ARTIKEL & BERITA

Tukang Taman Jogja

Tukang Taman Jogja

Jasa Tukang Taman Jogjakarta

 

Taman yang indah bisa kita dapatkan jika kita memilih tanaman sesuai fungsinya. Jasa tukang taman Jogja saat ini sedang booming dan banyak yang mencari. Ini karena taman saat ini merupakan kebutuhan para pemilik rumah. Taman bukan lagi hanya tambahan hiasan supaya rumah terlihat lebih mewah. Tetapi, secara tidak sadar taman atau kolam sudah menjadi bagian dari kebutuhan kita.

 Ada beberapa hal yang membuat rumah kita terasa nyaman. Salah satunya adalah adanya taman yang baik dan indah untuk dipandang. Taman dengan tamanaan yang berwarna hijau memberikan kesegaran tersendiri.

Membuat taman di halaman beserta dengan Gazebo, tempat duduk beserta perlengkapan lainnya akan membuat ruang luar rumah terasa nyaman sebagai tempat bersantai. Selain itu, ruang dalam rumahpun bisa tampil lebih segar dengan keberadaan taman serta kolam.

Namun, untuk membuat sebuah taman yang menyenangkan, kita perlu pengetahuan dasar tentang taman. Dan, rasa seni untuk mendapatkan keindahan, fungsi serta atmosfer yang ingin dibangun.

Anda menyukai ruang luar atau taman Anda sebagai tempat bersantai secara pribadi? Anda menginginkan taman Anda bisa digunakan sebagai tempat makan malam bersama kolega?

Maka, desain kedua taman tersebut pastinya berbeda.

Taman untuk keperluan bersantai secara pribadi bisa kita desain dengan jalan setapak yang kecil. Suasananya lebih pribadi serta lebih tertutup. Jika rumah tetangga semua bertingkat, kita tetap bisa menjaga privasi dengan membangun Gazebo di taman kita. Atau. kita bisa menambahkan atap di beberapa taman kita.

Taman untuk berpesta atau untuk bertemu menjamu kolega akan didesain secara berbeda. Jalan setapak di taman lebih lebar, lapang serta memungkinkan 2 atau 3 orang berjalan serta berbincang bersama – sama.

Taman ini harus terasa “hangat” serta mampu menampung berbagai aktivitas kita disana. Kita mungkin perlu ruang duduk outdoor yang cukup luas. Mungkin, kita bisa menyimpan sarana dapur atau pemanggan barbeque di area taman kita.

Kemudian, pemilihan tanaman di sebuah taman juga perlu mengetahui fungsi dari masing – masing tanaman. Tema dan gaya taman perlu disesuaikan dengan jenis tanaman yang cocok. Jika bisa memilih tanaman yang sesuai dengan tema dan gaya taman, maka kita bisa mendapatkan harmony yang indah untuk dipandang. Selain itu, taman juga akan terasa nyaman serta menyegarkan.

Kita mengetahui ada tanaman sebagai penutup tanah, tanaman tabir, tanaman pengarah jalan serta tanaman pelindung dan sebagainya. Tanaman – tanaman ini perlu ditanam serta ditempatkan sesuai fungsi masing – masing.

Kami, sebagai jasa tukang taman berpengalaman di Jogja / Yogyakarta memiliki pengetahuan seperti ini. Kami mengetahui berbagai jenis tanaman hias beserta fungsinya. Selain itu, kami juga mengetahui syarat tumbuh serta tips merawat tanaman – tanaman tersebut supaya tumbuh dan tampil sehat dan prima.

Jadi, sebagai klien Anda bisa memiliki rumah atau bangunan dengan berbagai gaya dan desain arsitektur. Kantor Anda mungkin berdesain modern sedangkan rumah Anda memiliki gaya mediterania.

Kami siap membangun taman berdesain mediterania di rumah Anda seperti halnya membuat taman yang cocok untuk kantor Anda.

Apabila Anda termasuk pemilik rumah bergaya Belanda di Jogjakarta, maka taman bergaya eropa mungkin cocok bagi rumah Anda. Yang jelas, kami akan membuat desain taman bukan hanya gayanya yang cocok, tetapi juga fungsinya.

Jika taman dikantor Anda digunakan untuk memisahkan area parkir dengan area lobby, maka kami akan membuatkan dengan desain yang cocok. Tentunya cocok dari sisi jenis tanaman, desain bangunan serta mempertimbangkan pertumbuhan tanamannya juga.

Beberapa jenis taman:

Ada beberapa jenis taman yang terkenal sampai saat ini. Taman tropis, taman bergaya Jepang, Taman bergaya eropa serta taman gaya mediterania dan wild garden.

Namun, selain taman taman diatas, kita juga mengenal taman – taman lainnya seperti taman minimalis, taman kolam / gazebo, taman batu alam, taman vertikal serta taman untuk atap atau balkon. Kemudian, untuk gaya lokal ada juga gaya taman Bali.

Setiap taman memiliki keindahan tersendiri serta kesesuaian untuk jenis bangunannya.

Bagi kami, tukang taman Jogja, kami siap membangun bergabagai taman sesuai keperluan dan desain bangunan atau lahan Bapak / Ibu.

·         Taman Tropis:

Adalah taman dengan desain yang meniru hutan tropis. Disini, tanaman yang diandalkan adalah tanaman bercorak daun lebar dan tanaman yang kaya warna. Taman jenis ini biasanya juga dilengkapi dengan rerumputan bergaya “liar” serta kolam dengan panduan bebatuan alami.

Taman bergaya tropis, karena karakter tanamannya akan membutuhkan air serta sinar matahari yang mencukupi. Tanah yang digunakan untuk taman inipun harus lembab terus menerus.

Tetapi, mohon diingat untuk tidak menyiram taman secara berlebihan karena bisa membuat akan pepohonan menjadi busuk.

Untuk jenis tanamannya, biasanya menggunakan pohon palem, bambu, pakis. Bougenville, pisang, begonia dan lain sebagainya.

·         Taman Mediterania

Taman Mediterania adalah taman dengan nuansa kering dan panas seperti asal tempatnya. Taman ini terkesan “bersih,” lapang serta biasanya diberi penutup tanah berwarna cream atau warna cerah dan “kering” lainnya. Penutup tanah ini bisa berupa kerikil ataupun yang praktis, conblok. Tetapi, kita tetap bisa menggunakan kolam sebagai bagian dari taman mediterania. Kolam akan memberikan nuansa mewah, “bersih” serta anggun dan rileks.

Untuk aksesori taman, biasanya kita juga bisa menambahkan patung disini. Untuk perawatan, taman ini cukup mudah karena banyak bagian terbuka (tidak rimbun).

Untuk tanamannya sendiri, pilihan yang sering digunakan adalah Agave, sikas, Nolina, kaktus serta paku – pakuan dan sebagainya.

·         Taman Jepang

Taman Jepang didesain dengan gaya tradisional Jepang. Sebenarnya, sangat banyak gaya taman di Jepang. Kita bisa mengenal gaya shinden-zukuri, taman gaya jōdo (jōdoshiki teien), Taman batu Jepang, Taman teh dan sebagainya.

Secara umum, taman gaya Jepang dibuat untuk membuat area taman terasa lebih luas daripada yang sebenarnya. Taman Jepang tidak menggunakan garis – garis simetris atau  titik fokus desain. Andaikata ada titik fokus, maka akan digeser supaya tidak berada ditengah.

Bagi taman Jepang, elemen dasar berupa air, batu serta tanaman. Untuk taman yang besar, air diambil dan dialirkan dari sungai untuk membuat air terjun dan kolam.

Batu dalam taman Jepang menggambarkan keabadian. Batu digunakan untuk memnggambarkan gunung, laut / garis pantai atau landsekap lainnya.

Di taman Jepang, batu juga digunakan sebagai batu pijakan. Batu pijakan ini disebut batu ubin (shikiishi) dan berguna saat berjalan di hujan. Kaki serta alas kaki akan terhindar dari cioratan jika berjalan diatas batu – batu ini.

Untuk tanamannya, taman Gaya Jepang lebih sederhana dibanding taman gaya Eropa. Taman Eropa cenderung menggunakan tanaman bunga dengan warna – warna cerah. Taman Jepang biasanya menggunakan tanaman bergaya kalem.

Selain warna yang sederhana, tanaman juga dibentuk untuk menggambarkan pegunungan atau bentuk – bentuk lainnya.  Untuk fungsi, tanaman gaya Jepang bisa juga berfungsi sebagai penghubung 2 tempat di taman.

·         Taman Gaya Eropa.

Taman Gaya Eropa adalah taman dengan penggunaan tanaman hias yang berwarna – warni. Warna bunga di taman gaya Eropa sangat cerah mulai dari kuning, merah menyala hingga ungu.

Jika kita ingin mengetahui taman gaya Eropa, mungkin taman – taman bunga di Belanda termasuk yang paling mewakili gaya taman eropa ini.

·         Taman Wild Garden

Taman ini mirip gaya tropis. Tetapi tanamannya mungkin lebih besar. Taman dibuat tujuannya supaya area taman terasa sejuk dan lembab. Penggunaan air, batu alam serta kayu bisa menjadi pilihan memperindah taman.

Disini, kayu – kayu dan batu yang kita pilihpun mungkin kita biarkan dengan lumut yang menempel dipermukaannya.

Gaya taman, sebenarnya banyak. Kita bisa memilih sesuai gaya diatas atau memilih tema untuk taman kita. Kami di jasa tukang taman Yogyakarta siap mengerjkan taman Anda hingga selesai. Kami siap membuat taman yang menyejukkan mata setiap kali dipandang.

 

Saat ini, kami di Jasa taman Jogja telah memiliki pengalaman bertahun – tahun dalam membuat berbagai taman untuk berbagai keperluan. Kami memiliki banyak klien jasa pembuat taman yaitu para pemilik rumah pribadi hingga hotel dan restoran di Yogyakarta dan sekitarnya.

Kami memahami bagaimana mendesain taman sesuai dengan desain bangunan Anda serta tema taman yang Anda pilih. Kami akan menyatukannya dan Anda akan menikmati taman indah yang nyaman untuk bersanti. Di rumah, kantor ataupun tempat komersial yang Bapak / Ibu miliki.

Bagi Anda yang ingin membangun taman, gazebo atau kolam yang indah dan berkualitas, silahkan menghubungi kami jasa tukang buat taman Jogja / Yogyakarta dialamat kami dibawah.

  1. https://metrogardenjogja.com

  2. https://kikigardenjogja.com

  3. https://gardenjogja.com

  4. https://madanigardenjogja.com

cara menanam tomat supaya hasilnya

Cara Menanam Tomat yang Cepat Berbuah Lebat

Cara menanam tomat baik di lahan besar hingga di polybag. Cara lengkap menanam tomat yang cepat berbuah dan cepat besar serta banyak buahnya.

Menanam tomat sebenarnya ada beberapa macam cara. Yang jelas, semua ini termasuk praktis untuk dilakukan di lapangan. Menanam tomat juga bisa dilakukan baik di lahan pertanian hingga menanam di polybag atau pot di pekarangan.

Syarat hidup tomat

Secara umum, tomat adalah tanaman yang cocok untuk udara bersuhu 20 sd 27 derajat Celcius.  Curah hujan di daerah tersebut sekitar 750 sd 1250 mm setiap tahun.

Tomat sendiri sebenarnya termasuk sayuran. meskipun strukturnya adalah struktur buah.

Ketinggian lahan yang cocok adalah antara 0 sd 1500 meter Diatas Permukaan laut / DPL.

Selain itu, tomat juga memerlukan tanah dengan PH antara 5 sd 7.

Tanaman tomat sebenarnya bisa tumbuh hingga tinggi 3 meter. Tetapi, tanamn budidaya dibatasi ketinggiannya hanya 2 meter saja. Alasannya tentu supaya tidak mudah roboh. Juga, lebih mudah dijangkau. Untuk penanaman di kebun, kita bisa membatasi ketinggian tomat dengan menggunakan ajir atau tali. Sekaligus, bermanfaat supaya tanaman tidak mudah roboh.

Saat ini diketahui ada 400 lebih varietas tomat yang dibudidayakan. Secara khusus, ada beberapa varietas yang hanya cocok ditanam di dataran tinggi. Misalnya  varietas tomat mutiara, berlian, dan kada. Sebaliknya, ada beberapa yang hanya cocok ditanam di lahan di dataran rendah seperti intan, ratna, dan CLN. Jika Anda mencari varietas yang cocok ditanam di dataran rendah dan tinggi, maka bisa mencari varietas GH2 dan GH4.

Tanaman tomat ini bisa dibudodayakan di berbagai jenis media. Misalnya lahan terbuka, pot, polybag vertikultur dan hidroponik.

cara menanam-tomat-dalam-polybag

Sumber: bibitbunga.com

Cara budidaya tomat di Polybag

Untuk saat ini, kami menjelaskan cara menanam tomat di polybag.

  • Memilih bibit tomat

Sebelumnya, kita memilih varietas tomat yang akan kita tanam. Silahkan memilih sesuai ketinggian lahan yang akan ditanam. Selain itu, bisa juga memilih berbagai jenis yang disukai.

  • Tomat Buah

Atau dikenal juga sebagai tomat Granola. Bentuknya bulat dengan pangkal datar. rasanya lebih terasa manis.

  • Tomat Gondol

Berbentuk lonjong. Biasanya tomat ini dipergunakan untuk membuat saus.

  • Tomat Sayur

Teksturnya keras serta rasanya juga tidak manis tetapi asam.

  • Tomat Cherry

Tomat ini kecil dan rasanya merupakan kombinasi seperti tomat buah dan sayur.

  • Media tanam

Media tanam biasanya berupa campuran tanah, kompos dan arang sekam. Perbandingan yang dianjurkan 2: 1 : 1. Jika kita membuat media ini beberapa hari sebelumnya, maka mineral dalam kompos bisa lebih menyatu dalam tanah yang dipergunakan.

  • Menyemaikan benih tomat

Jika benih kita semaikan di kebun, bisa kita buat bedengan – bedengan. Tujuannya supaya benih tidak terendam air hujan. Untuk tempat persemaian, usahakan tempatnya tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Penyiraman perlu dilakukan teratur supaya tanah / tempat menyemai selalu lembab. Penyiraman ini perlu dilakukan saat pagi serta petang.

Setelah 14 hari, maka bibit bisa mulai kita pupuk. Kita juga bisa memupuk dengan kompos atau pupuk buatan pabrik. Bibit ini baru akan siap ditanam jika umurnya mencapai 1 bulan.

cara menanam-tomat dalam pot

Sumber: bibitbunga.com

  • Memindah tomat ke pot / polybag

Untuk Anda yang menanam di pot atau polybag, maka media tanam bisa dimasukkan ke pot / polybag. Untuk memindahkan, perlu hati – hati. Akar tanaman jangan sampai rusak. Jika memungkinkan, tanah kita siram terlebih dahulu supaya bibit lebih mudah diambil.

Bagi yang melakukan persemaian di pot / polybag kecil, maka plastik polybag bisa langsung disobek. Kemudian, langsung dimasukkan ke pot / polybag lebih besar. Jadi, tanah yang lama juga ikut dipergunakan di pot yang baru.

Untuk tanaman seperti tomat, kita perlu menyediakan tongkat penopang batang. Tujuannya supaya tanaman tetap tumbuh keatas. Penyangga ini akan terasa makin penting saat buah tomat sudah mulai muncul dan tanaman mulai lebih berat.

Saat baru dipindahkan, kita perlu menyiramnya secara rutin di beberapa hari pertama. Setelah waktu ini, kita bisa menyiramnya 2 hari sekali. Tomat adalah tanaman yang reltif tidak terlalu memerlukan air. Supaya buah tomat tumbuh lebih cepat, maka kita perlu memangkas tunas yang baru tumbuh.

1 / satu minggu setelah dipindah, kita bisa memupuk tomat kembali dengan kompos. Untuk setiap pot atau polybag hanya memerlukan sekitar 1 genggam pupuk saja.

  • Hama dan penyakit

Jika ada tanaman yang terserang penyakit, bisa kita cabut. Jika yang terkena daun, bisa dipetik dan dimusnahkan. Yang jelas, jangan sampai menular ke tanaman lain.

Jika memang penting, bisa saja menggunakan pestisida alami untuk mengatasinya.

  • Pemanenan

Pemanenan tomat lumayan cepat. Waktunya tidak sampai 100 hari. tanaman ini warnanya akan berubah kekuningan jika siap dipanen. Tetapi, memang umur masing – masing buah berbeda. Karena, saat buah muncul juga berbeda – beda.

Sekian cara membudidayakan / menanam tomat di pot atau polybag supaya banyak hasilnya. Semoga bermanfaat dan salam sehat dan sukses selalu!.

cara menanam terong

Cara Menanam Terong Ungu Supaya Cepat Tumbuh dan Besar

Tanaman terong adalah tanaman yang bisa dipanen 13 sd 15 kali. Tanaman ini adalah tanaman sayuran yang terkenal. Terong juga termasuk sering dipergunakan sebagai masakan untuk teman lauk lainnya. Bahkan, kini ada juga yang membuat terong menjadi keripik.

terong ungu memang warnanya ungu. Terong ini lumayan besar ukurannya dengan daun yang juga besar. Untuk tanamannya sendiri, bisa tumbuh antara 40 sd 150 cm.

Cara menanam terong ungu yang baik

cara menanam terong ungu dalam pot - polybag

Sumber: Shopee.co.id

  • Syarat tumbuh terong ungu

Sebelum mulai menanam, ada baiknya kita melihat kondisi iklim disekitar kita. Apakah sudah sesuai dengan yang dibutuhkan oleh terung ungu supaya bisa tumbuh dengan baik.

Beriklim tropis dan cuaca yang panas

Tanah jenis lempung berpasir serta kaya dengan zat organik

Tanah gembur sehingga air tidak menggenang

PH tanah antar 6,8 sd 7,3

Ketinggian lahan hingga 1200 meter Diatas Permukaan Laut

Suhu antara 22 sd 30 Derajat Celcius

Area pertanaman cukup mendapat sinar matahari.

  • Memilih bibit

Bibit terung ungu bisa didapatkan dari petani lokal atau dari toko bibit tanaman. Bibit ini biasanya berupa benih atau biji. Biji ini ada beberapa tanda bahwa biji ini bagus.

  1. Terlihat mengkilat dan bersih
  2. Sudah melewati proses istirahat yang cukup.
  3. Kadar air dalam benih mencukupi.
  4. Ukuran, bentuk serta warna benih seragam dan tidak berbeda – beda.
  5. Tidak kotor dan tidak tercampur benih yang kurang baik. Misalnya tidak kosong, cacat atau tercampur benih tanaman lainnya.
  6. Daya kecambah atau kemampuan tumbuh besar sekitar 80%.

Jika benih yang kita beli sudah memenuhi berbagai ciri – ciri diatas, maka kita bisa mulai menyiapkan media tanam untuk terong ungu.

  • Mempersiapkan media tanam

Media tanam yang baik berkontribusi besar kepada tumbuhnya tanaman dengan baik. Jika media tanam kurang cocok, maka tanaman juga tidak tumbuh optimal.

  1. Tanah yang gembur serta banyak mengandung zat hara.
  2. Sekam padi dengan perbandingan 1 : 1 dengan tanah.
  3. Polybag atau pot yang berukuran sedang. Memiliki lubang di bawah untuk drainase supaya air tidak menggenang.
  4. Air secukupnya dan cetok untuk menanam

Penggunaan pot atau polybag besar bertujuan supaya penyemaian bisa sekaligus dilakukan di wadah yang sama. Jadi, Kita tidak perlu memindahkan lagi ke lahan kebun / sawah jika seandainya kita tidak punya.

  • Penyemaian

Penyemaian bibit bisa kemudian dilakukan sebagai berikut:

Bibit terong direndam dahulu di air yang suam – suam kuku hangat sekira 15 menit.

Masukkan campuran sekam padi dan tanah ke pot atau polybag.

Membuat lubang – lubang kecil dengan jarak minimal 1 cm.

Letakkan biji terung atau benih ke lubang, tutup kembali dengan campuran sekam dan tanah. Padatkan dengan halus.

Siram dengan halus benih yang sudah ditanam. Atau percikkan air ke tanah secukupnya. Penyiraman diperlukan saat pagi dan petang.

Letakkan benih di tempat dengan sinar matahari yang cukup.

Stelah sekitar 1 bulan, tanaman terong akan mulai berkecambah.

cara menanam terong

Sumber: East West Seed Indonesia / Lazada.co.id

  • Memindahkan bibit

Bibit yang hendak dipindah, minimal memiliki 4 helai daun. Bibit bisa dipindahkan ke polybag / pot dengan ukuran sama atau lebih besar. Jika ukuran sama, maka jumlah benih lebih sedikit misalnya 1 pot untuk 1 bibit.

Beri lubang pot atau polybag pada bagian bawah. Sulahkan menggunakan pot / polybag dengan julah sama dengan jumlah bibit.

Capurkan media tanam berupa tanah, sekam dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 : 1.

Masukkan campuran di pot atau polybag dan buat lubang di tengah dengan kedalaman sekitar 5 cm.

Angkat bibit di polybag lama dengan hati – hati. Tanam pada polybag baru.

Tutup dan padatkan tanah diatasnya dengan perlahan.

Siram polybag atau pot.

  • Pemeliharaan

Supaya tidak gagal panen, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk perawatannya.

Menyiram secara teratur pagi dan sore hari

Melakukan pemupukan dengan pupuk organik. Sebaiknya hindarkan pupuk kimia.

Petik atau buang daun terong yang terkena penyakit. Musnahkan.

Rumput dicabut jika ada dari pot. Jika terong ditanam di tanah, maka gulma akan cenderung lebih cepat tumbuh dan lebih banyak. Karenanya, sebaiknya ada jadwal penyiangan rumput secara teratur.

Memasang tiang bambu sebagai penyangga tanaman. Tanaman terong perlu disangga dan diikat ke tiang bambu yang kita buat.

  • Pemanenan

Jika kita rawat dengan baik, tanah subur serta cuaca mendukung, maka terong biasanya akan mulai bisa dipanen saat berusia 3 atau 4 bulan.

Keuntungan tanaman terong adalah bisa dipanen berkali – kali. Biasanya mencapai antara 13 sd 15 kali. Atau, sekitar usia tanam 5 sd 6 bulan.

  1. Memanen saat pagi atau sore hari. jangan di siang hari yang terik.
  2. Terong bisa dipetik dengan tangan, bisa juga dipotong dengan alat yang tajam
  3. Terong dipetik hingga ke tangkai.
  4. Satu tanaman bisa dipanen berkali – kali antara 3 hingga 7 hari.

Jadi, karena bisa dipanen berturut turut, maka terong akan menguntungkan untuk ditanam. Minimal, kita mendapatkan terong ungu setiap minggu. Jika ada 4 pot, maka minimal ada 4 yang bisa kita dapatkan setiap minggu.

Cara Budidaya terong ungu di pot atau polybag

Untuk Anda yang menanam terong ungu di pot atau polybag, maka ada langkah praktis untuk melakukannya.

  1. Menyiapkan bibit terong hingga memiliki 4 helai daun. Langkahnya bisa seperti diatas.
  2. Pot atau Polybag ukuran besar.
  3. Buat lubang dibawahnya supaya air tidak menggenang di dalam pot atau polybag.
  4. Media tanam berupa tanah, pupuk kandang dan sekam padi dengan perbandingan 1 : 1 : 1.
  5. Masukkan campuran media tanam yang sudah dicampur ke dalam polybag.
  6. Membuat lubang sedalam 5 cm.
  7. Angkat bibit terong dengan hati hati supaya akarnya tetap lengkap. Pindahkan ke polybag atau pot yang besar.
  8. Tutup dengan tanah atau campuran.
  9. Padatkan secara perlahan.
  10. Siram dengan air secukupnya.

Inilah sedikit panduan cara menanam terong ungu dalam pot supaya cepat besar dan banyak ahsilnya. Semoga bermanfaat dan salam sukses dan sehat selalu!.

cara menanam bunga mawar

Cara Menanam Bunga sesuai Jenis yang Benar dan Berbunga Indah

Menanam bunga sesuai jenis. Tips menanam bunga mawar, melati di pot dan polybag. Cara menanam bunga ageratum. Cara Menanam bunga anggrek dan cara menanam bunga Bougenville dengan biji.

Bunga memang sangat bagus untuk menghias pekarangan kita. Bunga yang cantik dan sehat tentu lebih indah dipandang daripada yang kurang sehat. Disini, kami memberikan sedikit tips untuk menanam berbagai jenis bunga dengan cara yang tepat. Tentu, supaya bunga tumbuh sehat dan terlihat indah.

Cara Menanam Bunga Anggrek dalam Pot

Anggrek dikenal sebagai tanaman bunga yang cantik. tanaman epifit ini memiliki jenis yang paling banyak dibanding jenis bunga lainnya. Karenanya, kita bisa memilih berbagai jenis yang sesuai selera kita.

Seperti kita ketahui, banyak jenis tanaman anggrek yang bagus. Secara umum tanaman ini memang sangat bagus dan terkesan lebih eksklusif. karena itulah, jika kita bisa menanam sendiri, maka bisa juga kita jual. Jadi, akan menjadi keuntungan tambahan bagi kita.

Biasanya, tanaman anggrek ada yang ditempelkan ke pohon yang hidup. Tetapi, bisa juga di tanam di dalam pot.

Beberapa langkah menanam bunga anggrek dalam pot

  • Menyiapkan pot

Kita menggunakan pot dari tanah liat. Silahkan memilih yang ada lubang – lubangnya sekitar 2 cm. Lubang – lubang ini natinya menjadi bagian sirkulasi udara dan juga membuang air / drainase.

  • Media tanam

Media tanam yang baik adalah pecahan batu bata atau genting. Kemudian, batang pakis atau bekas serutan kayu atau potongan kayu. Bisa juga menggunakan sabut kelapa atau arang kayu. Tanaman anggrek memang biasanya menempel di kayu pohon lain. Jadi, media tanamnya juga bisa menggunakan yang mirip dengan kayu.

Kemudian, silahkan mempersiapkan bibit anggrek. Bibit ini bisa ditanam langsung di pot yang sudah terisi media tanam.

  • Penyiraman

Penyiraman dilakukan 2 kali sehari saat musim kemarau. Jika musim hujan, maka hindarkan anggrek dari hujan karena bisa menjadi busuk.

Cara Menanam Bunga Bougenville dalam Pot

Bougenville sering juga disebut sebagai bunga kertas. Tanaman ini berupa pohon kecil. Tetapi, bisa juga menjadi cukup besar.

Bunga ini memiliki warna cerah dan banyak bunganya. karena itu, cocok untuk membuat kesan pada pandangan pertama di depan gerbang atau tempat lain yang langsung terlihat.

Untuk jenis bougenville saja, ada banyak yang bisa kita gunakan.

  • Gold Rush
  • Cherry Blossom
  • Alexandra
  • Bambino Baby Allison
  • Barbara Karst
  • cara Bambino Majik.
  • Bambino Baby Lauren
  • Baby Victoria
  • Coconut Ice

Untuk menanamnya, ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan:

  • Menyiapkan benih

Khusus benih, kita harus membelinya di toko. Benih ini dari biji dan biasanya sulit untuk didapatkan sendiri.

  • Media Tanam

Media tanam yang baik adalah tanah, sekam padi dan pupuk kandang dengan campuran sama besar / sama banyak.

Benih langsung ditanam di media tanam. kemudian, kita semprotkan air secukupnya.

Bougenville merupakan tanaman yang memerlukan cahaya yang mencukupi. Tanaman ini perlu diletakkan di tempat seperti teras atau jendela.

Tanaman akan mulai berkecambah dan tumbuh antara 7 sd 30 hari. Jika tingginya sudah mencapai 30 cm, maka kita bisa memindahkannya untuk ditanam di tempat yang permanen.

Cara Menanam Bunga Melati

cara menanam bunga melati

Sumber: workamerica.co

Tanaman melati adalah tanaman perdu. Tanaman keras / menahun dan berbatang tegak. tanaman ini adalah tanaman dikotil.

Bunga melati akan terasa wangi jika berbunga. Wangi ini bisa dirasakan di area sekitarnya. Bahkan, wanginya lebih terasa jika malam hari. Jika kita memiliki bunga melati di taman dekat kursi taman, maka bersantai malam hari akan terasa jauh lebih segar.

  • Cara menanam melati dalam polybag

Beri pot dengan genting atau styrofoam untuk alasnya. Kira – kira dengan ketebalan 3 cm. Jika membeli bibi berupa tanaman hidup, maka gunakan tanah yang menempel di akar tanaman untuk dimasukkan ke pot yang baru. Cara ini menghindarkan tanaman dari stress adaptasi di media yang baru.

Masukkan media tanam baru, dan silahkan dipadatkan perlahan dengan jari. pastikan bahwa tanaman akan kuat berdiri.

Media tanam dimasukkan dibawah muka pot sekitar 2 cm.

Untuk menyiran, kita siram dengan penyemprot halus. Selain itu, bagian samping pot perlu dibersihkan dari tanah dengan cara disiram.

Penyiraman rutin diperlukan 2 kali sehari saat pagi dan sore. Pastikan jangan menyiram tanaman saat siang hari yang panas. Hal ini bisa membuat tanaman justru menjadi layu.

Untuk tanaman yang kecil, tanaman perlu ditempatkan di tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung.

Cara Menanam Bunga Mawar

Bunga mawar merupakan salah satu bunga favorit. Warnanya yang cerah dan tampilannya yang elegan memang cocok dijadikan penghias taman. Bahkan, bunga mawar potong juga dipergunakan untuk hiasan di dalam ruangan.

Ada beberapa cara untuk menanam bunga mawar, yaitu:

  • Persemaian bibit

Kita erlu memilih bibit mawar yang bagus. Bibit yang bagus adalah yang tenggelam saat dimasukkan ke air.

Benih dicuci dan diangin – anginkan. Kemudian, kita perlu menyimpannya di tempat yang teduh, terlindung dari sinar matahari.

Jika ingin ditanam di kebun secara langsung, maka jarak tanam adalah 7 sd 13 cm.

Biji bunga mawar akan mulai tumbuh hingga bercabang dan berkecambah pada usia antara 3 sd 4 minggu.

Bibit nini perlu disiram 1 kali sehari minimal. Atau 2 kali yang lebih baik.

cara menanam bunga mawar

Sumber: Pixabay.com

  • Media tanam

Media tanam adalah tanah dengan campuran pupuk organik dan pasir dengan perbandingan 1 : 1.

Setelah 4 minggu proses sebelumnya, bibit bisa ditanam ke media tanam ini.

Setelah usia 22 bulan atau lebih, bunga bisa dipindahkan ke lokasi yang lebih besar. misalnya halaman belakang.

Cara Menanam Bunga Ageratum

Bunga ini adalah bunga populer di Amerika. Bunga ini ada berbagai jenis dan warna bunga. Misalnya saja pink dan putih. Atau, bingu keunguan. Kita tentu bisa memilih yang sesuai dengan keperluan kita.

Bunga ini juga dapat hidup di Indonesia. Bahkan, bisa tumbuh juga di tempat yang sinar mataharinya banyak seperti juga bagus tumbuh di tempat teduh.

  • Benih

Benih ini bisa didapatkan dari tanaman yang sudah tumbuh. Tetapi, bisa juga membeli. Jika membeli, biasanya kualitas lebih standar.

  • Media tanam

Menyiapkan pot dan media tanam. media tanam berupa tanah sudah dicampur pupuk kandang. Media ini perlu diratakan permukaannya dan dihaluskan dengan cara ditekan dengan jari.

Benih kita tabur di atas media tanam. Kemudian, kita semprot / siram dengan semprotan halus.

Wadah perlu mendapat sinar matahari secara langsung. karenanya, kita letakkan di jendela, teras atau tempat terbuka lain.

Kecambah akan mulai muncul saat benih berumur antara 5 sd 10 hari.

  • Penyiraman

Penyiraman perlu dilakukan secara teratur  2 kali sehari.

Inilah beberapa cara untuk menanam bunga di rumah. Semoga bermanfaat dan slam sukses serta sehat selalu!.

cara menanam jahe dalam pot

Cara Menanam Jahe dalam Pot

Tips cara menanam jahe di pot atau polybag yang lebih mudah dan lengkap. Lebih murah dan mudah diaplikasikan di rumah.

Jahe, secara umum mudah untuk dibudidayakan di dataran tinggi atau rendah. Cara menanam jahe inipun juga tidak sulit. Kita hanya harus tahu apa saja yang membuat jahe tumbuh cepat. Serta, apa saja yang membuat jahe berkurang pertumbuhannya.

Jahe yang kita gunakan untuk bibit mesti bagus serta menunjukkan fisik yang baik. Jahe mesti memiliki rimpang yang besar serta masih segar.  Usahakan jangan memilih jahe yang terlihat layu dan keriput. Tambahan lagi, tidak ada tanda bekas diserang hama atau penyakit. Untuk warna, pilih jahe dengan warna yang cerah dan merona.

Memilih bibit yang baik sangat diperlukan. Inilah jahe yang pada akhirnya akan kita andalkan supaya tumbuh dan menghasilkan dengan baik.

Ciri -ciri jahe siap tanam untuk indukan

Indukan harus memiliki penampilan yang bagus. Secara fisik, indukan jahe mesti memenuhi beberapa syarat sebagai berikut:

  1. Daun masih sangat segar dan hijau.
  2. Batangya besar dan gagah. Tidak boleh kurus.
  3. Umbi atau rimpangnya besar dan juga padat.

Jenis bibit jahe yang berkualitas

ada beberapa jenis jahe. Jika kita mengetahui setiap jenis dan bisa mengetahui mana yang bagus, kita lebih mudah memilih bibit.

  • Jahe merah

Jahe merah termasuk banyak peminatnya. Jahe ini warnanya merah atau jingga muda. Untuk ukuran, yang bagus untuk bibit antara 4 sd 4,5 cm. Jahe ini adalah jenis jahe yang baunya tajam. Biasanya dipergunakan untuk campuran jamu atau herbal.

  • jahe putih kecil

Ukuran diameternya antara 3 sd 4 cm. Jahe ini seperti berlapis – lapis. Warnanya kekuningan.

  • Jahe putih besar

Jahe ini warnanya juga kekuningan. Tetapi ukurannya mencapai 8 sm hingga 8,5 cm. Jahe semacam ini memiliki harga cenderung stabil karena permintaan juga relatif stabil.

  • Cara menyemai bibit jahe

Perendaman

Sebelum disemai, sebaiknya bibit jahe direndam terlebih dahulu. Perendamnya dengan pupuk organik cair yang memang bisa untuk merendam. Misalnya merk GDM yang merupakan pupuk spesialis pangan. untuk takaran, sekitar 1:100 atau sesuai petunjuk. Perendaman hanya maksimal 10 menit saja. Setelah itu bibit diangin – anginkan.

Proses perendaman, tentu untuk memaksimalkan pertumbuhan serta menghilangkan penyakit jika ada.

Penyemaian

Kita menyemaikan bibit jahe. Tujuan melakukan penyemaian adalah memperoleh jahe yang seragam pertumbuhannya.

Letakkan rimpang jahe di media semai. Letakkan dengan jarak 1 cm antar rimpang.

Menutup rimpang dengan tanah. Ketebalan tanah penutup tanah sekitar 2 cm. Bibit jahe jangan sampai tampak dipermukaan tanah lagi.

Rimpang juga bisa ditutup jerami sebelum ditutup dengan tanah. Setelah ditutup tanah, siram bibit dan jaga kelembabannya.

Jahe akan tumbuh tunas saat berumur 10 sd 15 hari. Jika tunas sudah tumbuh, maka jahe bisa segera dipindahkan ke media tanam.

  • Cara mempersiapkan media tanam untuk tanaman jahe

Untuk memilih media tanam, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan.

Memilih pot

Ukuran pot terkecil adalah diameter 40 cm. Atau, bisa disesuaikan dengan bibit yang akan kita tanam.

Jenis tanah

Media tanam yang baik untuk jahe adalah campuran tanah, pasir dan pupuk kandang. Perbandingannya 1 : 1 : 1. Jika terlalu asam, maka bisa ditambahkan kapur dolomit. Campuran ini diaduk hingga rata. Setelah siap, silahkan masukkan media tanam 1/4 saja kedalam pot. Media tanam ini, sebaiknya dipersiapkan sekitar 2 atau 3 minggu sebelum ditanam.

Proses pemupukan

Pemupukan bisa kita lakukan bersamaan dengan waktu menyiapkan media tanam. Pemupukan bisa meningkatkan kualitas tanah dan membantu penyerapan unsur hara lebih baik.

  • Cara menanam bibit jahe di pot

Tanaman jahe perlu air yang cukup dalam masa pertumbuhannya. Karena itu, kita sebaiknya menanam pada bulan september atau oktober. Setelah bibit memiliki tunas, kita bisa mulai memindahkannya.

  1. Buat lubang di pot.
  2. Pindahkan bibit dari polybag ke pot dengan hati – hati.
  3. Bibit diangkat dengan akarnya. Proses ini bisa dibantu dengan centong atau dengan jari.
  4. Usahakan akar masuk ke tanah secara menyeluruh.
  5. Tutup kembali bibit dan tekan tanah diatasnya dengan perlahan dengan jari.
  • Cara merawat tanaman jahe di pot

Sekarang, setelah jahe ditanam, maka perlu perawatan. Perawatan ini penting supaya jahe bisa berkembang secara maksimal. Secara umum, perawatan tanaman ada 3 jenis yaitu pemupukan, penyiraman dan penyiangan.

Penyiraman

Penyiraman bisa kita lakukan pagi dan sore. Tanaman jahe membutuhkan banyak air saat mulai tumbuh. Jika kurang, maka jahe akan kering.

Pemupukan

Pemupukan kita lakukan saat tanaman berumur 1 sd 3 bulan. Kemudian, saat berumur 2, 4 dan 6 bulan.

Penyiangan

Penyiangan bisa kita lakukan jika ada rumput liar atau gulma yang ikut tumbuh. Kita bisa melakukannya kapanpun diperlukan.

  • Proses cara pemanenan jahe di pot

Umur panen jahe

Jahe yang siap panen umurnya sekitar 9 atau 10 bulan. Ciri khas tanaman jahe siap panen adalah batang dan daun sudah kering.

Cara panen jahe di pot

  1. Untuk memanen jahe di pot juga tidak sulit dilakukan. Kita perlu gemburkan dahulu tanah dibawah pot.
  2. Kemudian, rimpang jahe kita ambil dengan hati – hati.
  3. Untuk rimpang yang sudah diambil, perlu segera dicuci. Tujuannya supaya bersih dan bisa kita
  4. manfaatkan. Misalnya untuk kita gunakan sendiri atau dijual.

Inilah beberapa tips cara untuk menanam jahe di rumah / di pot supaya tumbuh cepat. Semoga bermanfaat dan salam sehat dan sukses selalu!

Lalat Buah Tanaman Cabai dan Cara Mengendalikannya

Cara pengendalian lalat buah yang menyerang tanaman cabai dan paprika. Cara pembasmian hama yang ramah lingkungan dan tidak menggunakan bahan kimia sintetik. Selain itu, menggunakan teknik yang efektif, efisien serta mudah diterapkan oleh para petani di lapangan.

Ada beberapa cara pengendalian hama lalat buah yang bisa kita lakukan. Dan, juga sekaligus lebih ramah lingkungan karena tanpa pestisida kimia. Tambahan lagi, cara ini juga membuat cabai lebih sehat untuk dikonsumsi bagi para konsumen.

Cara pengendalian hama ini disebut sebagai Kultur Teknis, Fisik / Mekanik, Biologi dan juga Kimiawi.

Pengendalian hama secara Kultur Teknis

Ada beberapa cara yang biasa dikerjakan:

  • Sanitasi Lahan

Sanitasi lahan ini memang tujuannya bisa memutus rantai perkembangan kehidupan lalat buah. Juga hama lainnya. Sanitasi yang kita lakukan adalah mengumpulkan buah busuk dan rontok. Buah – buah seperti ini biasanya karena ada gangguan termasuk oleh lalat buah.

hama lalat buah

Sumber: AbahTani.com

Buah – buah tadi kemudian kita bakar dan musnahkan. Selain dibakar, bisa juga kita masukkan dalam tanah. Selain membersihkan buah yang rusak, sampah di sekeliling tanaman juga harus dibersihkan. Intinya, supaya hama yang mungkin ada disana ikut hilang.

Untuk lubang di tanah, kita buat dengan ukuran. 1 X 0,5 meter atau 1 X 1 meter. Lubang ini bisa untuk memendam atau juga membakar di dalamnya.

Untuk larva yang ada di dalam tanah, kita harus memastikan bahwa larva tidak mungkin berkembang menjadi pupa. Caranya adalah dengan membalik tanah di sekitar tanaman.

  • Perangkap Lem Kuning / Lem Tikus Bening

Kita juga bisa menggunakan lem untuk menangkap lalat buah. Lem ini perlu kita campur sedikit dengan metyl eugenol. Senyawa metyl eugenol ini adalah attraktan yang bisa menarik serangga terutama lalat buah.

  • Pengasapan

Pembakaran bisa dilakukan dengan membakar sampah kering. Tetapi, bagian atas kita tutup dengan sampah organik yang masih basah. Cara ini akan menghasilkan asap yang banyak. selain itu, daun basah juga tidak terbakar dengan cepat. Artinya, asap bisa menjangkau lahan yang cukup luas dan mengusir lalat buah.

  • Pemasangan Mulsa Plastik

Mulsa plastik ini tentu kita tempatkan diatas tanah. mulsa ini bisa menekan jumlah larva yang berkembang menjadi pupa. Pada akhirnya, bisa mengurangi populasi lalat buah dewasa dan serangga lainnya.

  • Pengendalian secara fisik / mekanis

Pengendalian ini menggunakan perangkap metyl eugenol juga. Tetapi, cara menggunakannya adalah dengan digantung di perangkap lalat buah jantan. Bahannya terbuat dari bekas botol air mineral. Pada dasar botol kita beri sedikit air. Lalat buah akan matu terendam air.

Untuk pemasangan, kita pasang perangkap di luar lahan penanaman cabai. karena lalat juga tidak berkumpul di tengah pertamanan.

  • Pengendalian secara biologi

Untuk pengendalian ini, ada 2 cara yang bisa dilakukan. Yang pertama adalah cara yang bisa dilakukan sendiri. Yang satu lagi, perlu ahli untuk mendukungnya.

  • Lalat jantan mandul

Melepaskan lalat buah jantan yang mandul bisa menjadi solusi untuk menekan jumlah allat buah. Telur hasil perkawinan lalat ini menjadi steril dan tidak bisa berkembang. Cara ini sudah berhasil diterapkan di Jepang. Tetapi, menghasilkan lalat jantan mandul memang harus dilakukan oleh ahli.

  • Menggunakan musuh alami lalat buah

Kita bisa memanfaatkan predator, patogen atau musuh alami lalat buah.

Cara pengendalian hama lalat buah secara kimia

Nah, jika memang lalat buah dan larvanya sudah banyak, maka perlu menggunakan insektisida kimia. Bagaimanapun juga, cara ini adalah cara yang cepat untuk membunuh lalat buah. Kita tinggal menyemprotkan saja. Tetapi, memang akibatnya bisa membuat cabai terkontaminasi pestisida. Jadi, jika membeli cabai, sebaiknya kita mencucinya dengan bersih sebelum dikonsumsi.

Kita perlu menggunakan insektisida dengan bahan aktif sipermetrin, profenofos, klorpinfos, kartophidroklorida,  metomil, deltametrin, atau dimehipo. Untuk dosisnya, kita menggunakan sesuai petunjuk yang ada di kemasan amsing – amsing.

Lalat buah memang merupakan hama yang mengganggu bagi cabai. Cabai hijau, rawit, paprika dan juga cabai keriting adalah komoditi pertanian yang menguntungkan. Harga cabai sering menjadi tinggi. hal ini tentu bisa memberi keuntungan tersendiri.

Tetapi, cabai juga memiliki masalah hama serta penyakit. Penyakit busuk buah serta rontok adalah salah satu yang sulit diatasi. Busuk buah ini, bisa karena akibat lalat buah.

Inilah sedikit artikel tentang cara menanggulangi lalat buah pada tanaman cabai. Semoga bermanfaat dan salam sehat dan sukses selalu!.

Cari :

Call Now
Whatsapp CS1