ARTIKEL & BERITA

Tukang Taman Jogja

Tukang Taman Jogja

Jasa Tukang Taman Jogjakarta

 

Taman yang indah bisa kita dapatkan jika kita memilih tanaman sesuai fungsinya. Jasa tukang taman Jogja saat ini sedang booming dan banyak yang mencari. Ini karena taman saat ini merupakan kebutuhan para pemilik rumah. Taman bukan lagi hanya tambahan hiasan supaya rumah terlihat lebih mewah. Tetapi, secara tidak sadar taman atau kolam sudah menjadi bagian dari kebutuhan kita.

 Ada beberapa hal yang membuat rumah kita terasa nyaman. Salah satunya adalah adanya taman yang baik dan indah untuk dipandang. Taman dengan tamanaan yang berwarna hijau memberikan kesegaran tersendiri.

Membuat taman di halaman beserta dengan Gazebo, tempat duduk beserta perlengkapan lainnya akan membuat ruang luar rumah terasa nyaman sebagai tempat bersantai. Selain itu, ruang dalam rumahpun bisa tampil lebih segar dengan keberadaan taman serta kolam.

Namun, untuk membuat sebuah taman yang menyenangkan, kita perlu pengetahuan dasar tentang taman. Dan, rasa seni untuk mendapatkan keindahan, fungsi serta atmosfer yang ingin dibangun.

Anda menyukai ruang luar atau taman Anda sebagai tempat bersantai secara pribadi? Anda menginginkan taman Anda bisa digunakan sebagai tempat makan malam bersama kolega?

Maka, desain kedua taman tersebut pastinya berbeda.

Taman untuk keperluan bersantai secara pribadi bisa kita desain dengan jalan setapak yang kecil. Suasananya lebih pribadi serta lebih tertutup. Jika rumah tetangga semua bertingkat, kita tetap bisa menjaga privasi dengan membangun Gazebo di taman kita. Atau. kita bisa menambahkan atap di beberapa taman kita.

Taman untuk berpesta atau untuk bertemu menjamu kolega akan didesain secara berbeda. Jalan setapak di taman lebih lebar, lapang serta memungkinkan 2 atau 3 orang berjalan serta berbincang bersama – sama.

Taman ini harus terasa “hangat” serta mampu menampung berbagai aktivitas kita disana. Kita mungkin perlu ruang duduk outdoor yang cukup luas. Mungkin, kita bisa menyimpan sarana dapur atau pemanggan barbeque di area taman kita.

Kemudian, pemilihan tanaman di sebuah taman juga perlu mengetahui fungsi dari masing – masing tanaman. Tema dan gaya taman perlu disesuaikan dengan jenis tanaman yang cocok. Jika bisa memilih tanaman yang sesuai dengan tema dan gaya taman, maka kita bisa mendapatkan harmony yang indah untuk dipandang. Selain itu, taman juga akan terasa nyaman serta menyegarkan.

Kita mengetahui ada tanaman sebagai penutup tanah, tanaman tabir, tanaman pengarah jalan serta tanaman pelindung dan sebagainya. Tanaman – tanaman ini perlu ditanam serta ditempatkan sesuai fungsi masing – masing.

Kami, sebagai jasa tukang taman berpengalaman di Jogja / Yogyakarta memiliki pengetahuan seperti ini. Kami mengetahui berbagai jenis tanaman hias beserta fungsinya. Selain itu, kami juga mengetahui syarat tumbuh serta tips merawat tanaman – tanaman tersebut supaya tumbuh dan tampil sehat dan prima.

Jadi, sebagai klien Anda bisa memiliki rumah atau bangunan dengan berbagai gaya dan desain arsitektur. Kantor Anda mungkin berdesain modern sedangkan rumah Anda memiliki gaya mediterania.

Kami siap membangun taman berdesain mediterania di rumah Anda seperti halnya membuat taman yang cocok untuk kantor Anda.

Apabila Anda termasuk pemilik rumah bergaya Belanda di Jogjakarta, maka taman bergaya eropa mungkin cocok bagi rumah Anda. Yang jelas, kami akan membuat desain taman bukan hanya gayanya yang cocok, tetapi juga fungsinya.

Jika taman dikantor Anda digunakan untuk memisahkan area parkir dengan area lobby, maka kami akan membuatkan dengan desain yang cocok. Tentunya cocok dari sisi jenis tanaman, desain bangunan serta mempertimbangkan pertumbuhan tanamannya juga.

Beberapa jenis taman:

Ada beberapa jenis taman yang terkenal sampai saat ini. Taman tropis, taman bergaya Jepang, Taman bergaya eropa serta taman gaya mediterania dan wild garden.

Namun, selain taman taman diatas, kita juga mengenal taman – taman lainnya seperti taman minimalis, taman kolam / gazebo, taman batu alam, taman vertikal serta taman untuk atap atau balkon. Kemudian, untuk gaya lokal ada juga gaya taman Bali.

Setiap taman memiliki keindahan tersendiri serta kesesuaian untuk jenis bangunannya.

Bagi kami, tukang taman Jogja, kami siap membangun bergabagai taman sesuai keperluan dan desain bangunan atau lahan Bapak / Ibu.

·         Taman Tropis:

Adalah taman dengan desain yang meniru hutan tropis. Disini, tanaman yang diandalkan adalah tanaman bercorak daun lebar dan tanaman yang kaya warna. Taman jenis ini biasanya juga dilengkapi dengan rerumputan bergaya “liar” serta kolam dengan panduan bebatuan alami.

Taman bergaya tropis, karena karakter tanamannya akan membutuhkan air serta sinar matahari yang mencukupi. Tanah yang digunakan untuk taman inipun harus lembab terus menerus.

Tetapi, mohon diingat untuk tidak menyiram taman secara berlebihan karena bisa membuat akan pepohonan menjadi busuk.

Untuk jenis tanamannya, biasanya menggunakan pohon palem, bambu, pakis. Bougenville, pisang, begonia dan lain sebagainya.

·         Taman Mediterania

Taman Mediterania adalah taman dengan nuansa kering dan panas seperti asal tempatnya. Taman ini terkesan “bersih,” lapang serta biasanya diberi penutup tanah berwarna cream atau warna cerah dan “kering” lainnya. Penutup tanah ini bisa berupa kerikil ataupun yang praktis, conblok. Tetapi, kita tetap bisa menggunakan kolam sebagai bagian dari taman mediterania. Kolam akan memberikan nuansa mewah, “bersih” serta anggun dan rileks.

Untuk aksesori taman, biasanya kita juga bisa menambahkan patung disini. Untuk perawatan, taman ini cukup mudah karena banyak bagian terbuka (tidak rimbun).

Untuk tanamannya sendiri, pilihan yang sering digunakan adalah Agave, sikas, Nolina, kaktus serta paku – pakuan dan sebagainya.

·         Taman Jepang

Taman Jepang didesain dengan gaya tradisional Jepang. Sebenarnya, sangat banyak gaya taman di Jepang. Kita bisa mengenal gaya shinden-zukuri, taman gaya jōdo (jōdoshiki teien), Taman batu Jepang, Taman teh dan sebagainya.

Secara umum, taman gaya Jepang dibuat untuk membuat area taman terasa lebih luas daripada yang sebenarnya. Taman Jepang tidak menggunakan garis – garis simetris atau  titik fokus desain. Andaikata ada titik fokus, maka akan digeser supaya tidak berada ditengah.

Bagi taman Jepang, elemen dasar berupa air, batu serta tanaman. Untuk taman yang besar, air diambil dan dialirkan dari sungai untuk membuat air terjun dan kolam.

Batu dalam taman Jepang menggambarkan keabadian. Batu digunakan untuk memnggambarkan gunung, laut / garis pantai atau landsekap lainnya.

Di taman Jepang, batu juga digunakan sebagai batu pijakan. Batu pijakan ini disebut batu ubin (shikiishi) dan berguna saat berjalan di hujan. Kaki serta alas kaki akan terhindar dari cioratan jika berjalan diatas batu – batu ini.

Untuk tanamannya, taman Gaya Jepang lebih sederhana dibanding taman gaya Eropa. Taman Eropa cenderung menggunakan tanaman bunga dengan warna – warna cerah. Taman Jepang biasanya menggunakan tanaman bergaya kalem.

Selain warna yang sederhana, tanaman juga dibentuk untuk menggambarkan pegunungan atau bentuk – bentuk lainnya.  Untuk fungsi, tanaman gaya Jepang bisa juga berfungsi sebagai penghubung 2 tempat di taman.

·         Taman Gaya Eropa.

Taman Gaya Eropa adalah taman dengan penggunaan tanaman hias yang berwarna – warni. Warna bunga di taman gaya Eropa sangat cerah mulai dari kuning, merah menyala hingga ungu.

Jika kita ingin mengetahui taman gaya Eropa, mungkin taman – taman bunga di Belanda termasuk yang paling mewakili gaya taman eropa ini.

·         Taman Wild Garden

Taman ini mirip gaya tropis. Tetapi tanamannya mungkin lebih besar. Taman dibuat tujuannya supaya area taman terasa sejuk dan lembab. Penggunaan air, batu alam serta kayu bisa menjadi pilihan memperindah taman.

Disini, kayu – kayu dan batu yang kita pilihpun mungkin kita biarkan dengan lumut yang menempel dipermukaannya.

Gaya taman, sebenarnya banyak. Kita bisa memilih sesuai gaya diatas atau memilih tema untuk taman kita. Kami di jasa tukang taman Yogyakarta siap mengerjkan taman Anda hingga selesai. Kami siap membuat taman yang menyejukkan mata setiap kali dipandang.

 

Saat ini, kami di Jasa taman Jogja telah memiliki pengalaman bertahun – tahun dalam membuat berbagai taman untuk berbagai keperluan. Kami memiliki banyak klien jasa pembuat taman yaitu para pemilik rumah pribadi hingga hotel dan restoran di Yogyakarta dan sekitarnya.

Kami memahami bagaimana mendesain taman sesuai dengan desain bangunan Anda serta tema taman yang Anda pilih. Kami akan menyatukannya dan Anda akan menikmati taman indah yang nyaman untuk bersanti. Di rumah, kantor ataupun tempat komersial yang Bapak / Ibu miliki.

Bagi Anda yang ingin membangun taman, gazebo atau kolam yang indah dan berkualitas, silahkan menghubungi kami jasa tukang buat taman Jogja / Yogyakarta dialamat kami dibawah.

  1. https://metrogardenjogja.com

  2. https://kikigardenjogja.com

  3. https://gardenjogja.com

  4. https://madanigardenjogja.com

Jasa Pembuatan Website Jogja

Jasa Pembuatan website Jogja

Jasa Pembuatan Website Jogja, Anda ingin berpromosi secara online? silahkan menghubungi LAWANG TECHNO. Kami berpengalaman membangun website untuk berbagai jenis bisnis, institusi pemerintah serta berbagai portofolio perusahaan.

Membuat website secara teknis mungkin tidak terlalu sulit. Tetapi memang memakan waktu. Kemudian, kita juga mengharapkan website kita untuk mampu membantu kita dalam penjualan dan promosi bisnis.

Untuk kedua urusan ini, ada baiknya Anda menyerahkannya kepada profesional untuk menyelesaikannya. Ada hal – hal yang produktif untuk Anda kerjakan sendiri. Ada juga yang mungkin akan membuang waktu Anda untuk mengerjakannya. Mendesain dan mencetak kartu nama misalnya, tampak sederhana. Tetapi, jauh lebih mudah diserahkan ke percetakan saja ketimbang dibuat sendiri.

Untuk jasa pembuatan website, harganya juga tidak terlalu mahal. Yang jelas, harga hari ini berbeda dibandingkan harga jasa pembuatan website tahun 2007 kebawah. Saat itu, harga website masih berkisar minimal Rp 7.000.000 sebuah. Kini, situs yang sama harganya hanya mulai Rp. 1.5.000.000 saja di LAWANG TECHNO.

Mengapa membuat website bersama kami ?

Ada beberapa alasan Anda membuat website di LAWANG TECHNO.

  • Website yang menjual

Jasa Pembuatan Website Jogja

Sebuah website yang mampu mengembalikan investasinya dan menambah nilai bisnis kita.

Ini hal penting karena Anda ingin keuntungan lebih dari sebelumnya. Memang, sekedar membuat website masih agak sulit untuk mendapat tambahan penjualan. Tetapi, ada layanan lain untuk meningkatkan penjualan. Misalnya:

Layanan Google Ads

Iklan Google akan menempatkan halaman website Anda di Halaman depan Google saat ada yang mencarinya. Jadi penjualan bisa meningkat.

Jasa SEO

Search Engine Optimization juga bertujuan membuat website masuk halaman depan Google. Tujuan akhirnya juga supaya penjualan meningkat.

Sayangnya, SEO ini prosesnya agak lama. Ada banyak faktor yang harus dioptimalkan supaya website bisa masuk halaman pertama pencarian Google. Proses ini memerlukan waktu. Untuk website baru, akan lebih lama lagi.

Masalahnya, sebuah bisnis akan produktif jika terjadi banyak penjualan. Penjualan yang cepat tanpa menunggu bisa dilakukan dengan menggunakan Google Ads.

  • Berpengalaman sejak tahun 2011

Kami jasa pembuatan website di Jogja yang melayani klien dari seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta dan luar kota. Klien kami berasal dari Medan Hingga Papua. Beberapa klien juga berasal dari Kalimantan dan Sulawesi. Saat ini, klien kami telah mencapai lebih dari 1000 sejak tahun 2011 kami berdiri.

  • Kami jasa pembuatan website profesional di Yogyakarta

Apa yang dimaksudkan dengan website yang profesional?

Desain yang sesuai

  • 10 Detik adalah waktu yang dibutuhkan pengunjung untuk mendapat kesan pertama

Website dengan desain yang sesuai dengan karakter bisnis akan sangat membantu kepercayaan pengunjung. Dan, membantu mendorong mereka untuk melakukan order atau menghubungi kita.

  • Kesan visual website yang sesuai

Kami mengerti bagaimana mata memperhatikan halaman website, baik lewat laptop ataupun saat membukanya dengan HP yang layarnya kecil.

Kami juga mengerti bagaimana membangun image dengan website.

Terkadang, seorang ingin website yang menampakkan bahwa bisnisnya sudah sangat besar. Tetapi, ada juga yang ingin menampakkan bahwa bisnisnya lebih personal untuk para pelanggannya.

Sebuah website dengan desain yang cocok akan meningkatkan kepercayaan pengunjung. Dan akhirnya, membantu meningkatkan penjualan.

  • Tombol Call To Action ( CTA ) yang pas

Contoh kecil saja, kami meletakkan tombol kontak ditempat yang mudah terlihat. Dengan warna yang mencolok tetapi sekaligus menarik dan tidak mengganggu pandangan.

Kami juga menempatkan tombol kontak pada bagian atas. Pengunjung yang tidak suka membuka sampai kebawah akan menyukai tombol yang langsung bisa mereka pergunakan, misal untuk chat WhatsApp atau langsung menelepon. Dan lain sebagainya.

Kemudahan navigasi website

  • Pengunjung ingin mendapatkan informasi yang diingankan dengan cepat

Website yang mudah untuk navigasi adalah web yang disukai pengunjung. Kita harus memastikan pengunjung mendapatkan apa yang mereka cari dan dengan cara yang mudah.

Bagi kita, jika pengunjung gagal menemukan produk kita, mereka pasti tidak akan membelinya. Ini adalah rumus yang harus diingat oleh pembuat website manapun.

Kami juga mengetest kemudahan navigasi website Anda sebelum kami serahkan kepada Anda.

Yang penting lagi, kami juga memahami bagaimana membuat layout yang baik.

  • Kami bisa menunjukkan hal penting dengan cara yang menarik

Kami bisa menempatkan promo Anda dengan cara menarik di tempat yang paling mudah terlihat. Atau, kami bisa membuatnya paling terlihat.

Website responsif layar gadget yang kecil

  • Pencarian di Internet saat ini 80% dilakukan menggunakan smartphone

Tidak ada alasan kecuali membuat website yang layoutnya bisa mengikuti layar kecil smartphone.

Secara keseluruhan, fungsi website dan desain / layoutnya tetap indah saat dibuka dengan HP. Meskipun, kami membuat website Anda tetap menggunakan PC atau Laptop.

  • Mudah melakukan Maintenance

Anda bisa mengubah sendiri atau menambah isi website dengan mudah.

Kami menggunakan Content Management System ( CMS ) yang membantu Anda untuk melakukan maintenance website dengan mudah.

Anda bisa posting konten baru kapanpun, atau menambah gambar serta embed video dari Youtube kapan saja Anda sempat.

Cara melakukannya juga mudah, mirip dengan mempergunakan Facebook. Jika Anda bingung, kami memang akan mengajarkannya kepada Anda.

Jenis jasa pembuatan website yang kami layani

Kami melayani berbagai jenis jasa pembuatan website, baik website penjualan / komersial atau untuk institusi.

  • Jasa pembuatan website sekolah di Jogja
  • Jasa pembuatan website sedot WC di Yogyakarta
  • Jasa pembuatan website portofolio perusahaan Jogja
  • Jasa pembuatan website event organizer Jogja
  • Jasa pembuatan website catering di Jogja
  • Jasa pembuatan website wedding organizer murah Yogyakarta
  • Jasa membuat website untuk pribadi / pembuatan blog pribadi.
  • Jasa pembuatan situs website berita
  • Jasa pembuatan website rental mobil di Jogjakarta
  • Jasa pembuatan website hotel di Yogyakarta
  • Jasa pembuatan website restoran Jogjakarta

Jasa pembuatan website lain – lain.

Area layanan Jasa pembuatan website di Yogyakarta

LAWANG TECHNO melayani jasa pembuatan website di Sleman, Kota Yogyakarta, Bantul, Wonosari. Kulonprogo dan juga di berbagai kota lain di Indonesia.

Kami adalah jasa pembuatan website di Yogyakarta yang berkantor di daerah Seturan, Barat UPN Veteran Yogyakarta.

cara budidaya kelapa kopyor

Budidaya Kelapa Kopyor, Bagaimana Caranya?

Budidaya kelapa kopyor mungkin belum menjadi pilihan banyak orang. Padahal permintaan kelapa kopyor atau kelapa muda banyak.

Seorang penjual es kelapa muda di pinggir jalan yang saya perhatikan karena mangkal dekat rumah, biasanya menerima antaran kelapa muda hingga 1 pickup untuk 3 atau 4 hari. Pickup ini bak nya disambung dengan besi lagi keatas dan mampu menampung lebih banyak dari bak standar. Sampai kaca belakang yang terlindung besi bar tertutup lah.

Jika berdagang di jalan ramai atau dekat lokasi seperti sekolah, kampus atau kantor, penjual es kelapa muda lumayan mudah menghasilkan uang ratusan ribu sehari.

Lalu bagaimana jika lahan kita kecil? apakah cocok untuk menanam kelapa kopyor?

Yah, bisa saja. Bahkan ada cerita seorang Bapak dengan 5 batang pohon kelapa kopyor bisa menyekolahkan anak hingga perguruan tinggi.

Pohon ini bisa ditanam dan umurnya 4 sd 5 tahun sudah bisa dipanen.

Pohon ini idealnya ditanam pada ketinggian 400 meter DPL dengan sinar matahari 75%.

Tetapi, sebaiknya jangan ditanam di tanah berkapur keras.

Cara budidaya kelapa kopyor

  1. Menggali lubang tanam 40 cm dan 50 cm.
  2. Mengisi dengan pupuk organik fermentasi 10 cm.
  3. timbun dengan tanah 10 cm.
  4. Masukkan atau tanam bibit kelapa kopyor kedalam lubang.
  5. Tutup lubang hingga 3/4 batok kelapa tertimbun dan 1/4 batok kelapa masih terlihat.
  6. Setelah usia 2 bulan atau 3 bulan, timbun semua batok kelapa hingga tidak keliharan.
  7. Salah satu kunci keberhasilan penanaman adalah jarak tanam yang benar. Kita mesti menanamnya jauh dari pohon kelapa biasa supaya hasilnya maksimal.
  8. Jika tidak ada lahan yang jauh, maka kita tanam saja dengan jarak 9 X 0 meter atau 10 X 10 meter dengan pola tanam segitiga.

cara budidaya kelapa kopyor

Perawatan kelapa kopyor

Menaungi pohon yang baru ditanam dengan paranet yang keteduhannya 50%.

Menyiangi secara berkala dan menyiram jika tidak ada hujan.

Pupuk untuk tanaman 0 sd 2 tahun adalah 0,2 kg N per pohon pertahun. P2O5 sebanyak 0,2 kg/pohon/tahun. KCL 0,2 kg/pohon/tahun.

Saat berumur 3 sd 10 tahun, ringkatkan pupuk N dan KCL menjadi masing – masing 1 kg untuk setiap batang pohon setiap tahun. Untuk pupuk P2O5 meningkat menjadi 0,75 kg per pohon setiap tahun.

Untuk tanaman kelapa kopyor yang umurnya 11 tahun keatas, jumlah penggunaan pupuk KCL dan N masing – masing 1,5 kg untuk setiap pohon setahun. Untuk pupuk P2O5 naik menjadi 1 kg per pohon pertahun dosisnya.

Tanaman kelapa kopyor tidak perlu pehatian terlalu banyak. Saat musim hujan dijaga supaya tidak terlalu becek. Saat musim kemarau, saat tanaman muda disiram setiap hari. Saat tanaman muda maksudnya saat daunnya belum membuka.

cara budidaya kelapa kopyor

Penanggulangan hama dan penyakit

Hama yang sering datang adalah ulat penggerek daun, kumbang sagu dan kumbang badak.

Cara penanggulangan: menyemprotkan pestisida.

Panduan untuk cara budidaya kelapa kopyor ini memang sederhana serta mudah diterapkan. Ini karena pohon kelapa kopyor sendiri memang mudah hidup dan tahan banting.

Tetapi, untuk hasil maksimal, sebaiknya kita melakukan semua langkah dengan baik. Terimakasih semoga bermanfaat.

Cara budidaya menanam pohon kakao coklat

Mari, Disini Ada Tips Cara Budidaya Kakao / Coklat Lengkap Lho…

Bagaimana cara budidaya coklat atau nama kerennya kakao itu? mudahkah atau rumit? Yang jelas, tidak rumit sekali dan bisa dilakukan oleh pemula.

Satu hal saja untuk diingat, pohon kakao tidak suka sinar matahari langsung. 

Jadi sebelum tanaman kakao ditanam, kita mesti menyiapkan pohon pelindung.

Indonesia saat ini produksi kakao / coklatnya sudah menurun. Pohon kakao disini umurnya sudah mencapai 30 tahunan sehingga produktifitasnya tidak sebaik yang dulu.

Padahal, tahun 2010 Indonesia sempat menjadi produsen kakao nomer 3 terbesar di dunia.

Sekarang, bagi Anda yang berminat untuk membudidayakan tanaman kakao, ini ada beberapa langkah melakukannya.

Cara budidaya menanam pohon kakao coklat

Cara budidaya pohon coklat

  • Tanaman ini meminta curah hujan optimal sekitar 1250 mm sd 2500 mm setiap tahun. Bulan kering tidak turun hujan antara 0 sd 3 bulan. Ketinggian lahan tanam berbeda untuk jenis kakao yang berbeda. Kakao lindak suka dataran rendah 0 sd 300 meter DPL dan kakao mulia menyukai dataran menengah 0 sd 600 m DPL.
  • Untuk kemiringan lahan, kakao meminta maksimal 15% dan PH tanah optimal 6 sd 7. Tanaman seperti Centrosema Pubescens merupakan tanaman yang bagus untuk menghambat pertumbuhan gulma. Selain itu, dilahan miring atau berkontur bisa dibuat teras. Teras ini searah dengan kontur lahan. Tujuannya supaya aliran air tidak deras.
  • Pohon kakao tidak terlalu besar dan tinggi tumbuhnya. Ia membutuhkan jarak tanam 3 X 3 Meter atau 4 X 2 meter.
  • Untuk pohon pelindung, bisa ditanam pohon lamtoro, kelapa dan albasia atau bahkan pohon pisang.
  • Saat umur kakao 3 tahun pohon pelindung bisa dikurangi dan ditebang dan menyisakan 1 pohon untuk 3 pohon kakao.
  • Beri jarak tanaman pelindung ini sekitar 75 sd 100 cm dari tanaman kakao.
  • Lubang tanam kakao bisa diguat 6 bulan sebelumnya. Ukurannya 60 X 60 X 60 cm.

Cara mempersiapkan bibit kakao

Bibit kakao yang baik untuk ditanam adalah klon yang direkomendasikan oleh Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia ( ICCRI ). Bibit yang baik misalnya ICCRI 01, ICCRI 02 hingga ICCRI 04.

  1. Bibit untuk ditanam di perkebunan.
  2. Usia bibit 4 sd 6 bulan.
  3. Setidaknya sudah memiliki 12 helai daun yang tua.
  4. Tingginya minimal 50 cm dan diameter cabang minimal 1,5 cm.
  5. Saat dipindah bibit jangan memiliki tunas.

Persiapan media tanam dan cara menanam bibit kakao dengan benar

  1. Gunakan campuran tanah dengan pupuk kandang perbandingan 1:1.
  2. Tambahkan pupuk TSP 1 sd 5 gram setiap lubang tanam.
  3. Masukkan bibit tepat ditengah lubang tanam.

Cara budidaya menanam pohon kakao coklat

Cara perawatan kakao

  • Penyiraman

Lakukan 2 kali sehari pada pagi dan sore saat musim kemarau.

  • Pemupukan

Pupuk yang sering digunakan adalah: Urea 370 kg / hektar. SP-36 310 kg / hektar. KCL 420 kg / hektar.

  • Pemangkasan

Ada 3 macam pemangkasan pada kakao:

  1. Pemangkasan bentuk : Pangkas dahan yang tidak simetris. Sisakan yang simetris saja dan kondisinya bagus.
  2. Pemangkasan pemeliharaan : Untuk menghilangkan tunas air dan dilakukan setiap 2 bulan.
  3. Pemangkasan produksi : Bertujuan supaya sinar matahari bisa menyinari tajuk. Cara ini membantu merangsang pembentukan bunga. Pemangkasan produksi pada kakao dilakukan setiap 6 bulan.
  • Penyiangan

Penting dilakukan setiap 6 bulan. Kita bisa melakukannya secara manual atau menggunakan herbisida yang bahan aktifnya glosofat dan paraquat sesuai takaran.

Pemanenan buah kakao

  1. Buah kakao masak dipetik langsung dengan tangan. Buah yang matang warnanya kunung atau merah. Jika terlalu tua, warnanya menjadi hitam.
  2. Umur buah dipetik adalah 5 sd 6 bulan setelah berbunga.
  3. Usahakan pemanenan jangan melukai batang tanaman dan usahakan juga dilakukan pada pagi hari.
  4. Pisahkan buah berdasar kualitas.
  5. Supaya matangnya seragam, kita bisa melakukan pemeraman terhadap buah.
  6. Peram buah 5 sd 12 hari di lokasi yang bersih dan bebas sinar matahari langsung.
  7. Ambil bibi kakao dengan memecah buah dengan kayu.
  8. Fermentasikan biji supaya biji mudah terlepas dari lendir.
  9. Keringkan biji kakao hingga kadar air dibawah 7,5%.
  10. Pilih atau sortasi biji dan masukkan karung dengan label yang tepat.

Cara budidaya menanam pohon kakao coklat

Kendala budidaya kakao dan solusinya

Kendala budidaya tanaman kakao / pohon coklat adalah banyak hama, penyakit serta buah yang busuk.

Solusi. perbaiki sanitasi kebun, memangkas dahan yang tidak produktif serta bereaksi cepat jika ada organisme pengganggu tanaman.

Jika pemanenan kakao kurang matang, maka rasa coklat kurang mantap serta rendemennya rendah.

Jika pemanenan terlalu tua, maka rendemen lemak turun, serta meningkatkan jumlah biji cacat.

Demikianlah, panduan cara budidaya kakao ini semoga membantu untuk mendapatkan hasil maksimal.

cara budidaya bengkoang

Tips Cara Budidaya Bengkuang / Bengkoang Mudah dan Sukses

Tips cara menanam bengkoang / bengkuang dengan sukses sebenarnya cukup mudah. Baik untuk keperluan pribadi ataupun untuk keperluan penanaman masal, menanam bengkoang bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Tanaman umbi ini tumbuh menjalar dan panjangnya bisa mencapai 6 meter.

Bengkuang merupakan umbi atau secara umum dikenal sebagai “buah” yang memiliki banyak khasiat. Misal sebagai makanan segar, bahan rujak hingga untuk kecantikan. Untuk khasiat di kecantikan, bengkuang biasa digunakan sebagai pemutih kulit, lulur dsb.

Tips cara menyiapkan benih bengkuang

Ada 2 cara untuk mendapatkan benih bengkuang. Yang pertama adalah membiarkan tanaman bengkuang tumbuh hingga polong muncul. Polong yang sudah cukup umur inilah yang akhirnya akan kita gunakan sebagai benih. Jika polong akan digunakan, maka harus disimpan pada tempat tertutup dan kering.

Yang kedua adalah dengan mengambil umbi hasil panen. Bengkuang yang bagus disimpan di tempat yang lembab hingga tumbuh tunas. Tunas ini ditanam hingga polong mulai tumbuh.

Tips menyiapkan lahan untuk menanam bengkoang

  1. Lahan sebaiknya digemburkan dan dibuat bedengan.
  2. Lebar bedengan 1 meter dan jarak antar bedengan dibuat kira – kira cukup untuk irigasi jika hujan lebat.
  3. Untuk pupuk, gunakan pupuk kandang atau kompos yang merupakan pupuk terbaik untuk tanaman.

Cara menanam bibit bengkuang

  1. Bibit direndam 1 jam kemudian disisihkan sekitar 1 hari. Saat tumbuh tunas, biji bisa ditanam.
  2. Lubang tanam sekitar 5 sd 7 cm dengan jarak tanam sekitar 30 cm.
  3. Setelah ditanam, lubang ditutup tanah dan disiram supaya lembab.

panduan-cara-budidaya-bengkuang-bengkoang 2

Cara perawatan tanaman bengkoang

Bengkoang adalah tanaman asli tropis dan mudah tumbuh di Indonesia. Tanaman ini mudah perawatannya dan tidak ribet saat ditanam. Tetapi sebaiknya tetap dirawat supaya tumbuhnya maksimal.

  • Penyiraman

  1. Hindari menyiram setengah basah supaya bengkoang tidak rusak.
  2. Lakukan penyiraman rutin untuk bengkuang. Tanaman ini tahan kering tetapi kandungan airnya juga banyak. Artinya bengkuang suka air yang cukup.
  • Pemupukan

Pupuk kompos perlu ditambahkan saat tanaman umurnya 3 minggu. Jumlah pupuk tergantung kesuburan tanahnya. Jika tanah subur, maka penambahan pupuk lebih sedikit dibanding yang kurang subur.

panduan-cara-budidaya-bengkuang-bengkoang 3

  • Pemangkasan

  1. Daun bisa digunting pucuknya saat umur tanaman 1 bulan. Setelah pucuk digfuntng biasanya akan muncul banyak tunas baru. Setelah umur 2 bulan gunting lagi pucuk dan bunga.
  2. Syarat pengguntingan, 80% bunga sudah mekar. Jika digunting saat bunga belum mekar, maka umbi bengkoang akan tumbuh memanjang kecil seperti wortel.
  3. Saat mengggunting yang kedua ini, kita juga berkesempatan memilih tanaman yang bisa kita gunakan sebagai bibit.
  4. Untuk tanaman calon bibit, bunga jangan digunting supaya menghasilkan biji.
  5. Saat umur 3,5 bulan, gunting lagi semua bunga dan daun muda. Pengguntingan dilakukan juga untuk bunga di ketiak – ketiak daun.
  6. Setelah dipotong 3 kali, umbi bengkuang biasanya tumbuhnya sangat cepat.

Pengendalian hama serta penyakit bengkuang

Secara umum bengkoang tidak sering diserang hama serta penyakit. Tetapi ada beberapa hama potensial yang bisa diwaspadai: tungau daun merah, kumbang dan penyakit bercak daun.

Cara mengatasi: Rotasi tanaman dengan palawija lain, pengolahan tanah yang baik, penggunaan bibit unggul serta sanitasi lahan.

panduan-cara-budidaya-bengkuang-bengkoang 1

Panen bengkuang

Panen bengkuang bisa dilakukan saat umur 4 bulan. Cara panennya bisa dicabut atau digali. Jika penamaman kita produktif, maka kita bisa menghasilkan 7 ton sd 8 ton bengkoang untuk 1 hektar lahan.

Inilah sedikit panduan cara budidaya bengkoang / bengkuang yang sukses tetapi mudah. Sampai jumpa.

cara-budidaya-menanam-selada

Panduan Cara Menanam Selada Cepat Besar

Tips cara menanam selada yang bisa untuk budidaya atau untuk keperluan pribadi. Selada merupakan makanan popular dan banyak digunakan dalam hamburger, mie kebab atau makanan lainnya.

Ada beberapa jenis selada yang sekarang ini dikenal, diantaranya adalah:

  • Lollo Rosso

Selada keriting dengan ujung kemerahan. Tekstur daun lembut dan rasanya renyah.

  • Lollo Verde

Dikenal sebagai selada keriting. Daun selada ini keriting tetapi ujungnya keriting dan tulang daunnya putih.

  • Iceberg Lettuce

Bonggol selada ini besar dengan daun yang berlapis dan padat.

  • Cos / Romaine Lettuce

Bentuknya mirip sawi putih tetapi daunnya tetap hijau dengan bentuk panjang.

  • Boston lettuce

Selada jenis ini memiliki bonggol di bagian bawahnya dan tekstur / rasanya renyah.

  • Radicchio

Warna daunnya merah gelap tetapi berserat putih. Bentuk daunnya bulat memanjang tetapi rasanya agak pahit.

  • Butterhead

Jenis selada ini memiliki lembaran daun yang berwarna kuning.

Cara menanam selada

  • Memilih bibit selada

Pasar yang ada untuk Anda jenis selada seperti apa? atau Anda ingin menanam selada yang seperti apa. Sebelum menanam, silahkan memutuskan jenis selada yang Anda sukai.

Pastikan bibit yang ada bibit yang bagus. Kita bisa mendapat bibit bagus dari toko terpercaya atau dari petani selada.

  • Persiapan media tanam

Mempersiapkan media tanam juga penting, karena mempengaruhi unsur hara untuk tanaman.

Media tanam bisa dibuat dengan:

  • Tanah gembur yang nutrisinya bagus.
  • Pupuk organik seperti pupuk kompos atau pupuk kandang.
  • Sekam padi.
  • Polybag atau pot.
  • Sekop kecil.
  • Alat siram beserta airnya.

cara menanam selada

  • Cara menyemaikan benih selada

  1. Tanah, sekam padi dan pupuk dicampur dengan dosis 2:1:1. Aduk hingga merata.
  2. Pot atau polybag dimasuki 3/4 media tanam dan buat lubang 2 cm ditengahnya.
  3. Gunakan 2 benih ke setiap lubang di pot atau polybag.
  4. Timbun kembali bibit dengan tanah dan pupuk dan padatkan dengan lembut.
  5. Siram hingga media lembab.
  6. Jika memang ingin menanam di pot, pilih pot ukuran medium atau besar sejak awal dan dirawat hingga 40 sd 60 hari.
  • Cara pengolahan tanah untuk menanam bibit selada

  1. Seperti halnya dengan media tanam di polybag, lahan tanam perlu diolah supaya selada tumbuh maksimal.
  2. Lahan dibersihkan dari gulma atau disiangi.
  3. Cangkul dan gemburkan tanah dan campur tanah dengan pupuk.
  4. Lahan didiamkan sekitar 2 hari.
  5. Cangkul lagi tanah dan tambahkan pupuk dan arang sekam.
  • Pemindahan bibit selada

  1. Bibit dipindahkan tanpa merusak akarnya.
  2. Angkat bibit dan jika tanahnya ikut, biarkan saja.
  3. Tanam bibit ke lubang tanam di lahan.
  4. Padatkan tanah dan pastikan posisis peletakan bibirt tegak lurus.
  5. Padatkan tanah serta siram bibit teratur saat pagi dan sore.

Perawatan tanaman selada

  • Penyiraman

Seperti biasa penyiraman, kita lakukan pada pagi dan sore 2 kali sehari.

  • Penyiangan

Akar tanaman selada cukup dangkal sehingga rawan diganggu gulma. Jadi penyiangan mesti dilakukan secara teratur.

  • Pengairan

Drainase tanaman perlu diperhatikan supaya tanah tidak tergenang. Jika tanah tergenang, maka selada bisa membusuk. Selain itu, genangan juga mengundang hama serta penyakit.

cara-budidaya-menanam-selada

Pemanenan selada

Usia panen selada antara 40 hari sd 60 hari sejak disemaikan. Cara memanenbya adalah mencabut selada hingga akarnya.

Selada yang diambil hanya yang masih segar saja. Daun layu dibuang.

Selada dicuci air mengalir sampai bersih dan dikumpulkan sesuai ukuran daunnya.

Memanen selada harus cepat karena waktu segarnya cuma sebentar.

Inilah sedikit tulisan mengenai cara budidaya selada yang benar dan menguntungkan untuk lahan besar atau untuk pot.

Call Now
Whatsapp CS1