalan setapak yang kecil. Suasananya lebih pribadi serta lebih tertutup. Jika rumah tetangga semua bertingkat, kita tetap bisa menjaga privasi dengan membangun Gazebo di taman kita. Atau. kita bisa menambahkan atap di beberapa taman kita.

Taman untuk berpesta atau untuk bertemu menjamu kolega akan didesain secara berbeda. Jalan setapak di taman lebih lebar, lapang serta memungkinkan 2 atau 3 orang berjalan serta berbincang bersama – sama.

Taman ini harus terasa “hangat” serta mampu menampung berbagai aktivitas kita disana. Kita mungkin perlu ruang duduk outdoor yang cukup luas. Mungkin, kita bisa menyimpan sarana dapur atau pemanggan barbeque di area taman kita.

Kemudian, pemilihan tanaman di sebuah taman juga perlu mengetahui fungsi dari masing – masing tanaman. Tema dan gaya taman perlu disesuaikan dengan jenis tanaman yang cocok. Jika bisa memilih tanaman yang sesuai dengan tema dan gaya taman, maka kita bisa mendapatkan harmony yang indah untuk dipandang. Selain itu, taman juga akan terasa nyaman serta menyegarkan.

Kita mengetahui ada tanaman sebagai penutup tanah, tanaman tabir, tanaman pengarah jalan serta tanaman pelindung dan sebagainya. Tanaman – tanaman ini perlu ditanam serta ditempatkan sesuai fungsi masing – masing.

Kami, sebagai jasa tukang taman berpengalaman di Jogja / Yogyakarta memiliki pengetahuan seperti ini. Kami mengetahui berbagai jenis tanaman hias beserta fungsinya. Selain itu, kami juga mengetahui syarat tumbuh serta tips merawat tanaman – tanaman tersebut supaya tumbuh dan tampil sehat dan prima.

Jadi, sebagai klien Anda bisa memiliki rumah atau bangunan dengan berbagai gaya dan desain arsitektur. Kantor Anda mungkin berdesain modern sedangkan rumah Anda memiliki gaya mediterania.

Kami siap membangun taman berdesain mediterania di rumah Anda seperti halnya membuat taman yang cocok untuk kantor Anda.

Apabila Anda termasuk pemilik rumah bergaya Belanda di Jogjakarta, maka taman bergaya eropa mungkin cocok bagi rumah Anda. Yang jelas, kami akan membuat desain taman bukan hanya gayanya yang cocok, tetapi juga fungsinya.

Jika taman dikantor Anda digunakan untuk memisahkan area parkir dengan area lobby, maka kami akan membuatkan dengan desain yang cocok. Tentunya cocok dari sisi jenis tanaman, desain bangunan serta mempertimbangkan pertumbuhan tanamannya juga.

Beberapa jenis taman:

Ada beberapa jenis taman yang terkenal sampai saat ini. Taman tropis, taman bergaya Jepang, Taman bergaya eropa serta taman gaya mediterania dan wild garden.

Namun, selain taman taman diatas, kita juga mengenal taman – taman lainnya seperti taman minimalis, taman kolam / gazebo, taman batu alam, taman vertikal serta taman untuk atap atau balkon. Kemudian, untuk gaya lokal ada juga gaya taman Bali.

Setiap taman memiliki keindahan tersendiri serta kesesuaian untuk jenis bangunannya.

Bagi kami, tukang taman Jogja, kami siap membangun bergabagai taman sesuai keperluan dan desain bangunan atau lahan Bapak / Ibu.

·         Taman Tropis:

Adalah taman dengan desain yang meniru hutan tropis. Disini, tanaman yang diandalkan adalah tanaman bercorak daun lebar dan tanaman yang kaya warna. Taman jenis ini biasanya juga dilengkapi dengan rerumputan bergaya “liar” serta kolam dengan panduan bebatuan alami.

Taman bergaya tropis, karena karakter tanamannya akan membutuhkan air serta sinar matahari yang mencukupi. Tanah yang digunakan untuk taman inipun harus lembab terus menerus.

Tetapi, mohon diingat untuk tidak menyiram taman secara berlebihan karena bisa membuat akan pepohonan menjadi busuk.

Untuk jenis tanamannya, biasanya menggunakan pohon palem, bambu, pakis. Bougenville, pisang, begonia dan lain sebagainya.

·         Taman Mediterania

Taman Mediterania adalah taman dengan nuansa kering dan panas seperti asal tempatnya. Taman ini terkesan “bersih,” lapang serta biasanya diberi penutup tanah berwarna cream atau warna cerah dan “kering” lainnya. Penutup tanah ini bisa berupa kerikil ataupun yang praktis, conblok. Tetapi, kita tetap bisa menggunakan kolam sebagai bagian dari taman mediterania. Kolam akan memberikan nuansa mewah, “bersih” serta anggun dan rileks.

Untuk aksesori taman, biasanya kita juga bisa menambahkan patung disini. Untuk perawatan, taman ini cukup mudah karena banyak bagian terbuka (tidak rimbun).

Untuk tanamannya sendiri, pilihan yang sering digunakan adalah Agave, sikas, Nolina, kaktus serta paku – pakuan dan sebagainya.

·         Taman Jepang

Taman Jepang didesain dengan gaya tradisional Jepang. Sebenarnya, sangat banyak gaya taman di Jepang. Kita bisa mengenal gaya shinden-zukuri, taman gaya jōdo (jōdoshiki teien), Taman batu Jepang, Taman teh dan sebagainya.

Secara umum, taman gaya Jepang dibuat untuk membuat area taman terasa lebih luas daripada yang sebenarnya. Taman Jepang tidak menggunakan garis – garis simetris atau  titik fokus desain. Andaikata ada titik fokus, maka akan digeser supaya tidak berada ditengah.

Bagi taman Jepang, elemen dasar berupa air, batu serta tanaman. Untuk taman yang besar, air diambil dan dialirkan dari sungai untuk membuat air terjun dan kolam.

Batu dalam taman Jepang menggambarkan keabadian. Batu digunakan untuk memnggambarkan gunung, laut / garis pantai atau landsekap lainnya.

Di taman Jepang, batu juga digunakan sebagai batu pijakan. Batu pijakan ini disebut batu ubin (shikiishi) dan berguna saat berjalan di hujan. Kaki serta alas kaki akan terhindar dari cioratan jika berjalan diatas batu – batu ini.

Untuk tanamannya, taman Gaya Jepang lebih sederhana dibanding taman gaya Eropa. Taman Eropa cenderung menggunakan tanaman bunga dengan warna – warna cerah. Taman Jepang biasanya menggunakan tanaman bergaya kalem.

Selain warna yang sederhana, tanaman juga dibentuk untuk menggambarkan pegunungan atau bentuk – bentuk lainnya.  Untuk fungsi, tanaman gaya Jepang bisa juga berfungsi sebagai penghubung 2 tempat di taman.

·         Taman Gaya Eropa.

Taman Gaya Eropa adalah taman dengan penggunaan tanaman hias yang berwarna – warni. Warna bunga di taman gaya Eropa sangat cerah mulai dari kuning, merah menyala hingga ungu.

Jika kita ingin mengetahui taman gaya Eropa, mungkin taman – taman bunga di Belanda termasuk yang paling mewakili gaya taman eropa ini.

·         Taman Wild Garden

Taman ini mirip gaya tropis. Tetapi tanamannya mungkin lebih besar. Taman dibuat tujuannya supaya area taman terasa sejuk dan lembab. Penggunaan air, batu alam serta kayu bisa menjadi pilihan memperindah taman.

Disini, kayu – kayu dan batu yang kita pilihpun mungkin kita biarkan dengan lumut yang menempel dipermukaannya.

Gaya taman, sebenarnya banyak. Kita bisa memilih sesuai gaya diatas atau memilih tema untuk taman kita. Kami di jasa tukang taman Yogyakarta siap mengerjkan taman Anda hingga selesai. Kami siap membuat taman yang menyejukkan mata setiap kali dipandang.

 

Saat ini, kami di Jasa taman Jogja telah memiliki pengalaman bertahun – tahun dalam membuat berbagai taman untuk berbagai keperluan. Kami memiliki banyak klien jasa pembuat taman yaitu para pemilik rumah pribadi hingga hotel dan restoran di Yogyakarta dan sekitarnya.

Kami memahami bagaimana mendesain taman sesuai dengan desain bangunan Anda serta tema taman yang Anda pilih. Kami akan menyatukannya dan Anda akan menikmati taman indah yang nyaman untuk bersanti. Di rumah, kantor ataupun tempat komersial yang Bapak / Ibu miliki.

Bagi Anda yang ingin membangun taman, gazebo atau kolam yang indah dan berkualitas, silahkan menghubungi kami jasa tukang buat taman Jogja / Yogyakarta dialamat kami dibawah.

  1. https://metrogardenjogja.com

  2. https://kikigardenjogja.com

  3. https://gardenjogja.com

  4. https://madanigardenjogja.com

panduan-lengkap-budidaya-tanaman-pare-lengkap-mudah-pemula

Panduan Lengkap Menanam Pare dan Perawatannya

Tips lengkap cara menanam sayuran pare untuk budidaya atau untuk keperluan keluarga. Sederhana dan cepat besar.

Pare adalah sayuran yang dikenal karena rasanya yang pahit. Tetapi, ternyata sangat banyak penggemarnya.

Meskipun pahit, ternyata rasa pahit ini karena adanya kandungan zat yang bermanfaat. Misal, membantu mengobati pencernaan. sebagai obat diabetes, cacingan serta bisa berguna sebagai antibiotik.

Kondisi lingkungan untuk pertumbuhan pare

Ketinggian penanaman pare antara 0 meter Diatas Permukaan Laut ( DPL ) hingga 1400 meter DPL.

PH yang disukai pare adalah 4 sd 7

Tanah yang ideal adalah tanah humus yang gembur yang banyak nutrisinya untuk tanaman.

Tidak terlalu perlu sinar matahari terlalu banyak. Atau, bisa ditanam di tempat yang teduh.

cara menanam pare

Mempersiapkan benih pare

  1. Benih tanaman pare pada dasarnya berasal dari bijinya. Biji pare ini bisa kita dapatkan dari buah pare yang sudah masak pohon. Jadi bukan masak setelah dipetik.
  2. Tanaman induk harus sehat, tidak cacat dan tidak berpenyakit. Selain itu, pilih pohon yang produktifitasnya tinggi.
  3. Setelah mendapatkan pohon bagus dan buah yang masak dan bagus, buah pare dibelah 2.
  4. Ambil bijinya dan keringkan dengan penjemuran dibawah sinar matahari langsung.
  5. Jika kite kesulitan mendapatkan buah pare yang unggul dari pohon bagus, kita bisa mendapatkan benih pare dari toko tanaman.
  6. Jika memungkinkan, kita juga bisa memilih bibit yang ada sertifikasinya.

Setelah mendapatkan bibit, kita test bibit yang kita dapatkan.

panduan-lengkap-budidaya-tanaman-pare-lengkap-mudah-pemula

Cara menguji / mengetest bibit pare

  1. Air bersih dihangatkan
  2. Benih dimasukkan dan tunggu 30 menit
  3. Benih baik mengambang. Benih yang tidak baik tenggelam

Benih yang tenggelam ini nantinya cenderung tumbuh dengan tidak baik jadi tidak usah ditanam.

Penanaman pare

Benih yang sudah lolos test, kita semaikan. Jika kita tidak mau repot menyemaikan benih pare sebelum ditanam, bisa melakukan hal sebagai berikut.

  1. Lahan dibuat gembur dengan cara dicangkul. Tanah gembur bisa membuat racun yang ada di tanah keluar. Selain itu juga membuat ada pertukaran oksigen.
  2. Tanah yang gembur juga mengurangi potensi penyakit serta hama yang mungkin menyerang.
  3. Lahan dibuat bedengan. Tingginya cukup 30 cm dengan lebar 150 cm.
  4. Beri pupuk organik pada lahan dengan cara menaburkannya.
  5. Aduk dengan tanah hingga merata.
  6. Buat lubang tanam yang dalamnya 6 cm.
  7. Masukkan benih pare pada lubang, setiap lubang isinya 3 biji / benih pare.
  8. Tutup lubang dengan tanah disekitar lubang penanaman.

Perawatan sayuran pare

Cara perawatan tanaman pare ada beberapa sebagai berikut:

  • Penyiangan

Apabila gulma sudah tumbuh tinggi maka perlu dicabut hingga ke akar. Jika dibuang, usahakan jauh dari area lahan.

  • Penyiraman

Tanaman pare disiram pada sore hari setelah ditanam. Setelah itu berikan siraman 2 kali sehari pagi dan sore.

  • Pembuatan tempat rambatan ( para – para )

Para – para bisa dibuat dari bambu dengan panjang 2 meter. Bentuklah rambatan pare kotak supaya tanaman terlihat rapi.

  • Penyulaman

Atau penggantian tanaman yang gagal tumbuh. lakukan saat umur pare 1 minggu.

  • Pemupukan

Selain pupuk organik, kita bisa memberikan pupuk anorganik pada tanaman yang ditanam. Berikan pupuk jika umur tanamn sudah 21 hari. Pupuk yang direkomendasikan adalah pupuk NPK.

  • Pemangkasan pare

Pada penanaman, pare perlu dipangkas hingga 2 kali supaya lebih produktif. Caranya ya memangkas cabangnya saja.

  • Cara pengendalian hama dan penyakit tanaman pare

  1. Cara pertama adalah menutupi pare dengan plastik.
  2. Jika ada penyakit, maka bisa kita semprot dengan insektisida.

panduan-lengkap-budidaya-tanaman-pare-mudah-untuk-pemula

Panen pare

Masa panen adalah kira – kira saat pare berumur mulai 60 hari. Cara memotong yang tidak menimbulkan penyakit adalah memotong dengan gunting bersih / steril. Pemotongan dilakukan pada tangkai buah parenya.

Nah, akhirnya setelah menanam pare hingga pemanenan selesai, panen dan bisa dinikmati atau dijual. Ehm. Baiklah, sampai jumpa lagi di topik lainnya bersama Jogja Garden. Cara menanam pare. loading……

Tips mudah murah membudidayakan tanaman porang

Tips mudah murah membudidayakan tanaman porang

yg tidak benyak menekan angka biaya penggeluran tetapi hasil yang didapat positif hasil…
Langkah² awal dari persiapan pembukaan lahan pertanian sampai ke masa panen yg pas dan di lakukan oleh petani² porang tradisional.
Berikut masa² membudidayakan tanaman

1 pembukaan lahan pertanian

pembukaan lahan pertanian dilakukan lebih awal dan di persiapan semaksimal mungkin dan seefisien mungkin.. Dari media yg akan di pake dasar bibit pupuk dan metode tanam
Kita lakukan dengan mengatur arus aliran air atau irigasi air sehingga lancar kita gemburkan lahan pertanian dgn metode cangkul atau pembabatan tanaman gulma yg lain sehingga tanaman yg tidak penting kita sisihkan kita lakukan ini disaat musim panas// kemarau atau masa² penghujan masa terakir dimana saat² tidak memakan banyak energi dan tenaga kita atur sedemikian rupa mungkin keadaan tempat tanam sehingga irigasi lancar gulma saat tumbuh tidak mengganggu kita siasatti ph tanah sehingga penyakit² busuk pangkal bisa terkurangi krn tidak ada obat melainkan mencegah

2 masa penanaman

Masa penanaman porang yg baik sehingga medapat kan hasil budidaya tanaman yg di inginkan yaitu tidak salah metode tanam… Kita tanam sesuai bibit yg kita pakai tetapi tidak salah masa tanam karena tanaman porang sendiri sangatlah mudah untuk di budidayakan tetapi tidak semua waktu bisa kita lakukan massa penanaman.. Kita gunakan bibit yg sesuai dengan yang kita inginkan bisa dari spora, katak, umbi bibit, hasil rekayasa steck daun belah umbi atau belah katak atau kuljar batang atau bibit cabutan
Dari spora :
Perlu media khusus.. Umumnya polibek atau penyemaian di lahan tetapi kita bongkar lagi saat masa tanam
Dari bibit katak:
Kita bisa lakukan penanaman saat² masa tanam bila naungan bisa kita lakukan penanaman saat kemarau tetapi bila full terbuka yaitu saat masa pancaroba (pesan perhatikan dpl anda tanam)
👉 dan sekarang juga bukan waktu nya menanyakan soal bibit katak karena masih melekat pada batang dan jangan sesekali pake metode potes karena hanya berresiko gagal menjadi bibit saja
Umbi bibit :
Kita lakukan penanaman saat² masa seperti dan sama dengan metode tanam dari bibit katak…
Hasil rekayasa:
Steck daun kita tanam masa waktu pancaroba (media penyimpanan jgn sampai salah sehingga menjadi kwalitas bibit)
Belah umbi:
Masa tanam yaitu ketika umbi belah sendiri sudah kering tidak menyimpan unsur ² yg merusak umbi menjadi tanam an dan masa pembelahan kita lakukan saat musim kemarau atau panas dan saat batang sudah dorman setidaknya bulan² 6-7-8-9 saat belah umbi masa tanam waktu pancaroba dan bentuk pembelahan sudah tidak meninggalkan luka
Belah katak atau ninja hatori:
± sama dgn metode belah umbi.. Tetapi ada kekurangan sendiri.. Metode tanam in hanya bisa digunakan memperbanyak memperoleh bibit untuk hasil ini kurang maksimal karena perbandingan bibit normal masih saja terkena dampak penyakit apa lagi yg direkayasa… 🤷‍♂️
Masa tanam dari bibit dgn yg di rekayasa sendiri lebih lama ketimbang masa tanam yg di lakukan bibit yg tidak di rekayasa misal dari spora atau katak mini positif 2 musim sudah positif manen produksi tetapi yg direkayasa sendiri.. Jangka masa panen lebih lama dan memakan biaya tambahan juga. Bisa 3-4 bahkan 5tahun atau 5 musim baru panen
Kuljar (kultur jaringan) :
Untuk metode tanam sendiri ini hasilnya tidak jauh dengan metode bibit rekayasa yg lain masa tanam tetep dilakukan masa² pancaroba…
Bibit cabutan:
Ini banyak yang menilai ada yg berhasil & tidak… Saya hanya berbagai pengalaman tidak ada sitem mau menjerumuskan karena metode tanam cabutan sendiri ada perlakuan khusus..
Masa menanam bibit cabutan ketika masa² dimana siklus hidup porang sendiri masa² kuncup dimana antara siklus spora iles² memasak spora porang memekarkan klopak di sini saat² masa tanam bibit cabutan bisa kita lakukan… Dan saat ini masih banyak bentuk porang sendiri masih keadaan kuncup dan bungga spora suwek maupun walur memasakkan biji bunga… Waktu nya masa tanam ini biasanya tidak lama paling cuma 1-2minggu ketika siklus hujan sudah tinggi.. Sudah sangat berresiko mengunakan bibit cabutan.
Metode tanam cabutan sendiri lebih baik kita lakukan di tidurkan tidak di cagak dan cabutan sendiri lebih baik kita gunakan yg masih berbentuk batang² kecil² untuk yg besar² waktu ini biasanya masih jarang mengeluarkan tunas.. Karena porang pasti duluan yg kecil² awal tumbuh saat ini lah bentuk cabutan yg bagus dan insya Allah tumbuh normal…
Ibarat sebuah tanaman padi setelah penyeemaian kita tanam dan ketika sudah mau berbunga padi kita tanam pasti gagal.
Bila melewati masa ini biasanya sangatlah berresiko..
Anda tanam gagal
Cabutan sendiri pertumbuhan nya lebih buruk ketimbang kita pake bibit katak mini… Dan lebih baik kita gunakan bibit katak mini isi 1000 up ketimbang cabutan.
Dan sekarang bukan masa waktu nya tanam melainkan masa dimanamenunggu masa panen…
Untuk kuncup umbi besar masih layak karena akar belum menyebar tetapi bila sudah mekar daun resiko kerdil dan lebih baik mengunakan katak mini tanam awal… Dan bila sudah banyak mekar jgn sesekali bertanam cabutan.. Sangat berresiko gagal

3 perawatan//pemupukan

Masa di mana pemupukan sudah saya jelaskan di postingan saya kemarin..
Masa pemupukan awal ketika saat daun mulai mekar sudah melewati masa kuncup
Masa pemupukan ke 2 ketika saat daun sudah betul² mekar dan hampir semua berjumpa dengan daun batang yg lain
Masa pemupukan terakir:
Dimana saat daun sudah melebar mekar dan bentuk bulbil katak menampakkan tetapi belum berbentuk Sempurna..
Untuk pemupukan sendiri bisa kita gunakan pupuk hayati kita tugal atau di tabur dengan jarak antara 10-25cm dari pangkal batang untuk jenis kimia main tugal bisa main tebar atau tabur bisa…
Untuk pupuk kimia main tebar kita lakukan pemupukan saat² jam 9-10 keatas ketika embun di daun sudah turun dan di saat setelah habis hujan atau tanah basah….
warning ( PAHAMI DOSIS)
porang tidak ada di larang di pabrik maupun pihak ekspor tentang pupuk hayati maupun kimia… Yg membuat sangat berreaiko bukan masalah pupuk melainkan sejenis racun..
Misal : furadan
👉 umbi porang termasuk bahan baku pangan ketika bercampur aduk dgn sifat racun pasti berresiko pasti di pasaran akan terganggu krn mengandung zat racun bukan zat kimia…
👉 pupuk kimia tidak ada yg salah melainkan salah mengaplikasikan ke tanah sehingga tanah rusak dan berdampak sampai ke umbi porang ( PAHAMI DOSIS)

4 MASA PANEN

Masa panen sendiri karena porang adalah sebuah bentuk tanaman umbian pasti setelah bentuk batang tanaman sudah menua atau mati (dorman) dan untuk mengetahui cara-cara nya sudah saya kasi tau kemarin lewat postingan
Masa panen yg betul yaitu saat sudah kita memanen hasil jenis bibit jenis katak dahulu. Setelah kita pungut habis jenis bibit maka kita panen sehingga tidak terbenam tanah yg galian umbi.
Umbi porang besar² bentuk katak sudah membanyak batang nya sudah besar² saat ini lah masa waktu nya panen umbi porang produksi (bukan bibit) masanya…
Batang besar bentuk katak banyak… Itu bukan dari jenis pupuk maupun cara perawatan… Melainkan tanaman porang sendiri melewati beberapa kali siklus musim atau memang varian yg jenis tanaman yang berkatak banyak.
Tanam hingga dorman 4-5-6 bulan misal dari katak dan tumbuh dan dorman lagi itu di sebut 2 musim (2 musim hidup 2 musim penghujan)
Masa panen yg bagus start dari bibit katak.. Usia 3-4musim
Semoga bisa membantu…
cara-budidaya-jamur-tiram

Cara Budidaya Jamur Tiram di Rumah Mudah Untuk Pemula

Cara budidaya jamur tiram untuk pemula yang mudah dan bisa dilakukan di rumah dengan skala pribadi atau komersial.

Jamur tiram sendiri sebenarnya ada beberapa jenis. Ada yang abu – abu, putih hingga warna cokelat dan emas. saat ini restoran jamur memang semakin banyak. Selain iru, restoran – restoran itu tampaknya ramai – ramai saja.

Cara budidaya jamur tiram ( putih ) di rumah

Bibit jamur tiram yang kita pilih harus baik supaya hasil yang didapat juga baik. Beberapa cara untuk mendapatkan bibit jamur tiram yang baik:

Membuat bibit murni sendiri sehingga mendapatkan bibit F1.

Membeli dari penyedia bibit ( instansi ) terpercaya.

Untuk pemula, bibit disarankan untuk dibeli sendiri daripada dibuat sendiri.Cara memilih bibit jamur tiram:

  1. BER bibit sekitar 75%.
  2. Miselium bibit yang berwarna putih telah tumbuh merata di medianya.
  3. Tanggal pembuatan masih berlaku atau jangan kadaluarsa.
  4. Mencari ilmu dari mereka yang sudah berhasil atau dari yang memahami caranya.

Membuat media tanam jamur tiram:

Media tempat tumbuh jamur tiram adalah baglog. Baglog ini dibuat dari serbuk gergaji, bekatul dan kapur. Perbandingannya 100 kg serbuk gergaji banding 10 kg bekatul dan 1 sd 2 kg kapur atau kalsium.

Aduk semua bahan dan tambahkan air sekitar 60% dari berat bahan.

Adukan ditutup terpal atau plastik.

Bahan plastiknya berukuran 17×30/20×35/15×30 dan diisi adonan tadi. Padatkan. Untuk plastik / baglog kecil beratnya sekitar 1,8 kg.

cara-budidaya-jamur-tiram

  • Fermentasi media tumbuh jamur.

Adanya fermentasi membuat hasil yang didapat bisa maksimal. Selain itu, saat proses fermentasi bisa membunuh jamur liar lainnya.

Cara fermentasinya adalah dengan mendiamkan media selama kurang lebih 5 sampai 10 hari. Jadi proses pengomposan atau pelapukan materialnya sudah terjadi.

Saat proses fermentasi, suhu disekitar media tumbuh akan naik sekitar 70 derajat celcius. Material media perlu diratakan dengan dibolak – balik.

Baglog yang siap pakai saat warnanya cokelat kehitaman.

  • Sterilisasi baglog jamur tiram

Proses ini membutuhkan beberapa drum

Drum pertama berisi air sekitar 30 cm sd 50 cm dari dasar drum. Tutup drum dengan tutup yang sudah diberi lubang. Hubungkan dengan selang besar ke drum kedua.

Selang masuk lewat bagian bawah drum. Jadi uap masuk ke drum dua dari sisi bawah. Bagian atasnya ditutup dan diberi pengencang besi plus lubang untuk dihubungkan ke drum selanjutnya ( drum 3 ).

Drum ke 3 berisi media yang sama dan prosedur kerjanya sama saja dengan drum pertama.

Pada drum terakhir, plastik diikat dengan tali tambang. Jika menggunakan besi maka akan berpengaruh pada tekanannya.

Jadi, media diuapkan lewat berbagai drum tadi. Ini namanya strerilisasi channel. Jika suhu media sudah 60 derajat Celcius, maka diamkan selama sekitar 6 jam hingga dingin alami. Jika suhunya sudah 45 atau 40 derajat, tutup drum terakhir dibuka dan media ditempatkan di rak.

cara-budidaya-jamur-tiram

  • Proses inokulasi baglog untuk jamur tiram

Jika proses strerilisasi selesai, maka baglog bisa dipindah ke tempat inokulasi. Biarkan saja dulu selama sehari penyuh supaya suhunya normal kembali.

Tempat inokulasi ini mesti punya sirkulasi udara yang baik supaya baglog tidak tercemar.

Mengisi bibit ke baglog

Botol bibit F3 disiapkan, semprot dengan alkohol. Mulut botol bibit F3 dibakar dengan kapas yang dibasahi spiritus hingga sebagian kapas terbakar.

Kapas penyumbat botol dibuka, aduk dengan benda steril. Tentunya benda yang juga sudah dibakar.

Pindah bibit dari botol ke baglog. Masukkan hingga ke leher baglog. Ambil sekitar 10 gram dan tutup dengan kapas. baglognya.

Inkubasi jamur tiram

Suhu yang cocok saat ini adalah sekitar 22 sd 28 derajat celcius. Kelembaban udara sekitar 60% sd 70%. Masa inkubasi berlangsung beberapa minggu.

Jika miselium sudah tumbuh, tutup pada jamur dibuang dan tetap dibiarkan terbuka. Jamur disemprot tiap hari dengan air supaya tetap lembab. jamur akan besar dalam satu bulan dan siap untuk dipanen.

cara-budidaya-jamur-tiram

Cara panen jamur tiram

Cara panen jamur tiram adalah dengan cutter atau pisau tajam.

Jangan di cabut atau dipotong dengan tangan karena jamur bisa busuk.

Begitu dipotong, jamur langsung ditaruh di keranjang dan jangan pernah dibersihkan di ruangan pengembangbiakan jamur.

Jamur bisa dikemas dalam plastik transparan dengan gelembung mencukupi.

Jika udaranya terlalu banyak jamur akan mengeluarkan gas. Pintu ruang pengembangbiakan juga mesti ditutup supaya sinar tidak masuk langsung. Hal ini mengganggu kelembaban tempat tumbuh jamur.

Tips selanjutnya, pelajari juga cara pemasaran serta pengemasan jamur tiram yang baik. Jamur ini termasuk tanaman yang cepat layu.

Begitulah cara budidaya jamur tiram di rumah mudah untuk pemula. end.

cara menanam jamur kuping

Panduan Cara Budidaya Jamur Kuping

Budidaya jamur kuping disini caranya menggunakan serbuk gergaji sebagai media tanam. Serbuk gergaji ini bisa kita siapkan sendiri jika kita memang serius dengan budidaya jamur merang.

Ada mesin untuk membuat serbuk gergaji dari kayu yang mudah dipergunakan serta mempunyai hasil produksi yang lumayan besar. Anda bisa mendapatkan mesin semacam ini di toko – toko alat teknik.

Jamur sendiri adalah jenis kuliner yang disukai. Jamur kuping adalah salah satu yang paling diminati. Tidak heran jika harganya lumayan tinggi mencapai Rp. 100.000 – atau lebih per kilogramnya.

Dengan harga itu, keuntungan yang bisa kita dapatkan pun lumayan meskipun biaya produksi sebenarnya juga lumayan besar.

Ada beberapa jenis jamur kuping. Yang populer jamur kuping warna hitam .

Kandungan jamur kuping cukup lengkap. Diantaranya adalah vitamin B1, vitamin B2, biotin, niasin, Vitamin C, Kalium, Phospor, Ca, Magnesium, Cu serta kandungan lain seperti protein nabati dan lemak.

Untuk budidaya jamur kuping, media tanam yang populer adalah serbuk gergaji.

Cara budidaya jamur kuping

  • Cara menyiapkan media tanam jamur kuping

Di alam bebas, jamur kuping hidup di kayu lapuk yang hampir mati. Jadi, kita tiru media tanamnya dengan serbuk gergaji.

  1. Serbuk gergaji campur bekatul dengan perbandingan 85 : 15 atau 90 : 10.
  2. Serbuk gergaji diayak terlebih dahulu.
  3. Aduk campuran hingga merata dan tambahkan kapur 1% sd 3%.
  4. Tambahkan air cukup banyak hingga kandungan air mencapai 50% sd 70%.
  5. Jika bingung dengan cara menambahkannya, genggam media, jika menggumpal maka campuran media sudah benar.
  • Cara menyiapkan baglog jamur kuping

Baglog adalah tempat hidup serta tempat mengembangbiakkan jamur.

Persiapan baglog.

  1. Plastik transparan ukuran 30 X 20 cm dan tebal 0,5 mm (plastik 1 kg ).
  2. Media diisi di plastik. Ketinggian isian 20 cm.
  3. Isi media dengan padat dan gunakan mesin press.
  4. Tutup mulut plastik dengan kapas.
  5. Tutup dengan plastik supaya media tidak terkena air atau mendapat kontaminasi.
  6. Tempatkan media di ruang tertutup dan disterilkan.

baglog jamur kuping

  • Cara sterilisasi media tanam jamur kuping

Sterilisasi berguna supaya media tidak terkena mikroorganisme pengganggu jamur kuping.

  1. Gunakan drum / wadah berukuran besar untuk sterilisasi. Isi dengan air. Letakkan saringan diatasnya dan susun media diatas saringan.
  2. Panaskan air di drum dengan api dari kayu atau bambu. Panaskan selama 6 hingga 8 jam dan pertahankan suhu lebih dari 100 derajat celcius.
  3. Angkat media dan dinginkan hingga suhu dalam media normal.
  4. Pastikan ruang tanam steril dan bersih. Masukkan baglog kedalamnya.
  5. Lakukan inokulasi pada media jika suhunya sudah normal.
  • Cara inokulasi jamur kuping

Inokulasi adalah menanam bibit jamur kedalam baglog. Inokulasi membutuhkan tempat yang gelap dan steril supaya media tidak terkontaminasi.

Persiapan inokulasi jamur kuping:

  1. Siapkan alkohol 70% dan lampu bunzen yang bahan bakarnya spiritus.
  2. Spatula dan bibit jamur kuping (F1).
  3. Semprot alkohol ke spatula dan bakar di api lampu bunzen.
  4. Baglog dibuka dan bibit dimasukkan di media. Cincin dimasukkan ke mulut media
  5. Tarik sisa plastik di cincin kebawah dan ikat dengan karet.
  6. Tambah kapas jika diperlukan sebagai penutup media.
  • Cara inkubasi jamur kuping

Inkubasi pada tanaman jamur adalah proses menumbuhkan misselium sehingga baglog penuh.

Jika misselium putih itu sudah terlihat di semua bagian baglog, maka proses inkubasi kita sudah berhasil.

  1. letakkan baglog di rak dalam ruang tertutup. Tutup baglog supaya tidak ada sinar matahari yang tembus.
  2. Tunggu 4 hingga 8 minggu.
  3. Jika telah melampaui 5 minggu tidak tumbuh misselium, maka inakulasi kita gagal.

cara menanam jamur kuping

  • Cara memindah baglog ke kumbung jamur

  1. Jika misselium telah memenuhi 3/4 baglog, maka perlu dipindah ke kumbung jamur.
  2. Penyiraman hanya diperlukan jika misselium sudah memenuhi baglog. Siram dengan penyemprot pada atap dan lantai baglog, bukan langsung di baglognya karena baglognya bisa busuk.
  3. Jika panas, tingkatkan penyiraman. Jaga kelembaban kumbung sekitar 70% sd 80%.

Pemanenan jamur kuping

Pemanenan bisa dilakukan saat jamur sudah tumbuh di ukuran maksimal. Biasanya umurnya adalah  5 sd 6 minggu. Untuk sekali masa tanam, pemanenan bisa dilakukan antara 4 sd 8 kali tergantung perawatan kita.

Inilah sedikit artikel mengenai cara menanam jamur kuping dengan serbuk gergaji, semoga bermanfaat.

Harga Daging Ayam Cemani

Daging Ayam Cemani rata rata Rp 35.000.000

Ayam cemani asal Indonesia, berhasil menempati posisi utama sebagai daging yang paling mahal di dunia. Ayam cemani ini memiliki warna hitam, hingga ke bagian daging, hingga semua organnya. Populasinya yang sangat sedikit, dan terbilang langka membuat ayam ini dicari di seluruh dunia.

Di Amerika sendiri, satu ekor ayam cemani bisa mencapai harga (Rp 35.000.000). Harganya terus meningkat karena populasinya yang terbatas. Harga ini terbilang sangat mahal untuk ukuran ayam, di mana biasanya satu ekor ayam biasa dihargai sekitar Rp 50.000 saja.

Cari :

Call Now
Whatsapp CS1