ARTIKEL & BERITA

Tukang Taman Jogja

Tukang Taman Jogja

Jasa Tukang Taman Jogjakarta

 

Taman yang indah bisa kita dapatkan jika kita memilih tanaman sesuai fungsinya. Jasa tukang taman Jogja saat ini sedang booming dan banyak yang mencari. Ini karena taman saat ini merupakan kebutuhan para pemilik rumah. Taman bukan lagi hanya tambahan hiasan supaya rumah terlihat lebih mewah. Tetapi, secara tidak sadar taman atau kolam sudah menjadi bagian dari kebutuhan kita.

 Ada beberapa hal yang membuat rumah kita terasa nyaman. Salah satunya adalah adanya taman yang baik dan indah untuk dipandang. Taman dengan tamanaan yang berwarna hijau memberikan kesegaran tersendiri.

Membuat taman di halaman beserta dengan Gazebo, tempat duduk beserta perlengkapan lainnya akan membuat ruang luar rumah terasa nyaman sebagai tempat bersantai. Selain itu, ruang dalam rumahpun bisa tampil lebih segar dengan keberadaan taman serta kolam.

Namun, untuk membuat sebuah taman yang menyenangkan, kita perlu pengetahuan dasar tentang taman. Dan, rasa seni untuk mendapatkan keindahan, fungsi serta atmosfer yang ingin dibangun.

Anda menyukai ruang luar atau taman Anda sebagai tempat bersantai secara pribadi? Anda menginginkan taman Anda bisa digunakan sebagai tempat makan malam bersama kolega?

Maka, desain kedua taman tersebut pastinya berbeda.

Taman untuk keperluan bersantai secara pribadi bisa kita desain dengan jalan setapak yang kecil. Suasananya lebih pribadi serta lebih tertutup. Jika rumah tetangga semua bertingkat, kita tetap bisa menjaga privasi dengan membangun Gazebo di taman kita. Atau. kita bisa menambahkan atap di beberapa taman kita.

Taman untuk berpesta atau untuk bertemu menjamu kolega akan didesain secara berbeda. Jalan setapak di taman lebih lebar, lapang serta memungkinkan 2 atau 3 orang berjalan serta berbincang bersama – sama.

Taman ini harus terasa “hangat” serta mampu menampung berbagai aktivitas kita disana. Kita mungkin perlu ruang duduk outdoor yang cukup luas. Mungkin, kita bisa menyimpan sarana dapur atau pemanggan barbeque di area taman kita.

Kemudian, pemilihan tanaman di sebuah taman juga perlu mengetahui fungsi dari masing – masing tanaman. Tema dan gaya taman perlu disesuaikan dengan jenis tanaman yang cocok. Jika bisa memilih tanaman yang sesuai dengan tema dan gaya taman, maka kita bisa mendapatkan harmony yang indah untuk dipandang. Selain itu, taman juga akan terasa nyaman serta menyegarkan.

Kita mengetahui ada tanaman sebagai penutup tanah, tanaman tabir, tanaman pengarah jalan serta tanaman pelindung dan sebagainya. Tanaman – tanaman ini perlu ditanam serta ditempatkan sesuai fungsi masing – masing.

Kami, sebagai jasa tukang taman berpengalaman di Jogja / Yogyakarta memiliki pengetahuan seperti ini. Kami mengetahui berbagai jenis tanaman hias beserta fungsinya. Selain itu, kami juga mengetahui syarat tumbuh serta tips merawat tanaman – tanaman tersebut supaya tumbuh dan tampil sehat dan prima.

Jadi, sebagai klien Anda bisa memiliki rumah atau bangunan dengan berbagai gaya dan desain arsitektur. Kantor Anda mungkin berdesain modern sedangkan rumah Anda memiliki gaya mediterania.

Kami siap membangun taman berdesain mediterania di rumah Anda seperti halnya membuat taman yang cocok untuk kantor Anda.

Apabila Anda termasuk pemilik rumah bergaya Belanda di Jogjakarta, maka taman bergaya eropa mungkin cocok bagi rumah Anda. Yang jelas, kami akan membuat desain taman bukan hanya gayanya yang cocok, tetapi juga fungsinya.

Jika taman dikantor Anda digunakan untuk memisahkan area parkir dengan area lobby, maka kami akan membuatkan dengan desain yang cocok. Tentunya cocok dari sisi jenis tanaman, desain bangunan serta mempertimbangkan pertumbuhan tanamannya juga.

Beberapa jenis taman:

Ada beberapa jenis taman yang terkenal sampai saat ini. Taman tropis, taman bergaya Jepang, Taman bergaya eropa serta taman gaya mediterania dan wild garden.

Namun, selain taman taman diatas, kita juga mengenal taman – taman lainnya seperti taman minimalis, taman kolam / gazebo, taman batu alam, taman vertikal serta taman untuk atap atau balkon. Kemudian, untuk gaya lokal ada juga gaya taman Bali.

Setiap taman memiliki keindahan tersendiri serta kesesuaian untuk jenis bangunannya.

Bagi kami, tukang taman Jogja, kami siap membangun bergabagai taman sesuai keperluan dan desain bangunan atau lahan Bapak / Ibu.

·         Taman Tropis:

Adalah taman dengan desain yang meniru hutan tropis. Disini, tanaman yang diandalkan adalah tanaman bercorak daun lebar dan tanaman yang kaya warna. Taman jenis ini biasanya juga dilengkapi dengan rerumputan bergaya “liar” serta kolam dengan panduan bebatuan alami.

Taman bergaya tropis, karena karakter tanamannya akan membutuhkan air serta sinar matahari yang mencukupi. Tanah yang digunakan untuk taman inipun harus lembab terus menerus.

Tetapi, mohon diingat untuk tidak menyiram taman secara berlebihan karena bisa membuat akan pepohonan menjadi busuk.

Untuk jenis tanamannya, biasanya menggunakan pohon palem, bambu, pakis. Bougenville, pisang, begonia dan lain sebagainya.

·         Taman Mediterania

Taman Mediterania adalah taman dengan nuansa kering dan panas seperti asal tempatnya. Taman ini terkesan “bersih,” lapang serta biasanya diberi penutup tanah berwarna cream atau warna cerah dan “kering” lainnya. Penutup tanah ini bisa berupa kerikil ataupun yang praktis, conblok. Tetapi, kita tetap bisa menggunakan kolam sebagai bagian dari taman mediterania. Kolam akan memberikan nuansa mewah, “bersih” serta anggun dan rileks.

Untuk aksesori taman, biasanya kita juga bisa menambahkan patung disini. Untuk perawatan, taman ini cukup mudah karena banyak bagian terbuka (tidak rimbun).

Untuk tanamannya sendiri, pilihan yang sering digunakan adalah Agave, sikas, Nolina, kaktus serta paku – pakuan dan sebagainya.

·         Taman Jepang

Taman Jepang didesain dengan gaya tradisional Jepang. Sebenarnya, sangat banyak gaya taman di Jepang. Kita bisa mengenal gaya shinden-zukuri, taman gaya jōdo (jōdoshiki teien), Taman batu Jepang, Taman teh dan sebagainya.

Secara umum, taman gaya Jepang dibuat untuk membuat area taman terasa lebih luas daripada yang sebenarnya. Taman Jepang tidak menggunakan garis – garis simetris atau  titik fokus desain. Andaikata ada titik fokus, maka akan digeser supaya tidak berada ditengah.

Bagi taman Jepang, elemen dasar berupa air, batu serta tanaman. Untuk taman yang besar, air diambil dan dialirkan dari sungai untuk membuat air terjun dan kolam.

Batu dalam taman Jepang menggambarkan keabadian. Batu digunakan untuk memnggambarkan gunung, laut / garis pantai atau landsekap lainnya.

Di taman Jepang, batu juga digunakan sebagai batu pijakan. Batu pijakan ini disebut batu ubin (shikiishi) dan berguna saat berjalan di hujan. Kaki serta alas kaki akan terhindar dari cioratan jika berjalan diatas batu – batu ini.

Untuk tanamannya, taman Gaya Jepang lebih sederhana dibanding taman gaya Eropa. Taman Eropa cenderung menggunakan tanaman bunga dengan warna – warna cerah. Taman Jepang biasanya menggunakan tanaman bergaya kalem.

Selain warna yang sederhana, tanaman juga dibentuk untuk menggambarkan pegunungan atau bentuk – bentuk lainnya.  Untuk fungsi, tanaman gaya Jepang bisa juga berfungsi sebagai penghubung 2 tempat di taman.

·         Taman Gaya Eropa.

Taman Gaya Eropa adalah taman dengan penggunaan tanaman hias yang berwarna – warni. Warna bunga di taman gaya Eropa sangat cerah mulai dari kuning, merah menyala hingga ungu.

Jika kita ingin mengetahui taman gaya Eropa, mungkin taman – taman bunga di Belanda termasuk yang paling mewakili gaya taman eropa ini.

·         Taman Wild Garden

Taman ini mirip gaya tropis. Tetapi tanamannya mungkin lebih besar. Taman dibuat tujuannya supaya area taman terasa sejuk dan lembab. Penggunaan air, batu alam serta kayu bisa menjadi pilihan memperindah taman.

Disini, kayu – kayu dan batu yang kita pilihpun mungkin kita biarkan dengan lumut yang menempel dipermukaannya.

Gaya taman, sebenarnya banyak. Kita bisa memilih sesuai gaya diatas atau memilih tema untuk taman kita. Kami di jasa tukang taman Yogyakarta siap mengerjkan taman Anda hingga selesai. Kami siap membuat taman yang menyejukkan mata setiap kali dipandang.

 

Saat ini, kami di Jasa taman Jogja telah memiliki pengalaman bertahun – tahun dalam membuat berbagai taman untuk berbagai keperluan. Kami memiliki banyak klien jasa pembuat taman yaitu para pemilik rumah pribadi hingga hotel dan restoran di Yogyakarta dan sekitarnya.

Kami memahami bagaimana mendesain taman sesuai dengan desain bangunan Anda serta tema taman yang Anda pilih. Kami akan menyatukannya dan Anda akan menikmati taman indah yang nyaman untuk bersanti. Di rumah, kantor ataupun tempat komersial yang Bapak / Ibu miliki.

Bagi Anda yang ingin membangun taman, gazebo atau kolam yang indah dan berkualitas, silahkan menghubungi kami jasa tukang buat taman Jogja / Yogyakarta dialamat kami dibawah.

  1. https://metrogardenjogja.com

  2. https://kikigardenjogja.com

  3. https://gardenjogja.com

  4. https://madanigardenjogja.com

Tips Cara Membuat Hidroponik Paralon untuk Sayuran

Tips Cara Membuat Hidroponik Paralon untuk Sayuran

Tips membuat hidroponik paralon untuk sayuran termasuk persiapan dan pengumpulan bahan lengkap hingga panen.

Hidroponik adalah cara bertanam yang membuat kita bisa mengontrol tanaman lebih banyak dibanding penanaman di lahan terbuka. Pengontrolan ini mudah dikerjakan karena budidaya biasanya dilakukan di dalam ruangan atau minimal di lahan yang tertutup.

Yah, karena untuk membangun hidroponik, biaya di awal cukup besar sehingga fasilitas ini cenderung dilindungi.

Mempersiapkan alat dan bahan

Paralon ukuran 3 inchi dan knee atau penyambung paralon. Panjangnya tergantung seberapa yang ingin Anda buat.

Pompa akuarium.

Mesin bor listrik.

Solder.

Gergaji.

Lem paralon

Media tanam hidroponik.

Wadah tanam dan gelas plastik

Tips memilih bibit porang yang tepat

Tips memilih bibit porang yang tepat

Tips memilih bibit porang yang tepat adalah
Pilih lah bibit yang pendek gemuk,bila dibongkar sudah terlihat ada umbinya agak besar
Jika ditanam hasilnya pendek,gemuk & umbinya cepat besar
Tapi jika memilih bibit polybag yang batangnya kecil tinggi belum tentu umbinya besar
Karena itu bibit di semai dari bunga sepora atau bibit katak yang kecil kecil sekali
Jika ditanam membutuhkan waktu lama untuk memanennya
Hati hati & teletilah jika ingin membeli bibit polybag

Tips mudah murah membudidayakan tanaman porang

Tips mudah murah membudidayakan tanaman porang

yg tidak benyak menekan angka biaya penggeluran tetapi hasil yang didapat positif hasil…
Langkah² awal dari persiapan pembukaan lahan pertanian sampai ke masa panen yg pas dan di lakukan oleh petani² porang tradisional.
Berikut masa² membudidayakan tanaman

1 pembukaan lahan pertanian

pembukaan lahan pertanian dilakukan lebih awal dan di persiapan semaksimal mungkin dan seefisien mungkin.. Dari media yg akan di pake dasar bibit pupuk dan metode tanam
Kita lakukan dengan mengatur arus aliran air atau irigasi air sehingga lancar kita gemburkan lahan pertanian dgn metode cangkul atau pembabatan tanaman gulma yg lain sehingga tanaman yg tidak penting kita sisihkan kita lakukan ini disaat musim panas// kemarau atau masa² penghujan masa terakir dimana saat² tidak memakan banyak energi dan tenaga kita atur sedemikian rupa mungkin keadaan tempat tanam sehingga irigasi lancar gulma saat tumbuh tidak mengganggu kita siasatti ph tanah sehingga penyakit² busuk pangkal bisa terkurangi krn tidak ada obat melainkan mencegah

2 masa penanaman

Masa penanaman porang yg baik sehingga medapat kan hasil budidaya tanaman yg di inginkan yaitu tidak salah metode tanam… Kita tanam sesuai bibit yg kita pakai tetapi tidak salah masa tanam karena tanaman porang sendiri sangatlah mudah untuk di budidayakan tetapi tidak semua waktu bisa kita lakukan massa penanaman.. Kita gunakan bibit yg sesuai dengan yang kita inginkan bisa dari spora, katak, umbi bibit, hasil rekayasa steck daun belah umbi atau belah katak atau kuljar batang atau bibit cabutan
Dari spora :
Perlu media khusus.. Umumnya polibek atau penyemaian di lahan tetapi kita bongkar lagi saat masa tanam
Dari bibit katak:
Kita bisa lakukan penanaman saat² masa tanam bila naungan bisa kita lakukan penanaman saat kemarau tetapi bila full terbuka yaitu saat masa pancaroba (pesan perhatikan dpl anda tanam)
👉 dan sekarang juga bukan waktu nya menanyakan soal bibit katak karena masih melekat pada batang dan jangan sesekali pake metode potes karena hanya berresiko gagal menjadi bibit saja
Umbi bibit :
Kita lakukan penanaman saat² masa seperti dan sama dengan metode tanam dari bibit katak…
Hasil rekayasa:
Steck daun kita tanam masa waktu pancaroba (media penyimpanan jgn sampai salah sehingga menjadi kwalitas bibit)
Belah umbi:
Masa tanam yaitu ketika umbi belah sendiri sudah kering tidak menyimpan unsur ² yg merusak umbi menjadi tanam an dan masa pembelahan kita lakukan saat musim kemarau atau panas dan saat batang sudah dorman setidaknya bulan² 6-7-8-9 saat belah umbi masa tanam waktu pancaroba dan bentuk pembelahan sudah tidak meninggalkan luka
Belah katak atau ninja hatori:
± sama dgn metode belah umbi.. Tetapi ada kekurangan sendiri.. Metode tanam in hanya bisa digunakan memperbanyak memperoleh bibit untuk hasil ini kurang maksimal karena perbandingan bibit normal masih saja terkena dampak penyakit apa lagi yg direkayasa… 🤷‍♂️
Masa tanam dari bibit dgn yg di rekayasa sendiri lebih lama ketimbang masa tanam yg di lakukan bibit yg tidak di rekayasa misal dari spora atau katak mini positif 2 musim sudah positif manen produksi tetapi yg direkayasa sendiri.. Jangka masa panen lebih lama dan memakan biaya tambahan juga. Bisa 3-4 bahkan 5tahun atau 5 musim baru panen
Kuljar (kultur jaringan) :
Untuk metode tanam sendiri ini hasilnya tidak jauh dengan metode bibit rekayasa yg lain masa tanam tetep dilakukan masa² pancaroba…
Bibit cabutan:
Ini banyak yang menilai ada yg berhasil & tidak… Saya hanya berbagai pengalaman tidak ada sitem mau menjerumuskan karena metode tanam cabutan sendiri ada perlakuan khusus..
Masa menanam bibit cabutan ketika masa² dimana siklus hidup porang sendiri masa² kuncup dimana antara siklus spora iles² memasak spora porang memekarkan klopak di sini saat² masa tanam bibit cabutan bisa kita lakukan… Dan saat ini masih banyak bentuk porang sendiri masih keadaan kuncup dan bungga spora suwek maupun walur memasakkan biji bunga… Waktu nya masa tanam ini biasanya tidak lama paling cuma 1-2minggu ketika siklus hujan sudah tinggi.. Sudah sangat berresiko mengunakan bibit cabutan.
Metode tanam cabutan sendiri lebih baik kita lakukan di tidurkan tidak di cagak dan cabutan sendiri lebih baik kita gunakan yg masih berbentuk batang² kecil² untuk yg besar² waktu ini biasanya masih jarang mengeluarkan tunas.. Karena porang pasti duluan yg kecil² awal tumbuh saat ini lah bentuk cabutan yg bagus dan insya Allah tumbuh normal…
Ibarat sebuah tanaman padi setelah penyeemaian kita tanam dan ketika sudah mau berbunga padi kita tanam pasti gagal.
Bila melewati masa ini biasanya sangatlah berresiko..
Anda tanam gagal
Cabutan sendiri pertumbuhan nya lebih buruk ketimbang kita pake bibit katak mini… Dan lebih baik kita gunakan bibit katak mini isi 1000 up ketimbang cabutan.
Dan sekarang bukan masa waktu nya tanam melainkan masa dimanamenunggu masa panen…
Untuk kuncup umbi besar masih layak karena akar belum menyebar tetapi bila sudah mekar daun resiko kerdil dan lebih baik mengunakan katak mini tanam awal… Dan bila sudah banyak mekar jgn sesekali bertanam cabutan.. Sangat berresiko gagal

3 perawatan//pemupukan

Masa di mana pemupukan sudah saya jelaskan di postingan saya kemarin..
Masa pemupukan awal ketika saat daun mulai mekar sudah melewati masa kuncup
Masa pemupukan ke 2 ketika saat daun sudah betul² mekar dan hampir semua berjumpa dengan daun batang yg lain
Masa pemupukan terakir:
Dimana saat daun sudah melebar mekar dan bentuk bulbil katak menampakkan tetapi belum berbentuk Sempurna..
Untuk pemupukan sendiri bisa kita gunakan pupuk hayati kita tugal atau di tabur dengan jarak antara 10-25cm dari pangkal batang untuk jenis kimia main tugal bisa main tebar atau tabur bisa…
Untuk pupuk kimia main tebar kita lakukan pemupukan saat² jam 9-10 keatas ketika embun di daun sudah turun dan di saat setelah habis hujan atau tanah basah….
warning ( PAHAMI DOSIS)
porang tidak ada di larang di pabrik maupun pihak ekspor tentang pupuk hayati maupun kimia… Yg membuat sangat berreaiko bukan masalah pupuk melainkan sejenis racun..
Misal : furadan
👉 umbi porang termasuk bahan baku pangan ketika bercampur aduk dgn sifat racun pasti berresiko pasti di pasaran akan terganggu krn mengandung zat racun bukan zat kimia…
👉 pupuk kimia tidak ada yg salah melainkan salah mengaplikasikan ke tanah sehingga tanah rusak dan berdampak sampai ke umbi porang ( PAHAMI DOSIS)

4 MASA PANEN

Masa panen sendiri karena porang adalah sebuah bentuk tanaman umbian pasti setelah bentuk batang tanaman sudah menua atau mati (dorman) dan untuk mengetahui cara-cara nya sudah saya kasi tau kemarin lewat postingan
Masa panen yg betul yaitu saat sudah kita memanen hasil jenis bibit jenis katak dahulu. Setelah kita pungut habis jenis bibit maka kita panen sehingga tidak terbenam tanah yg galian umbi.
Umbi porang besar² bentuk katak sudah membanyak batang nya sudah besar² saat ini lah masa waktu nya panen umbi porang produksi (bukan bibit) masanya…
Batang besar bentuk katak banyak… Itu bukan dari jenis pupuk maupun cara perawatan… Melainkan tanaman porang sendiri melewati beberapa kali siklus musim atau memang varian yg jenis tanaman yang berkatak banyak.
Tanam hingga dorman 4-5-6 bulan misal dari katak dan tumbuh dan dorman lagi itu di sebut 2 musim (2 musim hidup 2 musim penghujan)
Masa panen yg bagus start dari bibit katak.. Usia 3-4musim
Semoga bisa membantu…

Tips Aman Membeli Bibit Porang

Tips Aman Membeli Bibit Porang

Tips Aman Membeli Bibit Porang
1. Usahakan cari pemasok/penjual terdekat didaerah anda sendiri. Selain alasan keamanan, tujuannya agar anda bisa melihat & memilih bibit yang anda perlukan secara langsung. Kalo ada yang dekat ngapain harus beli dari yang jauh.
2. Apabila anda harus membeli ke pemasok/penjual di luar kota telusuri data-data pemasok/penjual tersebut agar terhindar potensi kerugian & penipuan.
3. Berhati-hatilah membeli bibit dari luar kota dan belum dikenal rekam jejaknya, karena banyak penjual / pemasok abal-abal. Uang sudah ditransfer tapi barang tak dikirim, jangan sampai terjadi ya.
4. Mintalah video call dengan penjual untuk melihat dan memastikan stok barang yang tersedia, melihat kualitas barangnya, dan sekaligus untuk mengenali penjualnya.
salam sukses petani porang semoga bermanfaat

Tips Menanam Porang

Tips Menanam Porang

“TIPS PORANG”
🌴🌴🌴Dapat ilmu dari masternya Porang🌴🌴🌴👍“semoga bermanfaat”
Banyak pertanyaan dari kawan pemula..
Pak apakah saya bisa beli katak atau bibit umbi sekarang dan tanam sekarang…?
Karena curah hujan di daerahku masih cukup tinggi…???
Jawabnya
Tidak bisa..
Beli katak sekarang boleh asal katak Dorman sempurna .
Tapi tanamnya tetap harus nanti bulan November Desember.. atau awal musim hujan…
Kenapa..?
Padalhal Saya sudah terlanjur beli. Dan sangat ingin tanam Porang agar bisa dapat penghasilan seperti kawan lain…
Jawabnya…
Kalau kau memaksa tanam sekarang. Bukan penghasilan yang kau dapat. Tapi kekecewaan karena ternyata gak akan sesuai harapan .
Katak yang kau beli mahal mahal bukannya tumbuh malah busuk.
Atau.
Kalaupun misal.. ini misal mau tumbuh .. maka baru satu kilan tingginya sudah akan keserang musim kemarau dan tanaman akan mati.
Artinya kau akan membuang katak yg mahal itu dengan sia sia…
Kenapa bisa begitu…
Pahamilah dulu karakter tanaman ini.
Siklus hidup dan matinya…
Porang ( badul/tire atau entah nama derah lainnya) atau Amorphophallus muelleri…
Adalah jenis tanaman berbatang lunak.
90%dari batang dan daunnya berupa air..
Porang di desain oleh Sang Kreator untuk tumbuh pada saat bumi menurunkan air. Atau saat musim basah.
Siklus hidupnya yang singkat. Maka Porang hanya toleransi di di tanam di tanah pada awal musim hujan.
Itupun setelah hujan benar benar sering turun.
Bukan sehari hujan seminggu tidak.
Yaitu kalau di Jawa sekitar akhir bulan November dan Desember..
Dan Porang akan mematikan batang dan daunnya pada musim kemarau untuk mengamankan umbinya dari penguapan.
Yaitu umumnya kalau di Jawa bulan Juni Juli Agustus….
Apa Porang gak bisa hidup lebih lama dari 6 bulan..?
Bisa dengan sarat..
1
Mensiasati panjangnya masa hidup Porang ada di depan.. buka di belakang.
Contoh…
Agar Porang lebih besar hasilnya maka di bulan September atau akhir Agustus anda bisa membuat tempat pembibitan atau polibag dengan paranet atau yg lain.
lalu sejak September Anda menanam di polibag..
(ini pun harus belajar cara khusus. Tidak asal asalan, kata pak harian harus penyiraman pakai air hujan agar Porang merasa seakan sudah musim hujan)
Nanti bulan Desember bibit sudah 60 cm bahkan lebih.
Tunas pengganti sudah tumbuh dua kali atau bisa susah tiga tunas .
Dan saat akhir November atau Desember saat hujan sudah merata atau sering tanamlah di lahan yg sudah persiapkan .
Maka
Pada bulan Juni atau Juli anda akan dapatkan umbi yg dia kali lebih besar dari kawan lain yg tanam katak langsung di lahan di bulan November. Atau Desember .
Kok bisa .. logikanya bagaimana?
Logika sederhana.
Kalau yang tanam katak di lahan bulan November…
Maka bukan Desember baru akan tumbuh setinggi 15 /20 cm.
Januari aka tumbuh tunas ke dua..
Februari tunas ke tiga.. dan seterusnya sampai masa mati batang atau dorman di akhir musim hujan…sekitar bulan Mei Juni Juli.
Berarti tanaman ini akan mengalami siklus hidup dalam bulan:
Desember
Januari
Februari
Maret
April
Mari
Juni
= 6 bulan.
Sedangkan yang ada polibag dai bulan September maka
Dia akan mengalami siklus hidup pada:
Oktober
November
Desember
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
=8 bulan.
Maka wajarlah kalau yang kedua ini pertumbuhannya lebih bagus karena saat hujan masih full dia sudah mampu menyerap air banyak banyak untuk besarkan umbi…
Adapun Porang yang bisa hidup lebih dari 6 bulan lainya adalah..
Porang di alam liar di hutan tropis yang selalu lembah dan basah sehingga bisa hidup tanpa Dorman karena kebutuhan air dan cuaca sejuk terpenuhi sepanjang tahun.
Yang seperti ini terjadi di hutan liar di pegunungan bukit barisan Sumatra barat.. daerah kab Agam..
Yang saat ini ada yang besarnya batang sama dengan pohon kelapa dan tinggi mencapai 5 meter dengan umbi seberat 35/45kg perbuah.
Mengapa Porang perlu Dorman…?
Tanaman Porang sebenarnya tidak perlu Dorman atau tidak butuh Dorman.
Tapi alam dan cuaca yang memaksa Dorman.
Yaitu dengan tidak ada hujan sampai dua minggu saja maka kadar air di batang akan berkurang .
Tanaman akan kuning lemas.
Kalau tanah sudah tidak lagi menyediakan air secara rutin karena suplay air hujan di hentikan oleh Tuhan.
Maka tanaman atau batang Porang akan mati lalu kering. Lepas dari umbinya..
Untuk apa..?
Untuk menghindari penyerapan cadangan air di dalam umbi yang di alirkan ke daun sehingga umbi akan keriput kehabisan air.
Maka batang mengalah dan mati..
Itulah yang namanya masa Dormasi. Atau Dorman.
Saat Dorman awal.. akar masih ada dan masih aktif cari makan dari sisa sisa hujan atau embun.
Masih terjadi pembesaran umbi.. atau setidaknya akan terjadi pemadatan umbi atau pengisian umbi porang dan penyempurnaan pembuatan tepung glukomanan dalam umbi.
Makin lama air makin jarang.
Maka satu bulan sejak batang mati maka akar akar juga akan di matikan oleh Tuhan.. untuk apa..?
Untuk mengurangi beban umbi agar tidak mengalirkan air dari umbi ke tanah.
Maka sebulan setelah Dorman Porang akan bersih dari akar..
seperti kelapa yang di kupas. Plontos
Porang nya bersih..
Glokomananya full dan kadar air minimal.
Itulah saat tepat Anda untuk panen.
Porang sudah pasrah untuk di panen .
Bahkan ruang di tanah sudah makin longgar karena akar sudah gak ada dan Porang sudah sedikit mengurus mengkerut sehingga seolah Porang bersiap siap di ambil dan di bawa ke pabrik oleh manusia.
Nah..
Kalau saat itu porang di tanam.
Maka Porang akan diam di tanah… bertapa atau hibernasi.
Melindungi kulit terluar dengan selaput anti penguapan.
Dia akan berdiam diri selama musim kemarau sampai dia di bangunkan oleh air hujan di musim mendatang sekitar novmber desembar.
Tapa Brata perintah dzat yang moho agung untuk bangun lagi menumbuhkan tunas baru musim mendatang.
Kalau tiap tahun tidak di panen maka siklus itu akan berulang sampai berkali kali sampai umbinya berpuluh puluh kilogram beratnya.
Trus kalau misal. Di tengah musim kemarau umbi itu di sirami atau di semproti air biasa apakah akan tumbuh..?
Jawabnya.
Kalau belum masuk bulan paling cepat Agustus maka di siram satu ember setiap hari pun gak akan tumbuh
Malah busuk karena marah tapa Bratanya di ganggu…
Dia akan tumbuh kalau sudah di perintah Allah dengan air hujan dan cuaca musim hujan.
Allah berfirman
” Huwalladzi anzala Minas samai maan fa akhroja bihi nabatan fil ard”
Dialah Allah Tuhan yang menurunkan air dari langit. Yang dengan air itulah maka di tumbuhkanlah segala macam tumbuhan di ( dalam ) bumi’…
Maknanya air Yang di buat spesialis swbagi penumbuh biji bijian atau umbi umbian oleh Allah itu ya air hujan.
Maka di sebutkan Maan Monas samai. Air dari langit atau air hujan.
Bukan Maan minal bi’ri atau air dari sumur. Atau Maan minal PDAM i… Atau air dari PDAM.. hehe..