Apa itu Aglaonema dan Cara Menanamnya

Apa itu Aglaonema dan Cara Menanamnya

Aglaonema / Sri Rejeki adalah tanaman yang hijau sepanjang tahun dari China dan termasuk yang sangat mudah ditanam.

Tanaman ini terkenal karena keindahan daunnya. Tanaman ini terdiri dari beberapa varietas tetapi termasuk semua mudah untuk ditanam dan dibudidayakan.

Cara menanam Aglaonema

Cara menanam aglaonema cukup mudah. Yang penting jangan ditempatkan di tempat dengan sinar matahari langsung. Warna aglaonema menentukan kesukaan tanaman ini pada sinar matahari. Semakin terang warnanya, semakin suka sinar matahari.

Meskipun begitu, tanaman ini tetap tanaman dalam ruangan yang tidak suka matahari langsung.

  • Kondisi penanaman aglaonema

Cahaya: aglaonema yang gelap bisa tumbuh di bawah naungan. Yang terang perlu matahari lebih banyak.

Penyiraman: perlu penyiraman teratur setiap hari untuk menjaga media penanaman tetap lembab tetapi jangan becek.

Pupuk: pupuk organik bisa kita gunakan yaitu air bekas pencucian beras. Pemupukan bisa dilakukan 3 bulan sekali dengan pupk rekomendasi ahli tanaman.

cara menanam aglaonema sri rejeki

  • Cara menanam aglaonema

Ada 2 cara penanaman aglaonema yaitu vegetatif dan generatif. Untuk yang generatif, bisa dengan biji. Untuk cara penanaman vegetatif, bisa menggunakan stek atau cangkok.

  • Cara menanam aglaonema dengan biji

Cara ini bisa dilakukan dengan biji dari tanaman yang umurnya cukup tua.Untuk membuat kecambah cepat tumbuh, biji perlu direndam 2 atau 3 jam sebelumnya.

  • Cara menanam aglaonema dengan stek

Stek diambil dari pucuk indukan aglaonema / sri rejeki. Indukan yang dipilih adalah yang kokoh serta memiliki setidaknya 5 daun setelah dipotong. Intinya, kita ingin indukan tetap hidup setelah dipotong.

Pemotongan indukan dilakukan sepanjang 6 sd 7 ruas daun. Tanam pada media tanam dan tempatkan di tempat teduh.

Kekurangan cara penanaman ini adalah indukan tanaman akan tumbuh bercabang.

  • Cara menanam aglaonema dengan cangkok

Resiko cara menanam aglaonema dengan cangkok adalah busuknya batang indukan jika perlakuan kita tidak tepat. Tetapi jika kita teliti, maka tanaman baru bisa kita dapatkan dengan cepat.

  • Indukan yang dipilih adalah yang sudah tua dengan batang berwarna cokelat. Daun pada batang coklat biasanya sudah gugur atau mudah gugur jika kita sentuh.
  • Jika ada batang seperti ini, kelupas hingga lapisan putih. Kemudian bungkus dengan media tanah sekam, humus, pasir malang dan pakis. Campurannya adalah: 1:2:5:2. Media ini dibungkus dengan plastik.
  • Plastik diberi ventilasi sekaligus lubang akar kecil. Semprot plastik 2 kali sehari. Tanaman baru siap digunakan saat berumur 3 sd 4 minggu.
  • Cara menanam aglaonema dengan pemisahan anakan

  • Cara memisahkan anakan adalah dengan memotong akar indukan dan anakan. Anakan yang bisa dipisahkan adalah yang sudah siap untuk tumbuh sendiri dan punya daun yang mekar dan tidak lagi tergulung.
  • Tetapi, indukan juga harus punya akar yang gemuk dengan warna putih dan sudah kuat.
  • Untuk mempercepat indukan bertunas lagi, pucuknya harus dipotong sampai tersisa hanya 1 daun.
  • Oleskan antiseptik dan padatkan tanah disekitar pemotongan akar indukan.

cara menanam aglaonema sri rejeki

Cara merawat aglaonema

Merawat dan menanam aglaonema atau tanaman sri rejeki sebenarnya mudah. Tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Media tanam. Memiliki ph 6 sd 7. Untuk penanaman di pot, kita gunakan pecahan bata merah / genting ke dasar pot dan tambahkan 3 bagian humus banding 1 bagian pasir. Tambahkan hingga 3/4 bagian pot.

Penyiraman: penyiraman satu kali sehari supaya tanah / media tanam tetap lembab.

Peletakan. Letakkan jangan dibawah matahari langsung.

Perawatan daun. daun bisa dilap supaya mengkilap. Bahan pengelapnya ampas kelapa, air serta air susu ( bubuk atau cair bisa digunakan). Tetapi, susu juga bisa mengundang bakteri. Jadi gunakan juga bersama pestisida.

Inilah sedikit tulisan mengenai apa itu tanaman aglaonema atau sri rejeki beserta cara menanam dan merawat aglaonema / sri rejeki. 5/5 (1)

Please rate this

Leave a Comment

Please disable your adblock for read our content.
Refresh